Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Mengimpor Penjualan Aplikasi Tokopedia

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Kini, Anda dapat menarik data transaksi penjualan dari aplikasi Tokopedia Anda, dan menguploadnya ke aplikasi Jurnal untuk diolah menjadi laporan keuangan.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Cara Export Data Penjualan dari Tokopedia

  1. Pada halaman Home, Klik tab “Penjualan”.
    1.png
  2. Klik tombol “Unduh Laporan Penjualan”.
    2.png
  3. Filter rentang waktu laporan penjualan yang ingin diunduh, lalu klik tombol “Unduh”.
    3.png
  4. Maka tampilan laporan akan terlihat seperti berikut: 
    Image_7template.png

2. Cara Import Data Penjualan ke Jurnal

  1. Login ke aplikasi Jurnal.
  2. Klik menu Penjualan.
  3. Klik “Import” dan pilih “Template dari Aplikasi Lain”.
  4. Pada bagian ini klik “Tokopedia”.
  5. Upload file yang Anda peroleh dari aplikasi Tokopedia, pada tombol “Choose File”.

    Anda juga dapat mengunduh file template berikut dengan klik di sini. Kemudian Anda dapat mengisi template tersebut dengan data penjualan Anda.

  6. Jika sudah, klik “Lanjutkan”.
  7. Pilih akun kas/bank yang menampung pembayaran.
    10.png
  8. Pilih metode pembayaran Anda.
    11.png
  9. Pilih nama Pelanggan Anda.
    12.png

    - Anda dapat mengganti nama kontak pelanggan yang ada pada file menjadi kontak tertentu dengan membuat kontak baru terlebih dahulu. Untuk membuat kontak baru, klik di sini untuk pelajari lebih lanjut.
    - Apabila pelanggan tidak diisi, maka sistem akan membuat kontak baru secara otomatis apabila sistem tidak menemukan nama kontak tersebut. 

  10. Pilih tampilan status transaksi, pada bagian ini terdapat dua pengaturan status yang dapat Anda tentukan.
  11. Jika status semua transaksi yang diinput ingin tercatat sebagai lunas, maka pilih "Buat semua status lunas".
    13.png
  12. Namun, jika status transaksi yang diinput ingin tercatat berdasarkan order status yang terdapat pada template data penjualan, maka pilih "Sama seperti marketplace"
    14.png

    Berikut adalah pembagian status transaksi berdasarkan pada order status-nya.
    - Pesanan Selesai >> tercatat sebagai transaksi "Lunas/Paid".
    - Menunggu Konfirmasi >> tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".
    - Pesanan Diproses >> tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".
    - Pesanan Dikirim >> tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".
    - Pesanan Tiba >> tercatat sebagai transaksi "Belum dibayar/Open".

  13. Pilih tag yang mengelompokkan transaksi penjualan.
    15.png
  14. Pilih gudang penyimpanan Anda.
    16.png

    Multi gudang khusus pengguna Plus dan Jurnal 360.

  15. Centang bagian ini, jika nilai penjualanan pada transaksi telah termasuk PPN.
    17.png
  16. Jika sudah, maka klik "Lanjut".
    18.png
  17. Anda akan diminta untuk menunggu beberapa saat.
    19.png
  18. Setelah transaksi Anda selesai diproses, maka akan terlihat seperti berikut.
    Image_16.png

    - Pembuatan Sales Invoice berdasarkan (harga jual * qty)-diskon, untuk penyesuaian terhadap biaya admin dapat dilakukan menggunakan jurnal entri secara manual.
    - Shipping/Ongkir tidak akan dimasukkan ke dalam kalkulasi Invoice penjualan.
    - Produk dan SKU wajib di isi dan unik.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form