Untuk usaha koperasi simpan pinjam, Kami merekomendasikan Anda menggunakan paket Pro/Enterprise untuk memaksimalkan pencatatan pembukuan Anda.
Jenis Aktivitas Transaksi Koperasi Simpan Pinjam
- Pinjaman Anggota (tagging: pinjaman)
- Simpanan/Tabungan Anggota
- Pembelian Barang Dagangan (tagging: jual-beli)
- Penjualan Barang Dagangan (tagging: jual-beli)
- Donasi (buat biaya)
- Pengeluaran Koperasi (expense)
- Pembagian SHU
- Laporan
1. Pinjaman Anggota
Untuk kasus pinjaman anggota, Anda dapat mencatatnya di Jurnal dengan beberapa langkah mudah berikut:
Step 1. Mencatat Pinjaman
Untuk dapat mencatat pinjaman, pertama-tama Anda harus membuat produk “Pinjaman”:
- Klik Produk pada menu vertical di kiri.
- Klik “+Buat Baru" dan pilih "Produk Baru”.
- Isi Nama produk Pinjaman.
- Centang Saya Jual Produk Ini. Isi Akun Penjualan: akun sumber dana dengan tipe kas & bank.
- Klik “Buat Produk”.
Step 2. Pengajuan Pinjaman
Pastikan Anda sudah menggunakan paket Enterprise.
- Klik menu Penjualan.
- Klik "Buat Penjualan Baru".
- Pada bagian kanan atas form, pilih Pemesanan Penjualan.
- Pilih nama anggota dan produk Pinjaman.
- Bila ada biaya admin & bunga: tambahkan produk “Biaya Admin” atau “Bunga”, isi jumlah total biaya admin/bunganya.
Note: Dapat ubah akun penjualan pada produk Bunga: Bunga Pinjaman; tipe: pendapatan. - Klik “Buat Penjualan”.
Step 3. Persetujuan Pinjaman
- Klik Penjualan pada menu vertical di kiri.
- Klik Tab Pemesanan Penjualan.
- Klik nomor pemesanan.
- Pada bagian atas halaman form, klik “Buat Penagihan”.
- Periksa form pemesanan Anda dan jika sudah selesai, klik “Buat”.
Step 4. Angsuran Pinjaman
- Klik menu Penjualan.
- Klik nomor invoice yang akan dibayar (diangsur).
- Pada bagian atas form, klik tombol “Terima Pembayaran”.
- Pilih akun deposit (tipe kas & bank).
- Isi data pembayaran seperti tanggal, dan jumlah pembayaran.
Note: 1 faktur dapat memiliki beberapa pembayaran. - Klik “Buat Penerimaan”.
2. Simpanan/Tabungan Anggota
Untuk mencatat simpanan/tabungan anggota, berikut hal-hal yang akan Anda lakukan:
Step 1. Mencatat Simpanan
- Klik menu Pelanggan
- Klik nama pelanggan yang memberikan simpanan. Jika Anggota belum terdaftar sebagai pelanggan, klik "Buat Pelanggan Baru".
- Klik "Buat Credit Memo".
- Isi tanggal penerimaan simpanan pada tanggal transaksi.
- Masukkan jumlah simpanan.
- Klik "Buat".
Step 2. Menarik Simpanan
- Klik menu Pelanggan.
- Klik nama pelanggan.
- Pada daftar transaksi, di baris kredit memo yang akan ditarik, pilih tindakan Pengembalian Kredit Memo.
- Isi tanggal penarikan, masukkan jumlah yang akan direfund (ditarik)
- Klik "Buat Refund Kredit Memo".
3. Pembelian Barang Dagangan
- Klik menu Pembelian.
- Klik "Buat Pembelian Baru".
- Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Pembelian
(pada tag, isi jual-beli)
4. Penjualan Barang Dagangan
- Klik menu Penjualan.
- Klik "Buat".
- Isi form sesuai dengan penjelasan di Guide Book - Buat Penjualan
(pada tag, isi jual-beli)
5. Donasi
- Klik menu Kas & Bank.
- Klik "Kirim Uang".
- Isi sesuai penjelasan di Guide Book - Kirim Uang
(untuk akun deposit ke, pilih akun biaya/beban “Donasi”)
6. Pengeluaran Koperasi
- Klik menu Biaya.
- Klik "Buat Biaya Baru".
- Isi sesuai penjelasan di Guide Book - Buat Biaya
7. Pembagian SHU
Untuk pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU), Anda dapat membuat jurnal penyesuaian di Jurnal.
Baca Guide Book - Buat Jurnal Umum
8. Laporan
Setelah Anda mencatat setiap transaksi di atas, Anda dapat melihat laporan sebagai berikut: