Jika Anda memberikan Uang Muka atau DP (Down Payment)untuk pemesanan pembelian barang Anda, Anda dapat menggunakan fitur tambah deposit ini. Dalam 1 pemesanan pembelian (purchase order) dapat terdiri dari banyak deposit. Untuk menambah deposit, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pada menu "Pembelian", klik tab "Pemesanan Pembelian dan pilih Nomor Pemesanan Pembelian" yang akan ditambahkan Deposit.
- Scroll ke bawah dan klik “Tindakan > Tambah Deposit”.
- Anda akan diarahkan ke form Tambah Deposit.
- Isikan informasi terkait transaksi Tambah Deposit.
Informasi yang diisikan yaitu:
- Bayar Dari: Pilih dari akun kas & bank mana yang akan membayar DP.
- Pembayaran Draf: Centang jika form akan disimpan sebagai draf dan belum memotong tagihan.
Note: Fitur ini harus diaktifkan terlebih dahulu dari sisi Jurnal. Hubungi tim support Jurnal di halojurnal@mekari.com untuk mengaktifkannya. - Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek&Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit.
- Tanggal Pembayaran: Pilih tanggal pembayaran DP.
- Tanggal Jatuh Tempo: Pilih tanggal jatuh tempo jika pembayaran dilakukan dengan cek/giro. Pastikan Anda telah membuat akun kas & bank baru untuk menampung pencatatan cek/giro sementara. Pelajari lebih lanjut di Guidebook - Mencatat Pembayaran dengan Cek/Giro
- Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan DP per proyek. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag;
- No Transaksi: Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan.
- Selanjutnya, isikan nominal DP yang dibayarkan.
- Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyelesaikan.