Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melakukan Pemenuhan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Pemenuhan pembelian merupakan fitur jurnal yang memudahkan agar petugas warehouse dapat memantau proses penerimaan barang. Secara proses bisnis, pemenuhan barang dilakukan setelah pembuatan Pemesanan Pembelian (Purchase Order) dan sebelum pengiriman. 

Penting
- Fitur ini masih dalam tahap alpha release serta hanya tersedia pada paket Enterprise dan Enterprise+.
- Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu menghubungi tim support kami di halojurnal@mekari.com.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, anda dapat melakukan langkah berikut. 

  1. Masuk ke menu Pembelian.
  2. Klik tab Pesanan Pembelian lalu klik “nomor pesanan” yang ingin Anda lakukan pemenuhan.
  3. Atau Anda juga bisa klik “Buat pembelian” lalu pilih Pemesanan pembelian untuk membuat pesanan pembelian yang baru.
  4. Setelah selesai membuat Pemesanan Pembelian, Klik tombol “Tindakan” di bagian bawah lalu pilih Kirim ke Pemenuhan.
  5. Setelah Anda mengirimkan ke pemenuhan, akan muncul informasi tambahan di pojok kanan atas bahwa proses pemenuhan sedang berlangsung.
  6. Anda juga dapat membatalkan pemenuhan dengan klik “Batalkan Pemenuhan”.

    Pembatalan pemenuhan hanya dapat dilakukan apabila tidak ada pesanan yang sudah diproses, diambil, dikirim, ataupun diterima. Pemesanan pembelian yang dibatalkan prosesnya akan dapat diubah dan dihapus di halaman Pemesanan Pembelian.

  7. Untuk melihat proses pemenuhan, Anda dapat klik “Lihat detail pemenuhan”.
  8. Kemudian, Anda akan diarahkan ke menu Pemenuhan untuk memproses pesanan ke gudang.

 

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form