Sebagai pengguna Jurnal 360, Anda dapat membuat bundle produk (produk gabungan) dimana nantinya akan terdiri dari kepala dan sub produk.
Penting!
1. Jika produk bundle dibuat untuk fungsi paketan (tidak mencentang Monitor Persediaan Barang), maka ketika produk tersebut telah digunakan dalam transaksi, pengguna sudah tidak dapat mengubah komponen dari produk bundle tersebut.
2. Jika produk bundle dibuat untuk fungsi produksi (mencentang Monitor Persediaan Barang), maka ketika produk tersebut telah digunakan dalam transaksi, pengguna tetap dapat mengubah komponen dari produk bundle tersebut. Namun, komponen produk bundle tersebut tidak akan mengupdate transaksi konversi produk yang telah dibuat sebelumnya.
3. Fitur ini dapat Anda gunakan pada paket Jurnal 360. Apabila Anda hanya ingin menggunakan fitur tersebut, Anda dapat berlangganan satuan. Hubungi tim account manager Jurnal untuk informasi lebih lanjut, hubungi halojurnal@mekari.com.
Pengaplikasian produk bundle bisa untuk beberapa hal berikut.
1. Simple Manufacture
Simple manufacture memilki proses produksi yang sederhana, di mana bahan baku diproses langsung menjadi barang jadi tanpa ada tahapan WIP lagi. Lihat penjelasan WIP di bawah.
Misalkan, Anda adalah pembuat meja dan memproduksi meja dengan bahan kayu dan cat. Maka pencatatan sederhananya di Jurnal dapat dilakukan sebagai berikut:
Langkah 1. Membuat Produk Bundle
1. Klik menu Produk
2. Klik “Buat Produk Baru”.
3. Isi nama produk contoh: “Meja”. Kemudian lengkapi data lainnya.
4. Centang “Saya beli Produk Ini, Saya Jual produk ini, dan Monitor Persediaan”.
5. Klik tab “Bundle” > “Pilih Produk” untuk memasukan bahan baku yang akan digunakan dalam pembuatan proses produksi. Asumsikan produk meja ini terbuat dari “Kayu” dan “Cat”. Pilih kedua produk tersebut seperti yang ditunjukan pada gambar.
*Pastikan Anda sudah membuat produk Kayu dan Cat yang telah di-monitor persediaannya.
6. Anda juga dapat menambahkan akun (contoh: akun biaya produksi). Lihat ilustrasinya di gambar berikut.
7. Klik “Buat”.
Langkah 2. Mengkonversi Produk
Langkah ini dilakukan jika telah terjadi produksi terhadap produk Meja tersebut. Sehingga setelah melakukan konversi, jumlah stok produk meja akan bertambah, dan jumlah stok Kayu dan Cat akan berkurang sesuai dengan jumlah konversi yang Anda isikan.
1. Klik menu "Produk".
2. Klik nama produk yang akan dikonversi. Misalkan "Meja".
3. Klik "Tindakan > Konversi Produk".
4. Anda dapat mengisi jumlah yang akan dikonversi di kolom Kuantitas.
*Klik “Tambah Biaya” untuk memilih akun biaya dan mengisi jumlah biayanya.
5. Klik "Submit" untuk menyimpan.
*Setelah Anda mengkonversi, maka jumlah stok Meja Anda akan bertambah 10. Sedangkan stok Kayu dan Cat masing-masing akan berkurang 10.
2. Work in Progress
Work in Progress (WIP) adalah tahap di mana persediaan yang sedang dalam proses produksi, atau bisa diartikan sebagai persediaan di antara bahan baku (raw material) dan barang jadi (finished goods). Kondisi dari persediaan di tahap ini belum siap untuk dijual, karena masih perlu diolah menjadi barang jadi sehingga dapat dijual. Namun dalam beberapa kasus, persediaan dalam tahap ini juga dapat dijual. Berikut ini akan dijelaskan kasus pencatatan proses WIP dengan Jurnal.
Misalkan, Anda memiliki pabrik konveksi. Untuk membuat sebuah baju, Anda memerlukan benang dan kain. Namun, Anda tidak membeli kain dari supplier melainkan memproduksi kain dari benang.
Berarti tahap produksi yang terjadi adalah BENANG ---> KAIN MERAH MUDA ---> BAJU MUSLIM.
Berikut adalah cara pencatatan untuk kasus WIP di atas.
Langkah 1. Membuat Produk Bundle"Kain"
1. Klik menu "Produk".
2. Klik "Buat Produk Baru".
3. Pilih jenis Barang “Bundle” klik “Produk Bundle”.
*Isi nama produk 'Kain Merah Muda'.
*Pilih satuannya, misalkan 'Buah'.
4. Pilih produk yang menjadi bahan baku produk Kain Merah Muda, yang terdiri dari produk 'Benang Merah Muda'. Isikan jumlah benang yang diperlukan untuk memproduksi 1 kain merah muda. Contoh: 10 gulung.
5. Centang Monitor Persediaan Barang (supaya Anda dapat mengisikan biaya untuk memproduksi 'Kain' (opsional) dan dapat melakukan konversi produk, lihat penjelasan konversi di bawah).
6. Klik "Buat Produk"
Langkah 2. Mengkonversi produk "Kain Merah"
Bila 'Benang Merah' telah digunakan untuk memproduksi 'Kain Merah', maka cara pencatatannya di Jurnal adalah:
1. Klik menu "Produk".
2. Klik nama produk "Kain Merah Muda”.
3. Klik “Tindakan > Konversi Produk”.
4. Isikan jumlah Kain Merah yang diproduksi. Misalkan '10 meter'. Maka, jumlah stok Benang Merah Muda yang terpakai untuk memproduksi 10m Kain Merah Muda adalah (10 gulung Benang Merah Muda* 10m Kain merah muda = 100 gulung Benang Merah Muda).
5. Kemudian, jika terjadi biaya produksi, maka Anda dapat memilih akun Biaya Produksi dan mengisikan jumlah biaya yang dikeluarkan. Dalam kasus ini total biaya produksi yang terjadi adalah Rp 50.000. Sehingga didapatkan biaya /meter Kain Merah Muda adalah Rp 205.000.
6. Klik "Kirim".
7. Maka sekarang Anda telah memiliki 10 Kain Merah di stok produk Anda.
Langkah 3. Membuat Produk Bundle “Baju Muslim”
Setelah produk bundle 'Kain' dibuat, maka langkah selanjutnya adalah membuat produk bundle “Baju Muslim”'. Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Klik menu "Produk".
2. Klik "Buat Produk Baru".
3. Isikan nama produk “Baju Muslim”.
4. Pilih jenis barang “Bundle”.
5. Klik tab "Produk Bundle".
6. Pilih terdiri dari produk 'Kain Merah' dan isi kuantitasnya 1. (ini dengan asumsi hanya dibutuhkan 1 meter Kain Merah untuk memproduksi kerudung).
7. Anda dapat langsung memasukkan biaya yang terjadi selama proses produksi (jika ada dan Anda sudah mengetahui biaya produksi per meternya). Namun, jika biaya yang terjadi dalam bentuk gelondongan Anda dapat memasukkannya ketika melakukan konversi produk.
8. Centang "Saya Jual Produk" Ini dengan harga jual Rp 250.000.
9. Centang "Monitor Persediaan Barang".
10. Klik "Buat Produk".
Langkah 4. Mengkonversi Produk “Baju Muslim”
Langkah ini dilakukan ketika terjadi produksi dari Kain Merah menjadi Kerudung Segitiga Motif.
1. Klik menu Produk.
2. Klik nama produk “Baju Muslim”.
3. Pilih "Tindakan > Konversi Produk".
4. Misalkan Anda memproduksi 5 Baju Muslim dan biaya sablon gelondongan sebesar Rp 50.000. Maka isikan jumlah yang diproduksi '5' dan pilih akun Biaya Produksi dan isikan biaya Rp 50.000. Maka biaya per unit Baju Muslim ini adalah sebesar Rp 215.000. Ini adalah harga pokok penjualan Anda untuk produk ini.
5. Setelah selesai, klik "Kirim". Baju Muslim Anda sudah bertambah sebanyak 5 dan jumlah stok Kain Merah berkurang sebanyak 5 juga.
3. Penjualan Produk Gabungan (Sistem Paketan)
Penjualan produk gabungan ini biasanya dikenal dengan istilah Bill of Material. Misalkan Anda memiliki toko komputer yang menjual perangkat-perangkat komputer dengan kriteria seperti berikut.
Nama Barang | Harga Beli | Harga Jual |
Mouse | Rp 150.000/buah | Rp 200.000/buah |
Keyboard | Rp 200.000/buah | Rp 250.000/buah |
Pada event-event tertentu, Anda menjual 2 produk tersebut dalam sistem paketan dengan harga Rp 450.000/paket (terdiri dari 1 mouse dan 1 keyboard). Maka ketika Anda membuat produk paketan tersebut di Jurnal, Anda cukup melakukannya dengan cara.
1. Pastikan Anda telah membuat pembelian produk Mouse dan Keyboard dengan harga beli seperti di atas.
2. Klik menu Produk.
3. Klik "Buat Produk Baru".
4. Isikan nama produk, contoh 'Paket Murah Mouse + Keyboard'.
5. Pilih “Produk Bundle”.
6. Paket terdiri dari 1 mouse dan 1 keyboard seperti contoh di gambar.
7. Maka, harga modal yang tertera untuk paket tersebut adalah Rp 450.000.
8. Centang Saya Jual Produk Ini saja dan isikan harga jual Rp 550.000. Lalu klik “Buat Produk”.
*Jangan mencentang Monitor Persediaan Barang
9. Setelah itu, ketika Anda membuat transaksi penjualan untuk paket tersebut, maka jumlah stok yang berkurang adalah mouse dan keyboard sesuai dengan jumlah paket yang terjual.