Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Menambah Deposit Pemesanan Penjualan V3

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Jika pelanggan Anda membayarkan uang muka (DP) untuk pemesanan barangnya, Anda dapat menggunakan fitur “Tambah Deposit”. Anda dapat melakukan pembayaran lebih dari 1 kali untuk setiap formulir pemesanan penjualan Anda. Berikut langkah untuk menambah deposit pada formulir pemesanan penjualan Anda.

  1. Klik menu Penjualan.
    mceclip0.png
  2. Klik tab Pesanan Penjualan.
    mceclip1.png
  3. Klik nomor pemesanan penjualan dengan status Open yang akan ditambahkan DP.
    mceclip2.png
  4. Kemudian, klik “Tindakan" pada bagian bawah dan pilih Tambah Deposit.
    mceclip3.png
  5. Maka, akan muncul tampilan form sebagai berikut.
    mceclip8.png
  6. Pada form tersebut isikan.
    • Setor Ke: Pilih akun kas & bank mana yang digunakan untuk menerima pembayaran DP
    • Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek & Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit.
    • Tanggal Pembayaran: Pilih tanggal pembayaran DP.
    • Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan catatan uang muka per proyek/cabang/divisi atau grup tertentu. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag.

      Lihat penjelasan penggunaan Tag di Guidebooks-Menggunakan Tag.

    • No Transaksi: Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan.Bagaimana Cara Mengelompokkan Transaksi
      Lihat penjelasan format nomor transaksi di Guidebooks-Format penomoran transaksi.
    • Tambah Deposit: Masukkan jumlah DP yang dibayar oleh pelanggan Anda.
    • Memo: Isi keterangan tambahan jika perlu. Keterangan ini akan ditampilkan pada laporan.
    • Masukkan Jumlah Pemotongan: Klik ini dan isi pemotongan, jika terdapat pemotongan pembayaran seperti biaya administrasi transfer bank atau lainnya. Pilih akun yang menampung pemotongan tersebut.
    • Pajak Uang Muka: Isi jenis pajak yang dikenakan pada pembayaran DP. Jenis pajak yang muncul disini hanya jenis pajak yang digunakan pada transaksi Pemesanan Penjualan saja. Pelajari lebih lanjut.
  7. Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyimpan transaksi.
    mceclip6.png
  8. Dengan demikian, transaksi tambah DP Anda sudah selesai.
    mceclip10.png

    Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mencatat penambahan deposit pada form pemesanan pembelian.

Ilustrasi perhitungan pajak pada transaksi tambah deposit pesanan penjualan

mceclip11.png

Apabila pembayaran DP yang Anda terima ingin dicatat sebagai pelunasan tagihan sekaligus pajaknya, maka Anda dapat mengenakan pajak pada transaksi “Tambah Deposit” tersebut dengan memasukkan nama pajak dikolom “Pajak Uang Muka” seperti gambar di atas. Dengan demikian, maka jumlah pajak atas pembayaran DP sudah termasuk dalam jumlah DP yang Anda dicantumkan pada kolom “Tambah Deposit”.

Anda dapat melihat jurnal yang terbentuk dengan klik “Lihat Jurnal Entry”.

mceclip12.png

Selanjutnya, bila Anda melakukan penagihan atas transaksi pemesanan penjualan ini, maka pajak yang dikenakan akan berkurang sebesar pajak yang sebelumnya sudah diakui/dikenakan, seperti berikut.

mceclip16.png

Anda dapat melihat jurnal yang terbentuk dengan klik “Lihat Jurnal Entry”.

mceclip18.png

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form