Untuk mengelompokkan transaksi per proyek/department/sales di Jurnal dapat dilakukan dengan fitur Tagging. Pada bagian ini, akan dijelaskan mengenai cara berikut.
1. Membuat Tag Transaksi untuk Mengelompokkan Transaksi
- Klik menu “Daftar Lainnya”.
- Kemudian klik “Kategori Tag”.
- Anda akan melihat daftar tag yang Anda miliki. Jika belum ada data, maka akan terlihat kosong.
- Klik "Buat tag" untuk membuat tag baru.
- Ketikkan nama tag yang Anda inginkan.
- Pilih Masukkan ke kategori, jika ingin tag masuk ke kategori tertentu.
- Lalu klik "Buat" untuk menyimpan tag.
2. Cara Mencatat Transaksi per Proyek
Setiap transaksi dapat dikelompokkan per proyek dengan Tag. Berikut akan Kami contohkan mencatat penjualan dengan tag.
- Masuk ke menu Penjualan.
- Kemudian klik “Buat penjualan baru” lalu pilih Penagihan Penjualan.
- Lengkapi informasi faktur penjualan Anda. Pada field Tag, ketikkan nama proyek yang ingin disertakan pada faktur penjualan.
- Jika Anda ingin menyertakan tag lain, seperti nama orang yang menangani proyek tersebut, Anda dapat menambahkannya sebagai tag baru dengan mengetikkan nama tag lalu klik "Add tag" atau tekan “Enter” pada keyboard.
- Setelah selesai, klik "Buat Faktur".
Untuk penjelasan lebih detail mengenai field, Anda dapat melihatnya di Guide Book - Buat Penjualan.
3. Melihat Laporan Penjualan per Proyek
Jika Anda telah menggunakan tag pada transaksi penjualan seperti contoh di atas, maka Anda dapat melihat dan mengexpor aporan penjualan Anda per proyek dengan cara.
- Pilih menu Laporan.
- Kemudian, tab Penjualan dan pilih Daftar Penjualan.
- Klik "Filter Lebih Lanjut".
- Pilih periode tanggal yang ingin dilihat dan pilih Tag yang telah Anda gunakan sebelumnya dan klik "Filter".
- Laporan penjualan Anda akan menampilkan transaksi yang menggunakan tag yang terpilih saja.
- Untuk mengexpor laporan, klik tombol "Expor" dan pilih antara format PDF, Excel atau CSV.
Untuk penjelasan lebih detail mengenai laporan daftar penjualan, Anda dapat membacanya di sini.