Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Approval Draft Pemesanan Penjualan V3

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

 

Fitur Approval dapat membantu pemilik perusahaan mengetahui bahwa setiap transaksi penjualan yang di-input oleh pengguna tertentu telah melalui proses review terlebih dahulu oleh Manajer.

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur Approval, maka pengguna dengan akses “Butuh Persetujuan Untuk Transaksi Penjualan” hanya dapat membuat draft terkait transaksi penjualan.

Formulir draft atas transaksi pemesanan penjualan yang telah dibuat akan disetujui atau ditolak oleh Approval Manager (pengguna yang tidak diberi akses "Butuh Persetujuan ..."), sebelum akhirnya menjadi formulir pemesanan penjualan yang dapat diproses lebih lanjut.

Pemesanan dan penawaran hanya dapat dibuat oleh pengguna Enterprise.

Berikut cara menyetujui draft pemesanan penjualan oleh approval manager.

  1. Buka draft pemesanan penjualan yang telah terdaftar pada menu “Penjualan” dalam tab "Membutuhkan Persetujuan" dan klik formulir draft pemesanan penjualan yang telah dibuat sebagai berikut.2022-10-25_10_34_48.jpg
  2. Klik "Setuju" untuk menyetujui draft penagihan penjualan.
    2022-10-25_10_43_47.jpg

    Jika Anda tidak ingin menyetujui draft ini, Anda dapat menuliskan komentar dengan klik icon “Comment Bubble” yang terletak di sebelah tombol "Setujui" agar pembuat draft dapat melakukan revisi atau menghapus draft tersebut dan menggantinya dengan draft yang baru.

  3. Pengguna juga dapat mengubah informasi dalam formulir draft dengan klik "Ubah".
    2022-10-25_10_48_01.jpg
  4. Jika sudah selesai mengubah, klik “Update Penagihan Penjualan” untuk tetap menyimpan formulir sebagai draft.
    2022-10-25_10_52_41.jpg

    Anda dapat membatalkan tindakan dengan menekan “Batalkan”

  5. Demikian formulir penagihan penjualan yang terbentuk.
    2022-10-25_12_54_03.jpg
  6. Anda dapat menambahkan komentar atas transaksi draft dengan cara klik ikon "Comment Bubble" dibagian kanan atas.
    2022-10-25_10_43_47.jpg
  7. Selanjutnya, akan muncul pop-up dan Anda dapat menambahkan komentar seperti berikut.
    2022-10-25_12_52_24.jpg

    - Komentar berfungsi sebagai interaksi antara manager & user yang butuh persetujuan perihal transaksi tersebut.
    - Panjang komentar maks. 255 karakter, tidak bisa emoji dan juga tidak bisa upload gambar.
    - Komentar tidak dapat diubah dan dihapus.
    - Jumlah komentar yang akan disimpan maks. hanya 50 komentar per transaksi.
    - Komentar hanya bisa di submit ketika transaksi masih tahap draft. Ketika sudah disetujui, maka komentar akan dinonaktifkan.

  8. Formulir draft pemesanan penjualan yang telah disetujui otomatis akan berpindah ke tab "Pesanan Penjualan".
    2022-10-25_13_30_50.jpg

    Pengguna yang memiliki kewenangan sebagai Approval Manager dapat membuat transaksi penjualan secara langsung tanpa melalui Approval terlebih dahulu.

  9. Langsung membuat penagihan penjualan dari pemesanan penjualan.

    Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai rincian informasi dalam formulir pemesanan penjualan melalui link berikut.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form