Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Terima Pembayaran Tagihan Penjualan

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jika Anda sudah membuat faktur atau tagihan penjualan sebelumnya, maka Anda harus mencatat penerimaan pembayaran dari pelanggan Anda. Hal ini penting dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi bahkan melunasi tagihan pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa jumlah uang yang sudah Anda terima dan berapa jumlah piutang usaha yang Anda miliki.

Berikut adalah panduan mengenai cara mencatat pembayaran pada faktur penjualan dan cara mencetak bukti pembayaran.

1. Cara Mencatat Pembayaran pada Faktur Penjualan

Untuk mencatat pembayaran yang Anda terima, ikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Penjualan.
  2. Klik nomor faktur penjualan yang akan dibayar atau dilunasi.
  3. Klik “Tindakan" lalu pilih Terima pembayaran. Kemudian, lengkapi form pembayaran berikut. 
     
  4. Kemudian, lengkapi form pembayaran berikut. 

    1. Setor Ke: Pilih dari akun mana saldo akan ditambahkan.
    2. Cara Pembayaran: Pilih cara pembayaran yang akan digunakan dalam penerimaan pembayaran. Pilihan default yang tersedia adalah Kas TunaiCek & GiroTransfer Bank, dan Kartu Kredit;
    3. Tgl Pembayaran: Pilih tanggal invoice dibayar.
    4. Tgl Jatuh Tempo: Pilih tanggal jatuh tempo pembayaran. Biasanya field ini digunakan untuk mencatat pembayaran dengan giro/cek mundur.
    5. Tag: Pilih tag untuk mengelompokkan bayaran per proyek. Anda dapat membuat tag baru dengan mengetikkan nama tag baru dan tekan ENTER.
    6. No Transaksi: Nomor transaksi akan diberikan dan diurutkan secara otomatis oleh sistem, tapi Anda dapat mengubahnya. Pelajari di sini.
    7. Jumlah: Isikan jumlah yang dibayar.
    8. Memo: Isikan keterangan tambahan jika diperlukan. (keterangan ini akan muncul sebagai Keterangan di laporan Buku Besar dengan format {#Nomor Invoice : Isi memo}.
    9. Masukkan Jumlah Pemotongan: Anda dapat memilih untuk memasukkan pemotongan pada pembayaran Anda dalam persentase (%) atau dalam nominal (Rp). Pemotongan ini bisa digunakan untuk biaya administrasi bank atau potongan pajak pembayaran. Dalam contoh ini isi Rp 15.000 dan pilih akun Administrasi Bank.
  5. Setelah selesai, klik "Buat Penerimaan".
    mceclip4.png

2. Cara Mencetak Bukti Pembayaran

  1. Klik menu Penjualan.
  2. Klik nomor faktur penjualan yang berstatus Paid.
  3. Pada bagian bawah halaman terdapat kolom detail pembayaran, lalu klik nomor invoicenya.
  4. Kemudian, klik "Cetak & Lihat" lalu pilih Preview Bukti Kas Masuk.
  5. Anda akan melihat kwitansi sebagai berikut. 

    1 faktur bisa memiliki beberapa Receive Payment

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form