Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melakukan Settings Pengingat Faktur

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Untuk memudahkan Anda sebagai pemilik usaha untuk menagih piutang yang akan jatuh tempo, Anda dapat membuat sebuah invoice reminder (pengingat) dengan mengirimkan email kepada customer (pelanggan) perihal faktur atau pemesanan penjualan yang akan jatuh tempo. Untuk membuat reminder tersebut, Anda dapat melakukan hal di bawah ini.

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Pilih tab Penjualanlalu klik "Pengingat Faktur".

  3. Aktifkan fitur pengingat faktur dengan menggeser tombol yang tersedia seperti gambar berikut.
    faktur_3.png
  4. Kemudian, pada kolom Tipe Faktur, pilih jenis transaksi yang akan dibuatkan pengingat melalui email.
    faktur_4.png
  5. Pengingat ini bisa diaktifkan untuk transaksi Faktur Penjualan (Invoice), atau Pemesanan Penjualan (Sales Order) atau Keduanya (Both).
    faktur_5.png
  6. Atur interval untuk pengingat faktur. Jika Anda pernah mengatur interval sebelumnya, maka akan tampil seperti gambar berikut.
    faktur_5.png
  7. Pada gambar di atas, interval yang tersedia adalah 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo faktur. Jadi jika faktur atau pemesanan penjualan telah memasuki periode 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo faktur, maka sistem akan mengirimkan pengingat otomatis ke email pelanggan. Jika Anda ingin menambahkan interval baru, klik Tambah Interval.
    faktur_6.png
  8. Isikan interval yang Anda inginkan. Seperti pada gambar di atas, intervalnya adalah 1 hari setelah tanggal jatuh tempo faktur atau pemesanan.

    Jika pengingat dikirimkan pada tanggal jatuh tempo, maka isikan intervalnya dengan angka '0'.

  9. Kemudian, atur template email Anda menggunakan variabel yang tersedia seperti [NamaPerusahaan][NamaPelanggan] dan lainnya. Template email ini akan otomatis mengambil nama perusahaan dan nama pelanggan yang tercantum pada faktur/pemesanan penjualan. Anda dapat menentukan subject email dan isinya. Setelah itu klik “Simpan” .

    Anda dapat langsung mengklik variabelnya tanpa diketik.

  10. Kemudian, Anda akan melihat interval yang tersimpan seperti gambar berikut. Hal ini berarti sistem akan mengirimkan pengingat lewat email kepada pelanggan dalam interval 3 hari sebelum dan 1 hari setelah tanggal jatuh tempo faktur/pemesanan.
    faktur_7.png

    - Anda bisa membuat sampai dengan maksimal 5 interval.
    - email akan terkirim otomatis jika terdapat informasi email pelanggan pada faktur/pemesanan penjualan dan Anda sudah melakukan konfirmasi email perusahaan sebelumnya.

  11. Bila Anda ingin menerima salinan Pengingat Faktur yang dikirimkan kepada pelanggan ke email Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur Kirim salinan ke saya.
    faktur_8.png
  12. Anda dapat mengatur syarat dan kondisi untuk mengirimkan email pengingat ini kepada pelanggan dengan 3 opsi, yaitu dengan menentukan.
    faktur_9.png

    - Total dibawah: Jika Anda mengisikan angka Rp 100.000 seperti pada gambar, artinya sistem tidak akan mengirimkan pegingat lewat email jika nominal sisa tagihan faktur/pemesanan penjualan di bawah angka Rp 100.000.
    Contoh: Faktur penjualan Anda adalah Rp 300.000. Kemudian, pelanggan Anda membayar sebesar Rp 210.000. Maka sisa tagihan Anda adalah Rp 90.000. Dengan pengaturan di atas, maka sistem tidak akan mengirimkan email pengingat kepada pelanggan Anda karena nilai sisa tagihan di bawah angka 100.000.
    - Pelanggan: Di sini, Anda bisa mengatur pelanggan mana saja yang dikecualikan, artinya sistem tidak akan mengirimkan pengingat lewat email kepada pelanggan tertentu.
    - Faktur: Di sini, Anda bisa mengatur nomor faktur/pemesanan penjualan mana saja yang dikecualikan, artinya sistem tidak akan mengirimkan pengingat lewat email untuk nomor faktur/pemesanan tertentu.

  13. Kemudian, klik "Ubah" untuk menyimpan perubahan.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form