Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Mengelola Menu Produksi pada Mekari Jurnal

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Kini, pada Mekari Jurnal terdapat menu Produksi yang berfungsi untuk membantu kebutuhan produksi perusahaan Anda dalam membuat Bill of Material dan perintah kerja, khususnya bagi Anda yang bergerak pada perusahaan manufaktur. Untuk lebih memahami cara mengelola menu Produksi, Anda dapat mempelajarinya melalui langkah praktis yang akan dibahas dalam contoh studi kasus berikut ini.

PT. ABC merupakan perusahaan yang memproduksi meja kayu. Pada tanggal 10 Februari 2024, PT. ABC mendapat permintaan untuk memproduksi meja kayu sebanyak 10 buah yang dipesan oleh restoran XYZ untuk atas pembukaan kafe mereka dan diharapkan bisa selesai pada 19 Februari 2024.

Berdasarkan studi kasus tersebut, PT. ABC dapat melakukan proses produksi di Jurnal melalui pembuatan Bill of Material. Berikut langkah-langkahnya.

A. Cara Membuat Bill of Material

Untuk melakukan proses produksi meja kayu, PT. ABC telah memiliki formula produksi yang sering dijadikan acuan. Melalui aplikasi Jurnal, Anda, sebagai karyawan dari PT. ABC dapat membuat formula produksinya dengan langkah sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Produksi.
  2. Kemudian pilih tab Daftar bill of material (BOM).
    1.png
  3. Selanjutnya klik “Tindakan” dan pilih Buat bill of material.
    2.png
  4. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman pengisian Bill of Material (BoM). Pada halaman ini, isikan Identitas bill of material yang terdiri dari Nama BOM, Kode BOM, dan Keterangan. Lalu pada bagian Komponen produk, pilih produk yang Anda inginkan serta pilih pemetaan akun. Kemudian pada bagian Perutean (routing) pilih tipe proses produksi pada bill of material.
    3.png

    - Pada bagian Identitas bill of material, pengisian Nama BOM bersifat wajib.
    - Kode BoM, dapat diatur oleh perusahaan Anda.
    - Pada bagian Komponen produk, Anda dapat memasukkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan kemungkinan biaya yang melekat pada bahan-bahan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal berikut:
    1. Nama produk: Pastikan perusahaan telah membuat nama produk pada menu Produk di Jurnal. Produk yang dapat muncul pada dropdown hanya produk kategori Single dan monitor persediaan barang tercentang seperti berikut.
    5.png
    2. Kode produk: akan terisi otomatis oleh sistem ketika Nama produk dipilih.
    6.png
    3. Qty dibutuhkan: Anda dapat menginput jumlah bahan yang diperlukan untuk memproduksi meja kayu tersebut.
    7.png
    4. Unit: Unit yang ditampilkan akan menyesuaikan pengaturan unit pada menu Produk di Jurnal.
    8.png
    5. Harga beli satuan: harga yang ditampilkan akan menyesuaikan HPP saat ini pada detail produk di Jurnal.
    6. Perkiraan harga: perkiraan harga yang akan dikeluarkan dari harga beli satuan x qty dibutuhkan.
    9.png
    - Pada bagian Pemetaan akun, Anda dapat klik dropdown dan klik "Tambah pemetaan akun baru" apabila pemetaan belum tersedia.
    10.png
    - Kemudian Anda akan diarahkan ke tampilan untuk memilih akun Jurnal yang ingin dipetakan ke menu Produksi. Isikan nama pemetaan akun dan pilihlah jenis akun biaya, sumber pembayaran, dan metode pembayaran yang Anda inginkan.
    11.png
    - Apabila data telah dipetakan, Anda dapat klik "Simpan".
    12.png
    - Data yang tersimpan akan muncul pada dropdown pemetaan akun dan Anda dapat menginput jumlah biaya yang melekat pada produk tersebut.
    13.png
    - Anda dapat melengkapi data tambahan lainnya seperti qty diproduksi dan unit. Disarankan jumlah data qty yang dimasukkan hanya 1. Selain itu pada bagian harga, sistem akan menghitung otomatis HPP produk per 1 unit. Harga ditentukan dari persentase x total biaya produksi pada bagian Komponen produk dan perutean.
    14.png
    - Apabila terdapat sisa hasil produksi berupa barang setengah jadi atau sampah yang masih dapat disimpan HPPnya ke dalam inventori, maka Anda dapat menginputnya pada tabel Produk lainnya.
    15.png

  5. Apabila semua data sudah dipastikan benar, Anda dapat menyimpan formula produksi tersebut dengan klik “Simpan”.
    16.png

B. Cara Melihat Detail Bill of Material

  1. Untuk melihat rincian BoM yang telah dibuat, Anda dapat klik salah satu BoM yang telah dibuat pada halaman Daftar Bill of Material.
    17.png
  2. Pada halaman detail, Anda dapat melakukan beberapa tindakan seperti cetak PDF BoM, hapus BoM (hanya dapat dilakukan apabila BoM belum memiliki perintah kerja), arsipkan BoM, dan buat perintah kerja.
    18.png

    Demikian cara melakukan pembuatan formula produksi terkait Build of Material, tahap berikutnya adalah membuat Perintah kerja yang akan dijelaskan pada guidebook selanjutnya. Pelajari lebih lanjut di sini.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form