Jika Anda memberikan Uang Muka atau DP (Down Payment) untuk pemesanan pembelian barang Anda, Anda dapat menggunakan fitur tambah deposit ini. Dalam 1 pemesanan pembelian (purchase order) dapat terdiri dari banyak deposit. Untuk menambah deposit, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Pada menu "Pembelian".
- Klik tab "Pemesanan Pembelian.
- Pilih Nomor Pemesanan Pembelian yang akan ditambahkan depositnya.
- Scroll ke bawah dan klik “Tindakan" lalu pilih Tambah Deposit.
- Kemudian, isikan informasi terkait transaksi Tambah Deposit.
Informasi yang diisikan yaitu:
No Kolom Penjelasan 1 Bayar Dari Pilih dari akun kas & bank mana yang akan membayar DP. 2 Cara Pembayaran Pilih cara pembayaran DP. Cara pembayaran default yang tersedia adalah Kas Tunai, Cek&Giro, Transfer Bank dan Kartu Kredit. 3 Tgl Pembayaran Pilih tanggal pembayaran DP. 4 Tgl Jatuh Tempo Pilih tanggal jatuh tempo jika pembayaran dilakukan dengan cek/giro. Pastikan Anda telah membuat akun kas & bank baru untuk menampung pencatatan cek/giro sementara. Pelajari lebih lanjut di Guidebook - Mencatat Pembayaran dengan Cek/Giro
5 Tag Pilih tag untuk mengelompokkan DP per proyek. Anda juga dapat mengetikkan tag baru dan tekan Enter untuk menambahkannya pada daftar tag. 6 No Transaksi Field ini akan otomatis terisi dan diurutkan oleh sistem. Namun, Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan. 7 Masukkan Jumlah Pemotongan Masukkan jumlah pemotongan (jika ada). 8 Pajak Uang Muka Masukkan pajak uang muka (jika ada). -
Selanjutnya, isikan nominal DP yang dibayarkan.
- Setelah selesai mengisi, klik “Tambah DP” untuk menyelesaikan.