Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Menginput Penagihan Pembelian Manual

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Pencatatan atau pembuatan faktur pembelian, dapat dilakukan pada menu Pembelian. Kemudian, klik +Buat Pembelian Baru dan pilih Penagihan Pembelian, atau Anda juga dapat menggunakan tombol shortcut "Beli" pada bagian atas layar Jurnal.

Selanjutnya, Anda akan diarahkan pada formulir Penagihan Pembelian. Ikuti penjelasan dibawah untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan dalam pembuatan Penagihan Pembelian.

1. Informasi Penagihan

mceclip0.png

  1. Supplier: Pilih supplier melalui kotak pilihan, atau ketikkan nama supplier baru (wajib diisi).
  2. Email: Kotak ini akan terisi secara otomatis sesuai dengan alamat email supplier. Jika email tidak ditampilkan pada saat membuat pembelian, hal itu berarti Anda belum memasukkan email tersebut pada informasi supplier.
  3. Info Pengiriman: Centang jika barang tersebut akan dikirimkan oleh supplier. Kemudian, Anda dapat mengisi alamat, tanggal, cara, ongkos pengiriman dan nomor pengiriman.
  4. Alamat Penagihan: Ini adalah alamat supplier.
  5. Tgl Transaksi: Pilih tanggal Anda melakukan pembelian.
  6. Tgl Jatuh Tempo: Pilih tanggal jatuh tempo.
    Note: Kolom ini akan terisi sesuai dengan syarat pembayaran yang Anda pilih
  7. Syarat Pembayaran: Pilih syarat pembayaran yang Anda inginkan untuk pembelian ini. Syarat pembayaran default yang tersedia oleh sistem adalah Cash on Delivery, Net 15, Net 30 dan Net 60.
    Note:  - Pilih syarat pembayaran pembelian default pada menu Settings > Tab Pembelian.
    - Buat syarat pembayaran baru melalui menu Daftar Lainnya > Syarat Pembayaran.
  8. No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, namun Anda dapat menggantinya sesuai keinginan. Nomor transaksi ini akan memudahkan Anda dalam melacak data transaksi Anda.
    Baca lebih lengkap mengenai pengaturan nomor transaksi di sini
  9. No Referensi Supplier: Masukkan nomor referensi supplier. Contohnya, untuk mencatat nomor pemesanan yang diberikan oleh supplier (opsional).
  10. Tag: Pilih tag transaksi dari kotak pilihan atau Anda dapat membuat tag baru. Tag ini akan memudahkan Anda untuk membaca laporan transaksi yang dikelompokkan berdasarkan tag (field tidak tersedia untuk paket Starter).
    Note: Atur tag melalui menu Daftar Lainnya > Tag.
  11. Gudang: Pilih ke gudang mana produk yang Anda beli akan tersimpan. Anda juga dapat membuat gudang baru untuk mengelompokkan produk-produk yang ada di perusahaan Anda;
    Note: Buat Gudang Baru melalui menu Daftar Lainnya > Daftar Gudang.

2. Detil Produk

mceclip1.png

  1. Harga Termasuk Pajak: Geser tombol ini ke kanan jika harga produk yang Anda jual telah termasuk PPN.
    Misalkan harga produk Anda adalah Rp 100.000 (sudah termasuk PPN), maka harga satuannya otomatis akan terhitung dengan nilai Rp 90.909,090909
    dan nilai pajaknya adalah Rp 9.090,909091.
    Note: - Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > centang Termasuk Pajak.
    - Fitur ini tidak akan berfungsi untuk jenis pajak majemuk. Pelajari di sini.
    - Jika pajak yang Anda pilih bersifat memotong, maka harga yg tertera belum dikurangi pajak pemotongan. Pelajari di sini.
  2. Produk: Pilih produk yang dibeli dari kotak pilihan. Jika belum ada, ketikkan nama produk untuk menambahnya pada daftar kotak pilihan.
  3. Deskripsi: Kolom ini akan terisi otomatis jika Anda telah memasukkan deskripsi pada produk Anda. Namun jika deskripsi kosong, Anda dapat mengisikannya di kolom ini.
  4. Kuantitas: Masukkan jumlah produk yang dibeli.
  5. Satuan: Akan muncul secara otomatis sesuai dengan produk yang dipilih.
  6. Harga Satuan: Harga satuan akan ditampilkan sesuai dengan produk yang Anda pilih atau Anda juga dapat mengisinya sesuai kebutuhan.
  7. Kolom Diskon: Isi dengan nilai diskon total tagihan.
  8. Jumlah: Field ini adalah total harga pembelian produk dan hasil dari perkalian kuantitas & harga satuan, dan pengurangan diskon.
  9. Pajak: Pilih pajak yang akan dikenakan pada setiap produk. Jika pilihan pajak belum tersedia, klik +Ketik Untuk Menambahkan. Pajak bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah nominal transaksi dengan mengaturnya lewat Daftar Lainnya > Pajak.

