Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Program Referral Jurnal

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Anda dapat memanfaatkan referral program yang disediakan oleh Jurnal untuk memperoleh sebanyak-banyaknya keuntungan bagi Anda maupun kolega Anda.

Anda hanya perlu membagikan kode referral yang Anda miliki, kemudian dapatkan keuntungan berupa saldo GoPay atau diskon berlangganan Jurnal setelah kolega Anda ikut berlangganan Jurnal selama 3 bulan.

Berikut langkah-langkahnya:

1.jpg

1. Cara Membagikan Kode Referral

Sebelum Anda membagikan kode referral, Anda dapat menemukan kode referral Anda dengan langkah berikut.

  1. Klik pada tombol "dropdown" di sebelah nama perusahaan yang tersedia pada Top Menu.
  2. Kemudian pilih "Undang rekan bisnis & dapatkan Cash Reward!".
    2.png
  3. Dengan demikian, Anda akan memperoleh kode referral Anda sesuai tampilan berikut.
    3.png

Anda dapat membagikan kode referral dengan beberap cara, seperti melalui email, whatssapp, facebook, telegram, twitter, linkedin atau dengan menyalin URL.
 

Berikut cara share Melalui Email:

  1. Klik "Bagikan" kemudian klik "Email".
    4.png
  2. Kemudian masukkan email yang akan dituju.
    5.png

    Note: Anda bisa memasukkan lebih dari satu email, email yang muncul berdasarkan databse kontak yang dimiliki pada perusahaan

  3. Klik “Kirim”.
  4. Kolega Anda akan memperoleh email seperti berikut.
    6.png

Menyalin URL:

  1. Anda dapat dengan mudah menyalin URL dengan klik “Salin URL”.
    7.png
  2. Kemudian tempelkan (paste) URL yang sudah disalin ke media komunikasi Anda dengan kolega, misalnya melalui chat, dsb. Berikut tampilan yang kolega Anda dapatkan ketika mengakses URL.
    8.png

Setelah Kolega Anda menerima kode referral dari Anda, maka kolega Anda dapat langsung menggunakan kode referral tersebut.

Kolega Anda akan langsung mendapatkan potongan 15% ketika melakukan subscription untuk paket apapun minimal 3 bulan.

PENTING!
Perhatikan bahwa pengguna Jurnal yang dapat memperoleh kode referral adalah pengguna yang merupakan salah satu anggota (dengan wewenang apapun) dari setidaknya sebuah perusahaan terdaftar di Jurnal yang sudah pernah berlangganan Jurnal.
Jika pengguna belum memperoleh kode referral, maka dianjurkan bagi pengguna tersebut untuk berlangganan terlebih dahulu.

2. Cara Klaim Reward

Setelah kolega Anda berlangganan Jurnal selama minimum 3 bulan, maka Anda akan memperoleh reward dari Jurnal. Berikut adalah langkah awal untuk melakukan klaim reward.

  1. Masuk pada tab “Siap Diklaim” di bagian Riwayat Referral.
    9.jpg
  2. Klik tombol “Klaim” pada kolom Tindakan.
    10.jpg
  3. Anda dapat memilih reward dalam bentuk saldo GoPay ataupun Diskon biaya langganan.

Ikuti langkah berikut untuk klaim reward dalam bentuk saldo GoPay.

  1. Masukkan seluruh informasi yang diminta, lalu klik “Klaim”.
    11.jpg

    Note: Anda akan dikenakan potongan pajak PPh 21 (komisi) sebesar 2,5% jika Anda memiliki NPWP, atau sebesar 3% jika Anda tidak memiliki NPWP (sebagai gantinya, Anda dapat mengisikan identitas KTP Anda).

  2. Klik “Klaim” sekali lagi untuk mengkonfirmasi nomor Anda.
    12.jpg

PENTING!
Perhatikan beberapa persyaratan berikut ini:
- Maksimum reward berupa saldo GoPay adalah sebesar 20% dari total biaya langganan kolega Anda (sebelum PPN).
- Proses klaim membutuhkan waktu maksimum 8 hari kerja.
- Sebelum melakukan klaim, pastikan bahwa:
   - Informasi identitas diri sudah tepat.
   - Nomor handphone sudah tepat.
   - Saldo GoPay Anda tidak melampaui limit maksimum setelah ditambah dengan reward.

Ikuti langkah berikut untuk klaim reward dalam bentuk Diskon biaya langganan.

