Mencari sesuatu?

Bagaimana Cara Rekonsiliasi Faktur Masukan dengan Faktur Pembelian dari Jurnal

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Rekonsiliasi faktur masukan bertujuan untuk menyamakan transaksi pembelian yang tercatat di Jurnal dan transaksi faktur pajak masukan yang tercatat di Klikpajak pada halaman yang sama, sehingga Anda tidak perlu mengekspor dan menyamakan secara manual transaksi pembelian dari Jurnal dan faktur masukan dari Klikpajak.

Untuk melakukan rekonsiliasi faktur masukan dengan faktur pembelian, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masuk ke Menu Add Ons, kemudian masuk ke dalam aplikasi Klikpajak Anda.

Rekonsiliasi_Faktur_1.png

2. Setelah masuk, pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur E-Faktur Anda, dengan mendaftarkan E-FIN Anda.

3. Kemudian, Anda dapat masuk ke halaman rekonsiliasi melalui menu E-Faktur, lalu pilih “Rekonsiliasi”.

Rekonsiliasi_Faktur_2.png

4. Anda akan diarahkan ke halaman Daftar Rekonsiliasi. Pada halaman ini akan ditampilkan daftar transaksi yang sudah pernah dilakukan rekonsiliasi sesuai dengan masa pajaknya. Kemudian Klik “Mulai rekonsiliasi” dan pilih Faktur masukan.

Rekonsiliasi_Faktur_3.jpg

5. Anda akan diarahkan ke halaman rekonsiliasi faktur masukan, lalu pilih masa pajak yang ingin Anda rekonsiliasi dan pilih jenis PPN dan PPnBM yang tercatat pada faktur pembelian di Jurnal, lalu klik “Mulai rekonsiliasi”.

Rekonsiliasi_Faktur_4.jpg

6. Sistem Klikpajak akan menarik transaksi pembelian yang tercatat di Jurnal sesuai dengan jenis pajak dan periode transaksi yang dipilih. Lalu sistem juga akan mencocokan data pembelian dengan faktur masukan yang teracatat di Klikpajak. Setelah proses penarikan dan pencocokan data selesai dilakukan, maka sistem akan menampilkan daftar transaksi dari Jurnal dan Klikpajak beserta hasil rekonsiliasinya.

Rekonsiliasi_Faktur_5.jpg

7. Anda akan melihat transaksi pembelian dari Jurnal di kiri dan transaksi faktur masukan Klikpajak di kanan. Jika transaksi yang sesuai, maka sistem akan melakukan pencocokan otomatis.

Notes:

    • Pencocokan ini dilihat dari data : No referensi supplier, Tanggal, nomor identitas (NPWP/ KTP) dan nominal (DPP & PPN).
    • Jenis transaksi pembelian yang dicocokkan dari Jurnal meliputi : Purchase invoice, Expense, Journal entry dan Bank deposit yang mengandung pajak PPn / PPnBM.
    • Jenis faktur masukan yang dicocokkan dari Klikpajak meliputi : Faktur masukan, Dokumen lain masukan, Retur masukan, Retur dokumen lain masukan.

8. Transaksi yang sudah terekonsiliasi dapat dilihat secara lengkap pada informasi Faktur masukan dengan ditandai keterangan Terekonsiliasi.

Rekonsiliasi_Faktur_6.jpg

Notes:

    • Transaksi yang sudah terekonsiliasi tidak dapat diubah atau dihapus jika statusnya Belum approve oleh DJP, dan tidak bisa dibuat menjadi Faktur Pengganti dan pembatalan faktur jika statusnya sudah Approved oleh DJP.
    • Apabila Anda ingin mengubah faktur tersebut menjadi Faktur Pengganti dan pembatalan faktur, Anda perlu melakukan pembatalan rekonsiliasi terlebih dahulu, dengan klik Tanggal rekonsiliasi.
Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan