Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Tour and Travel

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan segudang keindahan pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk membantu perekonomian negara di bidang pariwisata, bisnis Tour dan travel menjadi salah satu bisnis yang menarik bagi para pebisnis di Indonesia. Bisnis ini biasanya menawarkan layanan untuk perjalanan wisata. Dimulai dari konsultasi bersama customer untuk saran perjalanan wisata yang diinginkan, tempat wisata yang ingin dikunjungi, hingga acara dan kebutuhan selama perjalanan.

Pada studi kasus ini, contoh usaha yang akan diambil adalah CV Pesona Pariwisata Indonesia. CV Pesona Pariwisata Indonesia merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pariwisata dan berdiri sejak tahun 2015. CV Pesona Pariwisata Indonesia menawarkan banyak paket perjalanan wisata. Tak hanya itu, CV ini menawarkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan wisata, seperti fasilitas transportasi (bus), fasilitas penginapan (hotel) dan fasilitas makan. Dalam memenuhi kebutuhan lain selama perjalanan, CV Pesona Pariwisata Indonesia bekerja sama dengan pihak lain untuk mengakomodir permintaan dari pelanggan.

t1.png

Tabel Harga Paket Pariwisata CV Pesona Pariwisata Indonesia
t2.png

Untuk proses bisnis seperti di atas, tahapan pembukuan di Jurnal dapat dilakukan dalam beberapa langkah berikut:

  1. Penambahan Data Master
  2. Pencatatan Transaksi

Langkah 1 : Penambahan Data Master

A. Penambahan Daftar Akun

CV Pesona Pariwisata Indonesia ingin menambahkan akun Pendapatan Bus, Penginapan, Pendapatan Catering, dan Biaya Printing Tiket dalam sistem Jurnal.

Ikuti langkah berikut untuk membuat akun baru:

    1. Masuk ke menu Daftar Akun.
    2. Klik tombol “+Buat Akun Baru”.
    3. Lalu isikan kolom seperti contoh berikut.

      No Kolom Penjelasan
      1 Nama Isikan nama akun “Pendapatan Bus”.
      2 Kategori Pilih kategori Pendapatan.
    4. Klik “Buat Akun” untuk menyimpan akun yang dibuat.

      - Lakukan langkah yang sama untuk membuat akun lainnya (untuk kategori Pendapatan dan Beban).
      - Nomor akun disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

B. Penambahan Data Produk

t4.png

Anda dapat membuat produk mengikuti langkah berikut:

  1. Masuk ke menu Produk.
  2. Klik “Tindakan” dan pilih Tambah produk baru.
  3. Isikan informasi produk seperti Nama produk, Unit, dan Kategori Produk.
  4. Pilih Tipe Produk Single.

    Kode produk disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

  5. Centang Saya jual produk ini, lalu isikan Harga jual satuan dan Akun penjualan yang akan digunakan.
  6. Klik “Simpan” untuk menyimpan produk yang dibuat. 

    Lakukan langkah yang sama untuk membuat akun lainnya.

Anda dapat mencatat produk atas kerjasama dengan pihak lain sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Produk.
  2. Klik “Tindakan” dan pilih Tambah produk baru.
  3. Isikan informasi produk seperti Nama produk, Unit, dan Kategori Produk.
  4. Pilih jenis barang Single.
  5. Centang Saya Beli Produk Ini lalu isikan harga beli dan akun pembelian yang akan digunakan.

    Apabila harga berubah-ubah berdasarkan kesepakatan bagi hasil antara perusahaan dan penyedia, Anda dapat mengosongkan harga beli produk tersebut.

  6. Centang Saya Jual Produk Ini, lalu isikan harga jual dan akun penjualan yang akan digunakan.

    Apabila harga berubah-ubah berdasarkan kesepakatan bagi hasil antara perusahaan dan penyedia, Anda dapat mengosongkan harga jual produk tersebut.

  7. Lalu klik "Simpan".

Anda dapat mencatat produk atas tiket yang dimiliki sebagai berikut:

  1. Masuk ke menu Produk.
  2. Klik “Tindakan” dan pilih Tambah produk baru.
  3. Isikan informasi produk seperti Nama produk, Unit, dan Kategori Produk.
  4. Pilih Tipe Produk Single.
  5. Centang Saya beli produk ini, lalu isikan harga beli dan akun pembelian yang akan digunakan. Kemudian centang Saya jual produk ini dan isikan harga jual serta akun penjualan yang digunakan. Dan centang Monitor persediaan barang.
  6. Dan klik "Simpan".

Langkah 2: Pencatatan Transaksi

1. Pencatatan Transaksi Pemesanan Paket Perjalanan Wisata

Pelanggan akan melakukan booking (pemesanan) atas paket perjalanan terlebih dahulu pada tanggal yang telah ditetapkan. Pelanggan biasanya melakukan booking langsung menghubungi pihak penyedia perjalanan wisata. Pelanggan akan membayar pemesanan perjalanannya full payment ataupun DP atas pemesanan tersebut.

