Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melihat Detail Supplier yang Dipilih

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jurnal memungkinkan Anda untuk dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik pada Nama Supplier. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi terkait rincian informasi pelanggan dan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan pada halaman ini. 

1. Rincian Informasi

  1. Tipe & Grup Kontak

    Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.
    2022-12-27_17_39_0221.jpg
    Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
  2. Profil Kontak

    Di bagian tab profil, Anda akan melihat informasi profil supplier berupa:

    • Informasi Umum: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain.
    • Info Bank: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening.
    • Pemetaan Akun: Bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.
      Lihat penjelasan setiap field di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.
  3. Transaksi Kontak

    A. Ringkasan Transaksi

    1. Pada bagian ini, Anda dapat melihat ringkasan transaksi dari supplier Anda yang meliputi.

      • Hutang Belum Dibayar: menampilkan total semua pembelian yang belum dibayar oleh supplier-supplier Anda.

      • Hutang Jatuh Tempo: menampilkan total pembelian yang seharusnya dibayar kepada supplier-supplier Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran.

      • Total Pembayaran: menampilkan total pembayaran dari supplier.

      • Total Debit Memo: menampilkan total saldo debit memo yang dimiliki oleh supplier.
        Contact_details123.jpg

        Apabila Kontak Anda memiliki lebih dari satu Tipe Kontak, Anda bisa filter transaksi berdasarkan.

        • Harus Anda Bayar: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”“hutang jatuh tempo”, dan “kredit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda lakukan.
        • Akan Anda Terima: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”, “piutang jatuh tempo”, dan “debit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda terima.
          Contact_details.jpg
          Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan menjadi seperti berikut.

          Fitur “Tampilkan Ringkasan” ini hanya akan muncul, apabila kontak memiliki lebih dari satu tipe kontak.
          Contact_details__2_12.jpg
          Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda bayar dan berapa nominal yang Akan Anda terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang harus Anda bayar (bila total Harus Anda Bayar lebih besar) dan selisih yang akan Anda terima (bila total Akan Anda Terima lebih besar).


    B. Sejarah Transaksi
    Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan supplier yang dipilih.
    Anda dapat melihat laporan rekening per setiap supplier dengan klik pada “Lihat Laporan Transaksi”. Selain itu Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi.
    Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik "Tindakan" pada sebelah kanan baris transaksi.

    Tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain.

    • Duplikat Transaksi
    • Terima Pembayaran
    • Retur Penjualan
    • Atur Transaksi Berulang
    • Pratinjau Faktur
    • Pratinjau Surat Jalan
    • Email Faktur

2. Tindakan

  1. Ubah Profil
    Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.
    2022-12-27_17_39_022.jpg
    Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
  2. Buat Transaksi

    Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan supplier yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”.

    Jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak.

    Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Pelanggan, yaitu:

    • Faktur Penjualan
    • Beban
    • Deposit Uang
    • Kirim Uang
    • Faktur Pemesanan
    • Kredit Memo
    • Debit Memo

    Profile__2_.jpg

  3. Lihat Laporan Rekening
    Pada halaman detail supplier tab Transaksi, Anda dapat melihat laporan rekening supplier dengan klik link “Laporan Rekening Supplier” atau klik ikon "Garis Tiga" dan pilih “Lihat Laporan Rekening”.
    Profile__2_12.jpg
    Tentukan tipe transaksi dan periode yang ingin ditampilkan, kemudian klik tombol “Terapkan".
    Laporan_rekening12.jpg
    Maka, Anda akan melihat contohnya seperti berikut ini.
    12.jpg

  4. Gabung Kontak
    Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Gabungkan Kontak”.
    2022-12-27_17_31_22.jpg

  5. Arsip dan Hapus Kontak

    Anda dapat menghapus dan mengarsip supplier dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.
    2022-12-27_17_34_45.jpg 
    Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Daftar Kontak.

    ikon "tanda panah kanan"  dan "tanda panah kiri" dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detail supplier lainnya. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.

     

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form