Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Menambah Deposit Pemesanan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Jika Anda memberikan Uang Muka atau DP (Down Payment) untuk pemesanan pembelian barang Anda, Anda dapat menggunakan fitur tambah deposit ini. Dalam 1 pemesanan pembelian (purchase order) dapat terdiri dari banyak deposit. Untuk menambah deposit, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada menu "Pembelian".
  2. Klik tab "Pemesanan Pembelian.
  3. Pilih Nomor Pemesanan Pembelian yang akan ditambahkan depositnya.

  4. Scroll ke bawah dan klik “Tindakan" lalu pilih Tambah Deposit.
  5. Kemudian, isikan informasi terkait transaksi Tambah Deposit.
    1.png

    Informasi yang diisikan yaitu:

    No Kolom Penjelasan
    1 Bayar Dari Pilih dari akun kas & bank mana yang akan membayar DP.
    2 Cara Pembayaran Pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek&Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit.
    3 Tgl Pembayaran Pilih tanggal pembayaran DP.
    4 Tgl Jatuh Tempo

    Pilih tanggal jatuh tempo jika pembayaran dilakukan dengan cek/giro. Pastikan Anda telah membuat akun kas & bank baru untuk menampung pencatatan cek/giro sementara. Pelajari lebih lanjut di Guidebook - Mencatat Pembayaran dengan Cek/Giro

    5 Tag Pilih tag untuk mengelompokkan DP per proyek. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag.
    6 No Transaksi Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan.
    7 Masukkan Jumlah Pemotongan Masukkan jumlah pemotongan (jika ada).
    8 Pajak Uang Muka Masukkan pajak uang muka (jika ada). 
  6. Selanjutnya, isikan nominal DP yang dibayarkan.

  7. Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyelesaikan.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form