Jurnal memungkinkan Anda untuk dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik padanama karyawan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi terkait rincian informasi karyawan dan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan pada halaman ini.
1. Rincian Informasi
-
Tipe & Grup Kontak
Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.
Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak. -
Profil Kontak
Di bagian profil, Anda akan melihat informasi profil karyawan berupa.
- Informasi Umum, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain.
- Info Bank, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening.
-
Pemetaan Akun, bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.
-
Transaksi Kontak
A. Ringkasan Transaksi
Pada bagian ini, Anda dapat melihat ringkasan transaksi dari Karyawan Anda yang meliputi.
- Harus Anda Bayar, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”, “hutang jatuh tempo”,“total kredit memo” serta informasi “total pembayaran”yang telah Anda lakukan.
-
Akan Anda Terima, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”, “piutang jatuh tempo”, “total debit memo”, serta informasi, “total pembayaran” yang telah Anda terima.
Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan seperti gambar berikut.
Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda Bayar dan berapa nominal yang Akan Anda Terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang Harus Anda bayar secara otomatis. Berikut uraiannya:
- Selisih yang Harus Anda Bayar: Jika total angka yang muncul di kolom Harus Anda Bayar lebih besar.
- Selisih yang Akan Anda Terima: Jika total angka yang muncul di kolom Akan Anda Terima lebih besar.
B. Sejarah Transaksi
Pada bagian ini, Anda dapat melihat daftar transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan karyawan yang dipilih.
Laporan rekening dapat dilihat apabila Anda juga mencentang tipe kontak pelanggan atau supplier pada kontak.
Selain itu, Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi.Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombol "Tindakan" pada sebelah kanan baris transaksi.
Tindakan yang dapat Anda lakukan, antara lain:
-
- Salin Transaksi
- Pratinjau Bukti Kas Keluar
- Atur Transaksi Berulang
2. Tindakan
-
Ubah Profil
Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.
Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Bagaimana cara Atur Grup Kontak. -
Buat Transaksi
Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan supplier yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”.
Jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak.
Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Karyawan, yaitu.
- Beban
- Deposit Uang
- Kirim Uang
- Kredit Memo
- Debit Memo
-
Gabung Kontak
Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Gabungkan Kontak”. -
Arsip dan Hapus Kontak
Anda dapat menghapus dan mengarsip pelanggan dengan klik ikon "Garis Tiga" kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.
Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Daftar Kontak.ikon "tanda panah kanan" dan "tanda panah kiri" dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detail Pelanggan lainnya. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.