Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Pengiriman dari Pemesanan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Bagi Anda pengguna paket Enterprise dan Enterprise+, dapat memanfaatkan fitur pencatatan transaksi pembelian dengan alur yang lengkap. Disini, Anda dapat mulai pencatatan dari Penawaran, Pemesanan, Pengiriman, hingga Penagihan dan Pembayarannya.

Kemudian, ketika Anda sudah membuat pemesanan pembelian, maka Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu membuat formulir penerimaan barang (pengiriman pembelian) dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke menu Pembelian.
  2. Klik tab "Pemesanan Pembelian" lalu pilih salah satu nomor pemesanan.
  3. Scroll ke bawah dan klik "Tindakan" lalu pilih Buat pengiriman.
  4. Maka Anda akan diarahkan ke halaman Pengiriman Pembelian, dimana beberapa informasi akan diambil dari transaksi pemesanan. Selanjutnya, Anda dapat mengisikan informasi terkait pengiriman, seperti Tanggal Pengiriman, Media Pengiriman, No Transaksi, Tagging dan juga Gudang penerima.
  5. Kemudian, pada bagian produk, isikan kuantitas yang termasuk dalam pengiriman baik sebagian sebagian ataupun seluruhnya.
  6. Pada kolom Ongkos kirim, isikan nominal biaya pengiriman.

    Apabila Anda memasukkan ongkos kirim pada formulir pengiriman pembelian, maka secara penjurnalan, biaya kirim akan dicatat pada transaksi ini.

  7. Klik “Buat” untuk menyimpan.
  8. Selanjutnya, Anda dapat mencatat penagihan atas penerimaan barang tersebut dengan klik “Buat penagihan”. Penagihan yang dibuat adalah sesuai dengan jumlah barang yang sudah terkirim.

    Demikian penjelasan mengenai cara membuat pengiriman pemesanan pembelian. Anda juga dapat melihat laporan pengiriman pembelian Anda di menu Laporan Pengiriman Pembelian.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form