Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Penagihan dari Pemesanan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jika Anda telah memiliki form pemesanan pembelian yang tercatat dan langsung memperoleh tagihan dari supplier (melewatkan proses pengiriman), maka Anda dapat langsung membuat penagihan dengan langkah berikut.

  1. Pada menu Pembelian, masuk ke  tab Pemesanan.
    1.jpg
  2. Klik nomor Pemesanan Pembelian yang statusnya ‘Open’.
    2.jpg
  3. Scroll ke bawah dan klik "Tindakan" dan pilih Buat Faktur.
    mceclip0.png
  4. Maka, Anda akan diarahkan ke halaman Penagihan Pembelian, di mana beberapa informasi akan diambil dari transaksi pemesanan. Selanjutnya, Anda dapat mengisikan informasi terkait Tanggal Transaksi, No Transaksi, Tagging dan juga Gudang penerima.
    mceclip1.png
  5. Apabila Anda ingin menambahkan informasi pengiriman, Anda dapat centang "Info Pengiriman".
    mceclip3.png
    Note: Fitur ini dapat Anda aktifkan melalui menu setting >> Pembelian.
  6. Anda dapat menentukan untuk membuat tagihan untuk semua barang atau sebagian saja dengan mengubah jumlah barang yang akan ditagih pada kolom Kuantitas. Hal ini memungkinkan adanya beberapa form penagihan (purchase invoice) dalam 1 form pemesanan.
    mceclip2.png
  7. Setelah selesai, klik “Buat Pembelian” untuk membuat penagihan atas pemesanan/penawaran pembelian Anda. 
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form