Mencari sesuatu?

Sekilas Daftar Barang dan Jasa

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Ini merupakan penjelasan mengenai menu Daftar Barang dan Jasa yang berada di tab Produk. Berikut penjelasannya.

0.png

1. Kategori Produk

Anda dapat mengelola kategori produk (seperti: menambah kategori baru serta mengubah, dan menghapus kategori produk yang sudah ada) dengan klik pada Kategori Produk seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.

a1.png

Selanjutnya, akan muncul kotak yang berisi data kategori produk seperti berikut.

a2.png

2. Barang & Jasa

Anda dapat memantau dan mengelola data barang dan jasa yang Anda miliki melalui tab “Barang & Jasa” seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

2.png

Pada halaman ini, Anda dapat mengelola daftar Barang & Jasa dengan melakukan berbagai aktivitas berikut.

1. Mengubah tampilan informasi produk

Halaman tab Barang & Jasa ini akan menampilkan rincian informasi produk seperti gambar, kode, nama, kuantitas, harga, kategori produk, dan sebagainya.

b1.png

Note: Gambar produk dan informasi lain yang ditampilkan dapat diatur melalui tombol Indeks Produk.

Anda dapat juga mengurutkan produk berdasarkan header pada tabel.

b11.jpg

Tampilan rincian kolom informasi produk juga dapat dimodifikasi dengan klik tombol Indeks Produk, kemudian pilih jenis informasi yang ingin ditampilkan.

Note: Anda juga dapat menampilkan daftar produk berdasarkan gudang-gudang yang Anda miliki dengan centang pada “Tampilkan produk per gudang”.

b112.png

2. Melakukan impor dan ekspor daftar produk

c1.png

Anda juga dapat melakukan Impor dan Ekspor data produk dengan klik pada tombol berikut.

3. Melakukan pencarian data produk

Pada halaman ini, terdapat fitur pencarian untuk memudahkan Anda menemukan data produk. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan:

  • Kata kunci: Meliputi pencarian produk berdasarkan kata kunci yang dapat langsung diketikkan untuk pencarian produk tertentu;
  • Tipe produk: Meliputi pilihan pencarian tipe produk single atau bundle, dan tipe produk yang dimonitor stok atau tidak;
  • Kategori produk: Meliputi pilihan kategori produk yang telah Anda masukkan pada bagian kategori produk
  • Tampilkan arsip: Meliputi pilihan menampilkan data produk yang telah diarsipkan dengan mengaktifkan “Tampilkan Arsip”.

Setelah memasukkan informasi pencarian, klik pada tombol “Cari”.

d1.png

Note: Di bawah field kategori produk, terdapat 2 pilihan yaitu “Mencakup Semua” dan “Salah Satu”. Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka produk yang akan ditampilkan adalah yang memenuhi semua kriteria tersebut. Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka produk yang akan ditampilkan adalah yang memenuhi salah satu saja kriteria yang dimasukkan dalam pencarian.

4. Menghapus dan mengarsip data produk

e1.png

Pada halaman ini, Anda dapat menghapus dan mengarsip data beberapa produk secara sekaligus dengan cara mencentang Nama Produk kemudian pilih “Hapus” atau “Arsipkan” pada tombol “Tindakan”.

3. Penyesuaian Stok

Anda dapat memantau dan mengelola data riwayat penyesuaian stok yang Anda miliki melalui tab “Penyesuaian Stok” seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. 

3.png

Pada halaman ini, Anda dapat mengelola daftar Penyesuaian Stok dengan melakukan berbagai aktivitas berikut.

1. Melakukan pencarian data penyesuaian stok

Pada halaman ini, terdapat fitur pencarian untuk memudahkan Anda menemukan data produk. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan:

  • Kata kunci: Meliputi pencarian data penyesuaian stok berdasarkan kata kunci yang dapat langsung diketikkan untuk pencarian transaksi tertentu;
  • Tanggal: Meliputi pencarian penyesuaian stok berdasarkan rentang waktu mulai dari tanggal tertentu sampai dengan tanggal tertentu yang Anda tetapkan;
  • Tipe Transaksi: Meliputi pencarian berdasarkan tipe transaksi data penyesuaian (Perhitungan Stok atau Stok Masuk/Keluar) stok yang dipilih pada kolom tipe transaksi
  • Gudang: Meliputi pencarian data penyesuaian stok yang terjadi pada gudang tertentu yang dipilih pada kolom gudang
  • Tag: Meliputi pencarian berdasarkan label/tag pada data penyesuaian stok yang dipilih melalui kolom tag

Setelah memasukkan informasi pencarian, klik pada tombol “Cari”.

3a.png

Note: Di bawah field tag, terdapat 2 pilihan yaitu “Mencakup Semua” dan “Salah Satu”. Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka produk yang akan ditampilkan adalah yang memenuhi semua kriteria tersebut. Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka produk yang akan ditampilkan adalah yang memenuhi salah satu saja kriteria yang dimasukkan dalam pencarian.

2. Menghapus data penyesuaian stok

Pada halaman ini, Anda dapat menghapus beberapa data penyesuaian secara sekaligus dengan cara mencentang Nama Penyesuaian Stok kemudian pilih “Hapus” pada tombol “Tindakan”.

3b.png

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna