Cara ini dilakukan setelah Anda membuat faktur pembelian dan ingin mencatat pelunasan hutang. Berikut langkah-langkahnya.
1. Klik menu Pembelian.
2. Klik nomor faktur pembelian yang akan dilunasi.
3. Scroll ke bawah dan klik "Tindakan > Pilih Kirim Pembayaran".
4. Maka, Anda akan melihat form berikut.
Berikut detil dari setiap field:
-
- Supplier: Nama supplier akan otomatis terisi berdasarkan yang tertera pada invoice dan tidak bisa diubah.
- Bayar Dari: Pilih dari akun mana saldo akan keluar untuk membayar tagihan.
- Pembayaran Draf: Centang jika form kirim pembayaran Anda akan disimpan sebagai draft dan belum memotong jumlah tagihan. Fitur ini hanya akan muncul setelah Anda merequest untuk diaktifkan kepada tim support kami.
- Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran yang akan digunakan dalam mengirim uang. Pilihan default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek & Giro, Transfer Bank, dan Kartu Kredit.
- Tgl Pembayaran: Pilih tanggal Anda membayar.
- Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan bayaran per projek. Anda dapat membuat tag baru dengan mengetikkan nama tag baru dan tekan ENTER.
- No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem.
- Jumlah: Isikan jumlah yang dibayar.
5. Setelah selesai, klik “Buat Pembayaran” dan hasil nya akan ditampilkan seperti gambar berikut ini.