Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melihat Detil Karyawan yang Dipilih

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jurnal memungkinkan Anda untuk dapat melihat rincian Data Pelanggan tertentu dengan klik pada nama karyawan. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi terkait rincian informasi karyawan dan berbagai macam tindakan yang dapat dilakukan pada halaman ini. 

 

1. Rincian Informasi

1. Tipe & Grup Kontak

Pada bagian ini, Anda dapat melihat Tipe dan Grup Kontak.                               1.jpg
Lihat penjelasan setiap field di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.

 

2. Profil Kontak

Di bagian profil, Anda akan melihat informasi profil karyawan berupa.

  • Informasi Umum, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Kontak, Nama Perusahaan, Email, Handphone, Telepon, Fax, Alamat Pembayaran, Alamat Pengiriman, NPWP Perusahaan, Identitas, Nomor Identitas dan Info Lain.
  • Akun Bank, bagian ini akan berisi informasi mengenai Nama Bank, Kantor Cabang Bank, Pemegang Akun Bank dan Nomor Rekening.
  • Pemetaan Akun, bagian ini akan berisi informasi mengenai pemetaan akun untuk akun Piutang dan Hutang Usaha serta Syarat Pembayaran Utama.

2.jpg
Lihat penjelasan setiap field di Bagaimana Cara Menginput Kontak Baru Secara Manual.

 

3. Transaksi Kontak 

a. Ringkasan Transaksi

Pada bagian ini, Anda dapat melihat ringkasan transaksi dari Karyawan Anda yang meliputi.

  • Harus Anda Bayar, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang harus Anda bayar meliputi “hutang belum dibayar”“hutang jatuh tempo”, “total kredit memo” serta informasi “total pembayaran” yang telah Anda lakukan.
  • Akan Anda Terima, yaitu jumlah nominal dari seluruh transaksi yang akan Anda terima meliputi “piutang belum dibayar”“piutang jatuh tempo”“total debit memo”, serta informasi, “total pembayaran” yang telah Anda terima.
    3.jpg

Anda dapat mengklik masing-masing kotak untuk mendapatkan rincian transaksi dari ringkasan tersebut atau Anda dapat mengaktifkan “Tampilkan Ringkasan” di sebelah kanan, sehingga tampilannya akan seperti gambar berikut.
4.jpg
Notes: Pada bagian Perhitungan bersih, terdapat perhitungan berapa nominal yang Harus Anda Bayar dan berapa nominal yang Akan Anda Terima, kemudian sistem juga akan menghitungkan selisih yang Harus Anda bayar secara otomatis. Berikut uraiannya:

- Selisih yang Harus Anda Bayar: Jika total angka yang muncul di kolom Harus Anda Bayar lebih besar.

- Selisih yang Akan Anda Terima: Jika total angka yang muncul di kolom Akan Anda Terima lebih besar.

 

b. Sejarah Transaksi

Pada bagian ini, Anda dapat melihat daftar transaksi yang menampilkan semua sejarah transaksi yang berkaitan dengan karyawan yang dipilih.

Note: Laporan rekening dapat dilihat apabila Anda juga mencentang tipe kontak pelanggan atau supplier pada kontak.

Selain itu, Anda juga dapat melihat rincian masing-masing transaksi, dengan klik pada nomor transaksi.
5.png

Anda juga dapat menentukan tindakan yang akan Anda lakukan terhadap transaksi dengan klik tombol 5a.png pada sebelah kanan baris transaksi.
6.png

Tindakan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

    • Salin Transaksi
    • Pratinjau Bukti Kas Keluar
    • Atur Transaksi Berulang

2. Tindakan

1. Ubah Profil

Anda dapat mengubah profil kontak dengan klik tombol “Ubah Profil” di sebelah kanan atas layar.

7.jpg
Lihat penjelasan cara mengubah profil kontak di Bagaimana Cara Mengubah Data Kontak.

 

2. Buat Transaksi

Pada layar ini, Anda dapat membuat transaksi terkait dengan supplier yang Anda pilih dengan klik tombol “Buat Transaksi”
Note : Jenis transaksi yang dapat dipilih disini, tergantung pada tipe kontak.


Transaksi yang dapat dibuat untuk tipe Karyawan, yaitu.

8.png

    • Beban
    • Deposit Uang
    • Kirim Uang
    • Kredit Memo
    • Debit Memo
       

3. Gabung Kontak

Anda dapat menggabungkan beberapa kontak menjadi satu, dengan klik tombol 9a.png kemudian pilih “Gabungkan Kontak”. 9.jpg
Lihat penjelasan cara menggabungkan kontak di Bagaimana Cara Gabung Data Kontak.

 

4. Arsip dan Hapus Kontak

Anda dapat menghapus dan mengarsip pelanggan dengan klik tombol 9a.png, kemudian pilih “Arsipkan Kontak” untuk mengarsip atau pilih “Hapus Kontak” untuk menghapus.
10.jpg
Lihat ketentuan dan penjelasan cara mengarsip dan menghapus kontak di Bagaimana Cara Arsip dan Hapus Data Kontak.

Note: Tombol 10a.png dan10b.png(tanda panah kanan dan kiri) dapat Anda gunakan untuk melihat informasi Detil Pelanggan. Urutan yang akan muncul sesuai dengan urutan dibuatnya kontak.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form