Daftar pelanggan memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai macam tindakan, seperti membuat data kontak baru, melakukan pengaturan grup, mengubah tampilan total transaksi dan informasi pelanggan, mengimpor dan mengekspor daftar pelanggan hingga mencari, menghapus, dan mengarsip data pelanggan.
Sebelumnya, untuk mengakses Daftar Pelanggan, pilih menu Kontak lalu pilih “Tab Pelanggan” seperti di bawah ini.
Halaman Pelanggan ini akan menampilkan rincian informasi pelanggan seperti nama panggilan, nama perusahaan, alamat, email, no. handphone, serta saldo. Selain itu, Anda juga dapat melihat gambaran luas mengenai kondisi piutang Anda yang meliputi informasi total transaksi berikut:
- Piutang Belum Dibayar: m=Menampilkan total semua penjualan yang belum dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda.
- Piutang Jatuh Tempo: Menampilkan total penjualan yang harus dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran.
- Credit Memo: Menampilkan total saldo credit memo yang dimiliki oleh pelanggan.
Note: Anda dapat klik pada masing-masing kotak “Piutang Belum Dibayar”, “Piutang Jatuh Tempo”, dan “Credit Memo” untuk melakukan filter data pelanggan yang bersangkutan dengan saldo tersebut.
Setelah Anda berada di halaman Daftar Pelanggan, Anda bisa melakukan tindakan - tindakan berikut:
1. Membuat Data Kontak Baru
Anda dapat menambahkan data pelanggan baru dengan klik tombol “+Kontak Baru”.
Lihat penjelasan cara membuat Kontak baru secara manual di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.
2. Mengubah Tampilan Total Transaksi
Anda dapat mengubah tampilan informasi total transaksi dari seluruh pelanggan Anda dengan klik tombol , sehingga tampilannya akan menjadi diagram, seperti berikut.
3. Melakukan Pengaturan Grup
Anda dapat melakukan pengaturan grup dengan klik pada “Pengaturan Grup”, seperti berikut:
Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
4. Mengubah Tampilan Informasi Pelanggan
Tampilan rincian informasi pelanggan juga dapat dimodifikasi dengan klik tombol kemudian pilih jenis informasi yang ingin ditampilkan.
5. Mengatur Urutan Daftar Pelanggan
Anda dapat mengatur urutan tampilan daftar pelanggan berdasarkan nama pelanggan, dengan klik tanda panah di sebelah kanan judul kolom “Nama".
6. Melakukan Impor dan Ekspor Daftar Pelanggan
Anda juga dapat melakukan Impor dan Ekspor data pelanggan dengan klik pada tombol berikut:
Lihat penjelasan cara melakukan impor daftar pelanggan di Bagaimana Cara Mengimpor Kontak Baru.
Lihat penjelasan cara melakukan impor daftar pelanggan di Bagaimana Cara Mengekspor Kontak.
7. Melakukan Pencarian Data Pelanggan
Pada halaman ini, terdapat fitur pencarian untuk memudahkan Anda menemukan data pelanggan. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, telepon, ataupun email, serta Anda juga dapat menampilkan data pelanggan yang telah diarsipkan dengan klik pada kolom “Cari”, seperti berikut:
8. Menghapus dan Mengarsip Data Pelanggan
Pada halaman ini, Anda dapat menghapus dan mengarsip data pelanggan secara sekaligus dengan cara mencentang Nama Pelanggan kemudian pilih “Hapus” atau “Arsip” pada tombol “Action”.
Lihat penjelasan cara menghapus dan mengarsip data pelanggan di Bagaimana cara Arsip dan Hapus Data Kontak.