Pada Jurnal, terdapat peran bawaan (pre-defined roles) dan terdapat fitur peran custom (custom roles) dimana peran custom memungkinkan Anda mengatur karyawan berdasarkan role tertentu untuk dapat mengakses beberapa menu di Jurnal. Fitur ini memungkinkan karyawan dengan role yang Anda atur tidak dapat mengakses data tertentu yang bersifat sensitif. Berikut langkah-langkahnya.
Pre-Defined Roles |
Peran Customs |
|
Package | All Packages | Essentials, Plus, and Jurnal 360 |
Features | Owner, Ultimate dan Admin dapat mengundang user dan menentukan mereka pada role yang sudah ada seperti:
|
Owner, Ultimate, dan Admin akan dapat mengundang pengguna dan menentukan peran custom yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Peran custom yang dapat Create, Create, Read, Update, Delete yaitu untuk:
|
Penting:
- Peran custom hanya tersedia untuk:
1. Essentials user: Max 1 peran custom.
2. Plus user: Max 5 peran custom.
3. Jurnal 360 user: Unlimited
- Jika Anda memilih peran custom, maka akan ada peran bawaan yang otomatis terpilih, namun akan mengikuti kontrol akses yang ada dalam peran custom yang sudah dipilih.
- Jika Anda melakukan downgrade paket dari paket Jurnal 360/Plus ke paket Essentials, maka peran custom yang telah dibuat akan terassign ke peran bawaan.
Contoh: User A memiliki peran custom B dan Banker, maka saat dilakukan downgrade maka otomatis menjadi Banker.
- Apabila saat trial user memilih paket Trial Jurnal 360 (unlimited pernah custom), dan melanjutkan pembayaran menjadi paket Plus (max 5 peran custom). Apabila perusahaan memiliki peran custom > 5, perusahaan harus melakukan hapus manual peran custom menjadi 5, baru dapat melakukan downgrade.
A. Cara Mengatur Peran Custom
- Masuk ke menu Pengaturan.
- Lalu klik tab “Pengaturan Pengguna”.
- Kemudian, klik tab “Tambah peran custom”.
- Atau Anda juga dapat klik “Undang pengguna”.
- Klik tab “Custom”.
- Lalu klik “Tambah peran custom”.
- Masukkan Nama peran atau role beserta keterangan (opsional).
- Selanjutnya, pilih Wewenang berdasarkan menu/fitur yang bisa diakses yaitu Kas dan Bank, Produk, Pembelian dan Penjualan.
Terdapat juga beberapa peran custom yang otomatis mengecek peran custom lain untuk mendapatkan fungsi yang utuh seperti:
- Pengiriman Penjualan dapat melihat Pemesanan Penjualan.
- Pengembalian Penjualan dapat melihat Invoice Penjualan.
- Pengiriman Pembelian dapat melihat Pemesanan Pembelian.
- Pengembalian Pembelian dapat melihat Invoice Pembelian. - Anda dapat memilih apakah user yang bersangkutan dapat melakukan transaksi tertentu dengan mencentang bagian yang Anda inginkan.
- Lihat: Role tersebut hanya dapat melihat menu tersebut.
- Buat/Tambah: Role yang bersangkutan dapat menambah serta membuat transaksi pada menu tersebut.
- Ubah: Role yang Anda buat, hanya dapat mengubah transaksi.
- Hapus: Role tersebut dapat menghapus transaksi. - Pada bagian Penjualan dan Pembelian, terdapat pilihan Pembatasan akses informasi yang berguna untuk membatasi role tersebut untuk mengakses informasi tertentu.
Terdapat tiga pilihan pembatasan akses informasi yaitu:
- Ketentuan: User role tersebut tidak dapat melihat, membuat dan mengubah semua yang ada pada halaman pembelian/penjualan.
- Kontak: Pegawai: User role tersebut tidak dapat melihat, membuat dan mengubah semua yang ada pada halaman pembelian/penjualan dan kontak.
- Kontak: Lainnya: User role tersebut tidak dapat melihat, membuat dan mengubah semua yang ada pada halaman pembelian/penjualan dan kontak. - Jika sudah, klik “Simpan”.
- Peran custom yang sudah dibuat tidak dapat diubah.
- Jika terdapat otorisasi yang bertentangan, maka peran custom akan selalu jadi acuan.
- Jika Anda memilih lebih dari 1 peran custom maka, wewenang dari masing-masing peran custom akan digabungkan. - Maka role/peran yang Anda buat sudah tersimpan pada tab Peran Custom.
- Anda juga dapat menghapus peran tersebut dengan klik “Tindakan” lalu pilih Hapus.
B. Cara Mengatur Peran Custom ke Karyawan
Setelah peran custom Anda buat, selanjutnya Anda dapat mengaturnya kepada karyawan tertentu. Berikut langkah-langkahnya.
- Klik “Undang pengguna”.
Klik di sini untuk mempelajari cara menambahkan pengguna.
- Pada bagian Peran, klik tab “Custom”.
- Lalu centang peran yang Anda inginkan dan klik “Undang”.
Pada bagian kanan akan muncul informasi peran bawaan (Bankir, Stockist, Purchase dan Sales) yang terpilih otomatis.
- Maka, karyawan sudah berhasil diundang untuk peran custom yang sudah Anda atur.