Mencari sesuatu?

Bagaimana Cara Membuat Pengiriman dari Pemesanan Pembelian

Article author
Mekari University
  • Diperbarui


Bagi Anda pengguna paket Enterprise dan Enterprise+, dapat memanfaatkan fitur pencatatan transaksi pembelian dengan alur yang lengkap. Disini, Anda dapat mulai pencatatan dari Penawaran, Pemesanan, Pengiriman, hingga Penagihan dan Pembayarannya.

Kemudian, ketika Anda sudah membuat pemesanan pembelian, maka Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu membuat formulir penerimaan barang (pengiriman pembelian) dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pada menu Pembelian, masuk ke tab Pemesanan Pembelian.
    1.jpg
  2. Klik nomor pemesanan.
    2.jpg
  3. Scroll ke bawah dan klik Tindakan > Terima Pengiriman.
    3.jpg
  4. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Pengiriman Pembelian, dimana beberapa informasi akan diambil dari transaksi pemesanan. Selanjutnya, Anda dapat mengisikan informasi terkait pengiriman, seperti Tanggal Pengiriman, Media Pengiriman, No Transaksi, Tagging dan juga Gudang penerima.
    3a.jpg
  5. Kemudian, pada bagian produk, isikan kuantitas yang termasuk dalam pengiriman baik sebagian sebagian ataupun seluruhnya.
    4.jpg
  6. Pada kolom Ongkos Pengiriman, isikan nominal biaya pengiriman.
    Note: Apabila Anda memasukkan ongkos kirim apda formulir pengirman pembelian, maka secara penjurnalan, biaya kirim akan dicatat pada transaksi ini.
  7. Klik “Buat Pengiriman Pembelian” untuk menyimpan.
  8. Selanjutnya, Anda dapat mencatat penagihan atas penerimaan barang tersebut dengan klik “Buat Penagihan”. Penagihan yang dibuat adalah sesuai dengan jumlah barang yang sudah terkirim.
    Note: Lihat laporan pengiriman pembelian Anda di menu Laporan > Tab Pembelian > Laporan Pengiriman Pembelian.
Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan