Cara ini dilakukan setelah Anda membuat faktur pembelian dan ingin mencatat pelunasan hutang. Berikut langkah-langkahnya.
1. Klik menu Pembelian.
2. Pada tab faktur pembelian, klik nomor transaksi yang akan dilunasi.
3. Scroll ke bawah dan klik "Tindakan > Pilih Kirim Pembayaran".
4. Maka, Anda akan melihat form berikut.
Berikut detil dari setiap field:
-
- Supplier: Nama supplier akan otomatis terisi berdasarkan yang tertera pada invoice dan tidak bisa diubah.
- Bayar Dari: Pilih dari akun mana saldo akan keluar untuk membayar tagihan.
- Pembayaran Draf: Centang jika form kirim pembayaran Anda akan disimpan sebagai draft dan belum memotong jumlah tagihan. Fitur ini hanya akan muncul setelah Anda merequest untuk diaktifkan kepada tim support kami.
- Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran yang akan digunakan dalam mengirim uang. Pilihan default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek & Giro, Transfer Bank, dan Kartu Kredit.
- Tgl Pembayaran: Pilih tanggal Anda membayar.
- Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan bayaran per projek. Anda dapat membuat tag baru dengan mengetikkan nama tag baru dan tekan ENTER.
- No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem.
- Jumlah: Isikan jumlah yang dibayar.
5. Setelah selesai, klik “Buat Pembayaran” dan hasil nya akan ditampilkan seperti gambar berikut ini.
6. Pada halaman Pembelian, Anda juga dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan Mekari Pay dengan klik di sini.