Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Memantau Informasi Pembayaran Mekari Pay

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Pada Mekari Pay, Anda dapat mengatur penerimaan pembayaran dari pelanggan. Pada Menu Received Mekari Pay, terbagi menjadi 2, yaitu Online Payment dan Pembayaran transfer bank. Dimana pada bagian Online Payment, Anda dapat mengatur penerimaan dari transfer bank BCA, virtual account, QRIS, dan kartu kredit. Sedangkan untuk memantau pembayaran pelanggan dari konfirmasi manual, dapat dilakukan pada tab Pembayaran transfer bank.

Berikut langkah-langkahnya:

A. Online Payment (Transfer Bank BCA, Virtual Account, QRIS, dan Kartu Kredit)

1. Masuk ke Mekari Pay Anda.

2. Pilih Menu Received.

10.png

3. Lalu Anda akan diarahkan pada halaman Online Payment. Pada halaman ini, Anda akan melihat riwayat penerimaan transaksi yang pembayarannya menggunakan transfer bank BCA, virtual account, QRIS, dan kartu kredit.

1.png

4. Apabila Anda ingin melihat informasi detail mengenai pembayaran, Anda dapat klik titik tiga.

2.png

5. Kemudian, akan muncul pilihan Lihat informasi pembayaran dan Lihat pembayaran diterima.

3.png

6. Apabila Apabila Anda pilih Lihat informasi pembayaran, maka Anda akan diarahkan pada tampilan informasi detail mengenai pembayaran.

4.png

7. Apabila Anda pilih Lihat pembayaran diterima, maka Anda akan diarahkan pada halaman penerimaan pembayaran.

4a.png

 

B. Pembayaran Tranfer Bank (Konfirmasi Manual)

1. Masuk ke Mekari Pay Anda.

2. Pilih Menu Received.

10.png

3. Pilih tab Pembayaran transfer bank dan Anda akan diarahkan pada halaman yang berisi konfirmasi manual atas pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan.

5.png

4. Anda dapat klik icon paperclip, untuk melihat bukti pembayaran yang di unggah oleh pelanggan.

5a.png

5. Maka akan ditampilkan bukti pembayaran pelanggan seperti berikut.

5b.png

6. Selain itu, Anda juga dapat melakukan tindakan penerimaan atau penolakan terhadap pembayaran, dengan klik “Tindakan”.

6.png

7. Apabila Anda memilih Terima, maka Anda akan diarahkan pada halaman Terima Pembayaran. Dimana, Anda diminta untuk melakukan konfirmasi mengenai tanggal pembayaran, jumlah pembayaran yang telah dilakukan oleh pelanggan, mengisi informasi akun penerimaan, dan mengisi memo. Pada halaman ini Anda juga dapat melihat bukti pembayaran dari pelanggan.

7.png

8. Apabila informasi yang terinput sudah benar, Anda dapat klik “Terima”.
8.png

9. Maka akan muncul notifikasi bahwa pembayaran berhasil diterima dan status atas pembayaran akan berubah menjadi Diterima.
9.png



Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form