Saat ini Anda dapat membuat rincian biaya-biaya yang timbul mulai dari proses hingga barang tiba di tempat customer melalui fitur Landed Cost pada Mekari Jurnal. Pelajari selengkapnya pada langkah-langkah berikut.
- Masuk ke menu Pembelian.
- Lalu pada tab Purchase invoice klik salah satu transaksi.
- Lalu pada halaman detail transaksi, klik “Actions” dan pilih "Create Landed Cost”.
- Masukkan Tanggal pembuatan dokumen.
Tanggal transaksi sama dengan faktur pembelian. Dalam hal ini, tanggal pembuatan dokumen hanya untuk referensi.
- Kemudian pilih jenis Biaya terkait.
- Lalu isikan Keterangan dan Jumlah nominal yang dipakai.
Nilai di Jumlah tersedia dapat berubah seiring dengan penggunaannya untuk transaksi lain. Mata uang acuannya adalah mata uang dasar.
- Selanjutnya isikan Biaya kedatangan.
- Perhitungan Jumlah: Qty x Harga satuan.
- Perhitungan Jumlah kedatangan: Biaya kedatangan + Jumlah. - Apabila keseluruhan data telah benar klik “Simpan” lalu pilih “Simpan dan buat lainnya”.
Dokumen belum tersedia pada dokumen yang berasal dari pengiriman pembelian.
Demikian penjelasan terkait cara membuat Landed cost. Selanjutnya pelajari juga terkait cara mengimpor penagihan pembelian.