Berikut adalah cara menginput transaksi booking paket perjalanan wisata dengan pelunasan di muka untuk 5 orang peserta:

  1. Masuk ke menu Penjualan.
  2. Klik “Buat Penjualan Baru” dan pilih Pemesanan Penjualan.
  3. Isikan informasi seperti Nama Pelanggan, Email dan isi periode booking pada Tanggal Transaksi dan Tanggal Jatuh Tempo.
  4. Input produk yang dipesan. 
  5. Masukkan jumlah pembayaran pada kolom Uang Muka kemudian petakan akun penerimaan uang muka.
  6. Klik “Buat” untuk menyimpan transaksi booking perjalanan wisata.

    Pembayaran uang muka pada transaksi pemesanan penjualan akan membentuk Pendapatan Diterima Dimuka.

  7. Jurnal yang terbentuk pada transaksi pemesanan adalah.

    (Dr) Bank BCA Rp1.300.000
    (Cr) Pendapatan Diterima Dimuka Rp1.300.000

  8. Anda dapat membuat formulir penagihan penjualan dari pemesanan penjualan saat pelanggan telah memulai perjalanan wisata.

2. Pencatatan Transaksi Pembelian Fasilitas Perjalanan Wisata Kepada Pihak Lain

Apabila Anda bekerja sama dengan pihak lain untuk menawarkan fasilitas perjalanan wisata kepada pelanggan, Anda dapat mencatat pembelian atas fasilitas tersebut pada Jurnal Anda. Berikut adalah cara menginput transaksi pembelian fasilitas perjalanan wisata kepada pihak lain:

  1. Masuk ke menu Pembelian.
  2. Klik “Buat Pembelian” dan pilih Faktur Pembelian.
  3. Isikan informasi seperti Nama Supplier, Email dan isi periode booking pada Tanggal Transaksi dan Tanggal Jatuh Tempo.
  4. Input produk yang dipesan.

    Isikan harga satuan sesuai dengan kesepakatan harga yang ditentukan antara perusahaan dengan pihak lain penyedia fasilitas perjalanan. Ini dapat diisikan dengan harga nett pembelian fasilitas dari pihak lain apabila ada persentase bagi keuntungan.

  5. Klik “Buat” untuk menyimpan transaksi booking fasilitas perjalanan wisata kepada pihak lain.

3. Pencatatan Transaksi Pemesanan Fasilitas Perjalanan Wisata

Sama halnya dengan pencatatan pemesanan paket perjalanan wisata, pelanggan dapat melakukan booking (pemesanan) atas fasilitas perjalanan wisata terlebih dahulu pada tanggal yang telah ditetapkan. Pelanggan biasanya melakukan booking langsung menghubungi pihak penyedia perjalanan wisata. Pelanggan akan membayar pemesanan perjalanannya full payment ataupun DP atas pemesanan tersebut.

Berikut adalah cara menginput transaksi booking paket perjalanan wisata dengan pelunasan di muka:

  1. Masuk ke menu Penjualan.
  2. Klik “Buat Penjualan Baru” dan pilih Pemesanan Penjualan.
  3. Isikan informasi seperti Nama Pelanggan, Email dan isi periode booking pada Tanggal Transaksi dan Tanggal Jatuh Tempo.
  4. Input produk yang dipesan.
  5. Masukkan jumlah pembayaran pada kolom Uang Muka kemudian petakan akun penerimaan uang muka.

    Pembayaran uang muka pada transaksi pemesanan penjualan akan membentuk Pendapatan Diterima Dimuka.

  6. Klik “Buat” untuk menyimpan transaksi booking perjalanan wisata.
  7. Jurnal yang terbentuk pada transaksi pemesanan adalah;

    (Dr) Bank BCA Rp2.000.000
    (Cr) Pendapatan Diterima Dimuka Rp2.000.000

  8. Anda dapat membuat formulir penagihan penjualan dari pemesanan penjualan saat pelanggan telah memulai perjalanan wisata.

4. Pencatatan Transaksi Pembayaran kepada Pihak Lain (Supplier)

Apabila pelanggan sudah membayar lunas atas booking fasilitas perjalanan wisata, Anda dapat menginput pembayaran kepada supplier.

Berikut adalah cara untuk menginput transaksi pembayaran atas fasilitas perjalanan wisata kepada pihak lain:

  1. Klik menu "Pembelian".
  2. Klik Transaksi Pembelian yang telah dibuat, misalkan ‘Purchase Invoice #PI1019-19’.
  3. Scroll ke bawah dan klik Tombol “Tindakan” dan pilih Kirim Pembayaran.
  4. Pilih akun Kas dan Bank yang digunakan untuk mencatat pembayaran ke supplier.
  5. Pilih tanggal pembayaran, karena dihari yang sama dengan pemesanan ke supplier, maka pilih tanggal dan klik tombol “Buat Pembayaran” untuk menyimpan. 

5. Pencatatan Transaksi Pembayaran Biaya kepada Pihak Lain (Supplier)

Apabila Anda ingin mencatat biaya yang terjadi berkaitan dengan penjualan jasa yang diberikan, Anda dapat menginput biaya kepada Supplier.

Berikut adalah cara untuk menginput transaksi pembayaran atas biaya kepada pihak lain atau Supplier:

  1. Masuk ke menu "Biaya".
  2. Klik "+Buat Biaya Baru".
  3. Masukkan informasi biaya yang terjadi. 
  4. Klik “Buat Biaya Baru” untuk menyimpan. 
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form