Daftar karyawan memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai macam tindakan, seperti membuat data kontak baru, melakukan pengaturan grup, mengubah tampilan total transaksi dan informasi karyawan, mengimpor dan mengekspor daftar karyawan hingga mencari, menghapus, dan mengarsip data karyawan.
Sebelumnya, untuk mengakses Daftar Karyawan, pilih menu Kontak lalu pilih “Tab Karyawan” seperti di bawah ini.
Halaman daftar Karyawan ini akan menampilkan rincian informasi karyawan seperti nama karyawan, nama perusahaan, alamat, email, no. handphone, serta saldo.
Selain itu, Anda juga dapat melihat gambaran luas meliputi informasi total transaksi berikut.
- Jumlah yang Harus Anda Bayar:
- Hutang Belum Dibayar: Menampilkan total hutang yang belum dibayar oleh karyawan-karyawan Anda.
Note: Nominal Hutang Belum Dibayar ini hanya berasal dari transaksi Biaya Bayar Nanti. - Hutang Jatuh Tempo: Menampilkan total hutang yang harus dibayar oleh karyawan-karyawan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran.
- Hutang Belum Dibayar: Menampilkan total hutang yang belum dibayar oleh karyawan-karyawan Anda.
- Jumlah yang Akan Anda Terima:
- Piutang Belum Dibayar: Menampilkan total piutang yang belum dibayar oleh karyawan-karyawan Anda.
- Piutang Jatuh Tempo: Menampilkan total piutang yang harus dibayar oleh karyawan-karyawan Anda karena sudah masuk ke tanggal jatuh tempo pembayaran.
Note: Anda dapat klik pada masing-masing kotak “Hutang Belum Dibayar”, “Hutang Jatuh Tempo”, “Piutang Belum Dibayar” dan “Piutang Jatuh Tempo” untuk melakukan filter data Karyawan yang bersangkutan dengan saldo tersebut.
Setelah Anda berada di halaman Daftar Karyawan, Anda bisa melakukan tindakan - tindakan berikut.
1. Membuat Data Kontak Baru
Anda dapat menambahkan data karyawan baru dengan klik tombol “+Kontak Baru”.
Lihat penjelasan cara membuat Kontak baru di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.
2. Mengubah Tampilan Total Transaksi
Anda dapat mengubah tampilan informasi total transaksi dari seluruh karyawan Anda dengan klik tombol , sehingga tampilannya akan menjadi diagram, seperti berikut.
3. Melakukan Pengaturan Grup
Anda dapat melakukan pengaturan grup dengan klik pada “Pengaturan Grup”, seperti berikut.
Lihat penjelasan cara melakukan pengaturan grup di Bagaimana cara Atur Grup Kontak.
4. Mengubah Tampilan Informasi Karyawan
Tampilan rincian informasi karyawan juga dapat dimodifikasi dengan klik tombol , kemudian pilih jenis informasi yang ingin ditampilkan.
5. Mengatur Urutan Daftar Karyawan
Anda dapat mengatur urutan tampilan daftar karyawan berdasarkan nama karyawan, dengan klik tanda panah di sebelah kanan judul kolom “Nama".
6. Melakukan Impor dan Ekspor Daftar Karyawan
Anda juga dapat melakukan Impor dan Ekspor data kontak dengan klik pada tombol berikut.
Lihat penjelasan cara melakukan impor daftar karyawan di Bagaimana Cara Mengimpor Kontak Baru.
Lihat penjelasan cara melakukan impor daftar karyawan di Bagaimana Cara Mengekspor Kontak.
7. Melakukan Pencarian Data Karyawan
Pada halaman ini, terdapat fitur pencarian untuk memudahkan Anda menemukan data karyawan. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan kata kunci, telepon, ataupun email serta Anda juga dapat menampilkan data karyawan yang telah diarsipkan dengan klik pada kolom “Cari”, seperti berikut.
8. Menghapus dan Mengarsip Data Karyawan
Pada halaman ini, Anda dapat menghapus dan mengarsip data karyawan secara sekaligus dengan cara mencentang Nama Karyawan kemudian pilih “Hapus” atau “Arsip” pada tombol “Action”.
Lihat penjelasan cara menghapus dan mengarsip data karyawan di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Data Kontak.