3. Informasi Tambahan

mceclip2.png

  1. Pesan: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi pembelian yang Anda catat. Pesan ini akan tercetak pada faktur pembelian Anda.
  2. Memo: Masukkan keterangan tambahan mengenai transaksi pembelian yang akan ditampilkan pada laporan (tidak tercetak pada invoice).
  3. Lampiran: Klik Pilih File jika ada berkas yang akan dilampirkan. Ukuran maksimal 1 lampiran adalah 10MB
  4. Diskon: Anda dapat memilih untuk memasukkan nilai atau persentase diskon. Anda juga dapat memasukkan diskon majemuk/gabungan. Contoh, pilih % dan ketikkan 50+20 pada field diskon. Persentase diskon yang muncul adalah persentase diskon majemuk yaitu, 60%.
    Note: Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > Tab Pembelian > centang Diskon.

    Menginput_Penagihan_1.png

  5. Diskon Per Baris: Masukkan persentase atau nilai diskon yang diberikan. Fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings > tab Pembelian > Centang Diskon Perbaris.
  6. Pemotongan: Klik “Masukkan Jumlah Pemotongan”. Kemudian, pilih akun yang menampung pajak pemotongan, contoh: akun PPh 23 Dibayar Dimuka. Masukkan persentase pemotongan pajak.

    Menginput_Penagihan_2.png
    Notes: Witholding/Pemotongan hanya berlaku atas DPP saja, sehingga apabila terdapat potongan, potongan tersebut hanya memotong sebesar nominal DPP, tidak memotong pajaknya.
    Sebagai contoh, apabila Anda memiliki transaksi sejumlah Rp 80.000 + PPn 11% (8.800) dan pada transaksi tersebut Anda mendapat potongan 100% maka sisa tagihan Anda tidak langsung menjadi 0 tetapi Rp 8.800. 

  7. Uang Muka: Masukkan uang yang dibayarkan dimuka (deposit). Uang muka ini akan memotong jumlah yang harus Anda bayar ke supplier Anda. (Baca: Guidebook Overpayment)
    Note: Aktifkan fitur ini melalui menu Settings> Tab Pembelian dan centang Uang Muka

4. Menyimpan Transaksi

Jika sudah selesai, Anda akan melihat 2 tombol fungsi di bawah form. Klik “Batal” untuk membatalkan pencatatan pembelian atau klik "Buat Pembelian” Untuk menyimpan data pembelian. 

Menginput_Penagihan_3.jpg

Tombol Buat Pembelian, memiliki 2 pilihan yang berbeda yang akan muncul ketika Anda klik tanda panah  di samping tombol ini. Jika Anda pilih “Buat Pembelian”, maka setelah transaksi pembelian Anda tercatat, Anda akan langsung diarahkan ke halaman utama menu Pembelian. Namun, jika Anda memilih “Buat & Baru”, Anda akan diarahkan kembali ke halaman untuk mencatat transaksi pembelian yang baru setelah melakukan penyimpanan data pembelian sebelumnya.

5. Jurnal Entry yang Terbentuk

  1. Faktur pembelian yang produknya tidak dimonitor.

    Menginput_Penagihan_4.png

  2. Faktur pembelian yang produknya tidak dimonitor dan dikenakan pajak

    Menginput_Penagihan_5.png

  3. Faktur pembelian yang produknya dimonitor.

    Menginput_Penagihan_6.png

  4. Faktur pembelian yang produknya dimonitor dan dikenakan pajak.

    Menginput_Penagihan_7.png

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form