  1. Pilih nama perusahaan yang ingin diterapkan diskon biaya langganan.
    13.png
  2. Klik “Klaim”.
    14.jpg
  3. Klik “Lanjut” untuk konfirmasi nama perusahaan.
    15.png

    Notes:

    • Hanya perusahaan yang Anda miliki (wewenang Anda sebagai owner) yang akan muncul pada kolom ini.
    • Jika Anda bukan merupakan pemilik (owner) dari perusahaan manapun, maka Anda dapat menggunakan klaim reward dalam bentuk saldo GoPay.
  4. Anda akan dibawa ke halaman penagihan (Konfigurasi Abodemen) seperti berikut. Periksa kembali rincian penagihan Anda dan lakukan perubahan jika diperlukan.
  5. Klik “Bayar Sekarang”.
    16.png
  6. Pada halaman pembayaran, tagihan Anda akan dipotong sebesar reward Anda.
    17.jpg
  7. Masukkan informasi kartu kredit Anda, lalu klik “Bayar Sekarang” untuk melakukan pembayaran.
    18.jpg

PENTING!
Perhatikan beberapa persyaratan berikut ini:
- Maksimum reward berupa diskon biaya langganan adalah sebesar 20% dari total biaya langganan kolega Anda (sebelum PPN).
- Silahkan berlangganan 1 tahun untuk mendapatkan maksimal diskon. Jika jumlah tagihan langganan perusahaan Anda lebih kecil dari reward (seperti yang dijelaskan pada poin 1), maka sisa reward akan hangus.
- Diskon ini berlaku untuk periode penagihan selanjutnya.
- Batas waktu klaim reward adalah selama 30 hari sejak kolega Anda berlangganan selama 3 bulan.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk claim referral rewards via Bank Transfer:

  1. Masuk ke menu program referral.
  2. Setelah itu pilih tab siap diklaim.
    19.jpg
  3. Lalu klik "klaim".
    20.jpg
  4. Pilih metode klaim reward “Transfer Bank”.
    21.jpg
  5. Masukkan informasi klaim reward.
    22.jpg

    Notes:

    • Proses redeem reward membutuhkan waktu sampai 8 hari kerja.
    • Reward yang diterima adalah 20% dari total biaya langganan kolega Anda sebelum PPN.
    • Lampiran NPWP atau KTP dengan file dalam format jpg, png, atau pdf dengan ukuran maksimal 5 Mb.
    • Anda akan dikenakan potongan pajak PPh 21 (komisi) sebesar 2,5% jika Anda memiliki NPWP, atau sebesar 3% jika Anda tidak memiliki NPWP (sebagai gantinya, Anda dapat mengisikan identitas KTP Anda).
  6. Apabila informasi sudah dilengkapi klik “Klaim”.
  7. Setelah itu muncul pop up verifikasi, klik “Klaim” apabila data sudah benar.
    23.jpg

    Note: Pastikan informasi transfer sudah benar seperti: nama bank, nomor rekening dan nama pemilik rekening. Apabila terjadi kesalahan kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan input transaksi tersebut.

  8. Dengan demikian klaim reward sedang diproses seperti gambar dibawah ini.
    24.jpg

3. Cara Mengelola Riwayat Referral

Anda dapat memantau seluruh riwayat referral Anda di sini.
25.png

Dapatkan ikhtisar informasi mengenai riwayat referral Anda pada kolom ini.
26.jpg

  1. Potensi Pendapatan
    • Jumlah potensi pendapatan dari referral yang sudah Anda sebarkan.
    • Angka ini akan diperbarui sejak kolega Anda mulai melakukan pendaftaran di Jurnal (sebesar 20% dari harga paket selama 1 tahun sebelum PPN).
    • Setelah kolega Anda berlangganan, maka angka pada kolom ini akan berpindah ke kolom.
  2. Siap Diklaim
    • Jumlah reward yang bisa Anda klaim.
    • Setelah Anda melakukan klaim, maka angka pada kolom ini akan berpindah ke kolom Total Klaim.
  3. Total Klaim
    • Jumlah reward yang sudah Anda klaim.

Dapatkan rincian informasi riwayat referral pada daftar riwayat berikut.

  1. Sudah Daftar
    27.jpg

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat pendaftaran perusahaan yang dilakukan oleh kolega yang menggunakan kode referral Anda. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan jumlah Potensi Pendapatan yang akan Anda terima bila kolega Anda telah berlangganan.

  2. Siap Diklaim
    28.jpg

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat aktivitas berlangganan dari kolega Anda. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan jumlah reward yang Siap Diklaim. Anda dapat melakukan tindakan klaim reward melalui daftar ini.

  3. Riwayat Klaim
    29.png

    Pada daftar ini, Anda akan melihat rincian informasi mengenai riwayat klaim yang sudah Anda lakukan. Seluruh informasi pada daftar ini akan menghasilkan Total Klaim. Anda dapat klik pada Nomor klaim untuk melihat rincian status klaim Anda. Terdapat beberapa jenis Status klaim pada daftar ini.

    • Sukses: Klaim telah berhasil.
    • Gagal: Klaim gagal dilakukan. Status ini berlaku untuk reward Saldo GoPay.
    • Sedang diproses: Klaim sedang diproses. Status ini berlaku untuk reward Saldo GoPay, hal ini terjadi selama masa tunggu yang ditetapkan.
    • Menunggu pembayaran: Klaim belum dapat diproses karena Anda belum melakukan pembayaran. Status ini berlaku untuk reward Diskon Biaya Langganan. Selesaikan lebih dulu pembayaran Anda atau klik “Batalkan klaim” dan lakukan klaim ulang.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form