Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

FAQs - Fair Usage Pricing (FUP)

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui
  1. Apa itu FUP dan bagaimana penerapannya?
    Dengan semakin berkembangnya fitur yang tersedia di software akuntansi Jurnal dan semakin bertambahnya user Jurnal, FUP diberlakukan untuk menjaga kenyamanan sesama user Jurnal yaitu stabilitas sistem Jurnal. Dengan limitasi, Jurnal dapat mengestimasi pengembangan dan pembaharuan yang dibutuhkan sistem Jurnal agar stabil dan memberikan pelayanan terbaik sehingga aktivitas akuntansi tidak terganggu.

    Pada harga baru, Mekari Jurnal menerapkan limit atau kuota untuk fitur tertentu di Mekari Jurnal melalui Fair Usage Pricing (FUP). Apabila penggunaannya mencapai limit, customer dapat melakukan top up untuk melanjutkan penggunaan fitur. Fitur yang diberlakukan FUP adalah faktur penjualan dan penambahan multi gudang. Sedangkan untuk POS tidak ada FUP, namun pembelian POS akan otomatis menambah limit kuota untuk Faktur Penjualan dan multi gudang sebanyak 2000 sales penjualan/sales invoice dan 1 multi warehouse.

  2. Saat FUP diterapkan, bagaimana kebijakan untuk perusahaan dengan jumlah Faktur Penjualan atau gudang yang melebihi kuota FUP yang didapat? Apakah gudang tersebut akan terhapus dengan sendirinya?
    Penambahan kuota gudang akan ditagihkan pada saat perpanjangan kontrak. Perusahaan dihimbau untuk segera menghubungi Account Manager Mekari Jurnal untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai hal ini. 

  3. Apakah penambahan FUP untuk Sales Invoice dapat dilakukan hanya pada bulan-bulan tertentu aja?
    Hal ini tidak dapat dilakukan. Namun kami menyediakan pilihan One-Off FUP untuk Sales Invoice seharga Rp199.000,- per bulan untuk 1000 Sales Invoice bagi pengguna yang membutuhkan pembelian hanya untuk satu kali pemakaian  atau tidak berlangganan hingga akhir masa berlangganan. 

  4. Apa yang terjadi jika invoice dan warehouse pada satu bulan melebihi kuota yang ditentukan?
    Sistem akan melakukan pemblokiran pemakaian secara otomatis jika pengguna mencapai limit kuota bulanan yang dimiliki. Untuk dapat menggunakannya kembali, pengguna dapat melakukan penambahan kuota FUP atau menunggu tanggal reset kuota. 

  5. Bagaimana jika saya ingin melakukan penambahan FUP?
    Penambahan FUP dapat dilakukan dengan cara melakukan pembelian kuota FUP.
    Kami menyediakan pembelian Kuota FUP sebagai berikut:
    1. Faktur Penjualan:
       a. sesuai paket langganan: Rp99.000/bulan untuk 1000 Faktur Penjualan hingga masa berlaku paket Jurnal.
       b. bulanan: Rp199.000/bulan untuk 1000 Faktur Penjualan hingga 1 bulan kedepan.
    2. Gudang:
       a. sesuai paket langganan: Rp99.000/bulan per gudang hingga masa berlaku paket Jurnal.
    Pembelian kuota FUP dapat dilakukan oleh 'Owner' dengan cara mengakses halaman Tagihan dan melakukan pembelian "Tambah Kuota". Bagi peran selain 'Owner' akan diarahkan untuk mengirimkan e-mail request pembelian FUP kepada  'Owner' agar dapat melanjutkan pembelian FUP melalui halaman Tagihan.

  6. Apakah penagihan berlaku 1 kali?
    Saat ini, ada dua tipe penagihan FUP, (1) sesuai masa kontrak – bulanan, (2) sekali beli (one-time). Mengenai detail untuk masing-masing tipe penagihan, silahkan menghubungi tim Account Manager Jurnal.

  7. Bagaimana jika saya menghapus (delete) sales invoice yang sudah dibuat, apakah masih terhitung di kuota?
    Setelah di hapus, kuota sales invoice akan bertambah kembali. Dengan kata lain, kuota sales invoice dihitung berdasarkan sales invoice yang ada di sistem Jurnal.
    Contoh: sisa kuota 450, lalu Anda delete 2 sales invoice. Maka sales invoice akan menjadi 452.

  8. Bagaimana jika saya memiliki jumlah gudang melebihi batas FUP yang diberlakukan? Apakah akan dihapus oleh Jurnal?
    Kuota gudang yang melebihi batas FUP akan ditagihkan pada saat perpanjangan kontrak. Sesuai dengan diskusi yang dilakukan dengan Account Manager Jurnal.

  9. Bagaimana pengenaan tarif FUP bagi perusahaan yang menggunakan POS Integration pada beberapa outlet?
    Penambahan biaya didasarkan pada kuota paket berlangganan yang digunakan oleh perusahaan saat ini. Tambahan biaya dihitung dengan kelebihan POS Integration yang digunakan saat ini. Penambahan POS Integration disertai penambahan kuota faktur penjualan sebanyak 2000 faktur per 1 POS Integration.

    Contoh:
    PT ABC menggunakan 7 POS Integration dan saat ini menggunakan paket Enterprise+. Perhitungan penambahan biaya:
    - Harga Paket Enterprise+: Rp1.299.000,- (termasuk 1 POS Integration)
    - Penambahan biaya untuk 6 POS Integration: 6xRp200.000,- = Rp1.200.000,-
    - Total biaya berlangganan per bulan: Rp1.299.000,- + Rp1.200.000,- = Rp2.499.000,-

    Kuota FUP yang didapatkan PT ABC:
    - 7 POS Integration
    - Faktur Penjualan: 22.000 Faktur Penjualan/Bulan (10.000 dari paket Enterprise+ dan 12.000 dari 6 penambahan POS Integration)



Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form