Fitur Approval dapat membantu pemilik perusahaan mengetahui bahwa setiap transaksi pembelian yang di-input oleh pengguna tertentu telah melalui proses review terlebih dahulu oleh Manajer. Anda harus mengaktifkan fitur Approval terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini.
Apabila perusahaan sudah mengaktifkan fitur ini pada Settings Perusahaan, maka secara otomatis akan terbentuk pengaturan approval baru di Settings Pengguna, yaitu peran sebagai pembuat draft dengan status “Butuh Persetujuan Pembelian”.
PENTING!
- Transaksi yang masih berbentuk draft tidak mempengaruhi laporan keuangan karena tidak terbentuk Jurnal Entry.
- Transaksi Debit Memo belum dapat dibuat sebagai draft (transaksi terbentuk secara otomatis tanpa melalui proses approval).
- Transaksi yang membutuhkan persetujuan belum dapat diakses pada Jurnal Mobile.
Bila Anda hendak membuat draft penagihan pembelian atas produk yang Anda beli, Anda dapat membuat draft formulir penagihan pembelian melalui langkah-langkah berikut.
- Masuk ke menu “Pembelian”.
- Klik pada tombol “+Buat Pembelian Baru”.
- Pilih “Penagihan Pembelian”.
- Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman formulir penagihan pembelian. Lengkapi seluruh informasi yang diperlukan pada formulir tersebut seperti contoh berikut ini.
- Setelah selesai, klik "Buat Draft".
Note: Pengguna yang diberikan akses “Butuh Persetujuan Untuk Transaksi Pembelian” hanya dapat membuat draft transaksi.
- Demikian formulir draft penagihan pembelian yang terbentuk.
- Penagihan pembelian yang Anda buat, telah terdaftar pada menu “Pembelian” dalam tab "Membutuhkan Persetujuan" sebagai berikut.
Note: Pengguna yang memiliki kewenangan sebagai Approval Manager dapat membuat transaksi pembelian secara langsung tanpa melalui Approval terlebih dahulu.
- Pengguna yang diberikan akses Approval selanjutnya akan menyetujui draft transaksi penagihan pembelian yang telah dibuat.
Anda dapat mempelajari lebih lanjut mengenai rincian informasi dalam formulir penagihan pembelian melalui link berikut.