Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melihat Detil Pelanggan yang Dipilih

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jurnal memungkinkan Anda untuk dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik pada nama pelanggan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi terkait rincian informasi pelanggan dan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan pada halaman ini. 

1. Rincian Informasi

1. Tipe & Grup Kontak

Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.

1.pngLihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.

2. Profil Kontak

Di bagian tab profil, Anda akan melihat informasi profil pelanggan berupa.

  • Informasi Umum: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain.
  • Akun Bank: Bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening.
  • Pemetaan Akun: Bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.2.png

3. Transaksi Kontak

a. Ringkasan Transaksi

  • Piutang Belum Dibayar: menampilkan total semua penjualan yang belum dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda.
  • Piutang Jatuh Tempo: menampilkan total penjualan yang seharusnya dibayar oleh pelanggan-pelanggan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Total Pembayaran: menampilkan total pembayaran dari pelanggan.
  • Total Kredit Memo: menampilkan total saldo kredit memo yang dimiliki oleh pelanggan.

3.png
Apabila Kontak Anda memiliki lebih dari satu Tipe Kontak, Anda bisa filter transaksi berdasarkan:

  • Harus Anda Bayar: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”“hutang jatuh tempo”, dan “kredit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda lakukan.
  • Akan Anda Terima: yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”, “piutang jatuh tempo”, dan “debit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda terima.

4.png
Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan menjadi seperti berikut.
Note: Fitur “Tampilkan Ringkasan” ini hanya akan muncul, apabila kontak memiliki lebih dari satu tipe kontak.
5.png
Note: Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda bayar dan berapa nominal yang Akan Anda terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang harus Anda bayar (bila total Harus Anda Bayar lebih besar) dan selisih yang akan Anda terima (bila total Akan Anda Terima lebih besar).Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih.Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombol pada sebelah kanan baris transaksi.

b. Sejarah Transaksi

Pada bagian ini, Anda dapat melihat laporan transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan pelanggan yang dipilih.

Anda dapat melihat laporan rekening per setiap pelanggan dengan klik pada “Lihat Laporan Rekening”. Selain itu Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi.6.pngAnda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombolpada sebelah kanan baris transaksi.

Tindakan yang dapat Anda lakukan antara lain.

  • Duplikat Transaksi
  • Terima Pembayaran
  • Retur Penjualan
  • Atur Transaksi Berulang
  • Pratinjau Faktur
  • Pratinjau Surat Jalan
  • Email Faktur7.png

2. Tindakan

1. Ubah Profil

Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.  8.png

Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.

2. Buat Transaksi

Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan pelanggan yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”.

*Note: Jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak.

Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Pelanggan, yaitu.9.png

    • Faktur Penjualan
    • Kredit Memo

3. Lihat Laporan Rekening

Pada halaman detil pelanggan tab Transaksi, Anda dapat melihat laporan rekening pelanggan dengan klik link “Laporan Rekening Pelanggan” atau klik tombol icon1.png dan pilih “Lihat Laporan Rekening”.10.png

Tentukan filter periode laporan yang ingin ditampilkan, kemudian klik tombol “Lihat Laporan Rekening”.                                          11.png
Maka Anda akan melihat contohnya seperti berikut ini.

12.png

4. Gabung Kontak

Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik tombol icon1.png kemudian pilih “Gabungkan Kontak”.                                                               13.png
Lihat penjelasan cara menggabungkan kontak di Bagaimana cara Gabung Data Kontak.

5. Arsip dan Hapus Kontak

Anda dapat menghapus dan mengarsip pelanggan dengan klik tombol icon1.png kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.
14.png
Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Daftar Kontak.

Note: Tombol icon2.png dan icon_3.png (tanda panah kanan dan kiri) dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detil pelanggan lainnya. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form