Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melakukan Settings Customize PDF

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Customize PDF merupakan fitur yang berfungsi untuk melakukan pengaturan/kustomisasi tampilan template PDF transaksi Penjualan sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur ini akan aktif jika Anda sudah mengupdate tampilan terbaru pada Menu Penjualan.

Untuk melakukan pengaturan Customize PDF, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Masuk ke menu Settings.
  2. Lalu klik “Template” dan pilih Customize PDF.
  3. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan Customize PDF seperti ini. Pada awalnya, halaman yang akan muncul adalah sebagai berikut.
    17.png
  4. Kemudian, pilih tab Tipe dokumen. Jika paket yang Anda miliki merupakan paket Enterprise, Anda hanya dapat customize bagian Faktur penjualan. Sementara untuk menu Pemesanan penjualan dan Faktur pembelian dalam keadaan terkunci yang menyatakan bahwa fitur ini hanya dapat diakses pada paket Enterprise+. Namun, Anda tetap dapat melihat dokumen template default pada fitur-fitur yang terkunci tersebut. 
    18.png

  5. Kemudian, Anda akan diarahkan pada halaman berikut.
    Screenshot 2023-08-31 140420.png
  6. Pada bagian atas halaman, Anda bisa melihat tipe dokumen mana yang akan Anda custom template PDF nya di sini.
    4.png

  7. Kemudian, aktifkan custom template. 

    22.png

    - Anda juga dapat menonaktifkan template custom dan memilih template default yang telah disediakan.
    - Jika toggle ini diaktifkan, maka template yang digunakan pada saat melakukan print adalah yang telah dicustom. Namun jika dinonaktifkan, maka pada saat proses print akan kembali menggunakan template default.
    -Ketika user mengaktifkan kembali toggle tersebut, custom yang pernah dibuat tidak akan hilang.

  8. Pada bagian selanjutnya, di sisi sebelah kiri Anda dapat melakukan pengaturan kustomisasi template PDF, sedangkan di sisi sebelah kanan Anda dapat melihat Pratinjau template yang telah Anda atur tampilannya.
    5.png

  9. Pada bagian sisi kiri, terdapat 2 kategori tampilan template yang dapat Anda atur, yaitu Header dan Konten.
    6.png

  10. Tab Header berfungsi untuk melakukan pengaturan tampilan header PDF sesuai dengan kebutuhan Anda, yang terdiri dari beberapa komponen setting, seperti pada gambar berikut.
    7.1.png

    Informasi mengenai komponen setting Header, yaitu:

    No. Fitur Penjelasan
    1.  
    Tampilkan logo perusahaan Pada bagian ini, Anda dapatmenampilan logo perusahaan di header PDF dengan cara mengaktifkan toggle.
    1.  
    Posisi logo Anda dapat mengatur posisi logo yang ingin ditampilkan pada header PDF, ada tiga posisi yang dapat Anda pilih yaitu posisi kiri, tengah, dan kanan halaman.
    1.  
    Judul Dokumen Anda dapat  menambahkan judul dokumen tambahan pada bagian atas PDF.

    Terdapat 2 jenis kolom judul dokumen. Untuk judul dengan Bahasa Indonesia dapat  Anda isi di kolom ID, sedangkan untuk judul dokumen dengan Bahasa Inggris, dapat  Anda isi di kolom EN. Ada juga dapat menerapkan nama yang sama pada kedua kolom tersebut dengan mencentang tulisan “Terapkan keduanya”.

    1.  
    Ubah info Anda dapat rename kembali label field yang terdapat pada template.

    Fitur ini hanya dapat diakses oleh pengguna Enterprise+.

    1.  
    Info perusahaan Anda dapat mengatur informasi perusahaan apa saja yang ingin ditampilkan pada header PDF dengan mencetang masing-masing kotak informasi.
    1.  
    Info penerima Anda dapat mengatur informasi apa saja mengenai penerima/pelanggan/vendor yang ingin anda tampilkan dengan mencetang masing-masing kotak informasi.
    1.  
    Ukuran konten Pada bagian ini Anda dapat mengatur ukuran dari tampilan konten PDF Anda, yaitu ukuran besar, sedang, atau kecil. 
  11. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan tampilan header PDF, Anda dapat melihat pratinjau dari hasil settingan yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan klik “Pratinjau” pada bagian kanan atas halaman.
    8.png

    Ketika Anda klik “Pratinjau”, hasil edit yang telah Anda lakukan berada dalam keadaan belum tersimpan. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan Anda meninjau dokumen yang telah diedit sebelum klik “Simpan” pada dokumen Anda.

  12. Maka pratinjau hasil pengaturan header PDF Anda akan terlihat seperti ini:
    25.png

    Anda dapat melihat kembali penjelasan dari setiap field di sini berdasarkan label nomor yang tertera.

  13. Sedangkan pada bagian tab Konten, Anda dapat melakukan pengaturan konten atau bagian isi dari template yang ingin Anda tampilkan pada PDF, yang terdiri dari beberapa komponen setting, seperti pada gambar berikut.
    10.png

    Informasi Mengenai Komponen Setting Konten.

    No. Fitur Penjelasan
    1.  
    Format tanggal Aktifkan toggle, jika Anda ingin menampilkan tanggal. Anda dapat memilih format penanggalan pada kolom tersebut.

    Format tanggal akan mengikuti bahasa yang digunakan pada akun Jurnal Anda. Sebagai contoh, bulan Mei pada Bahasa  Indonesia, dapat  diubah menjadi May untuk bahasa Bahasa Inggris.  

    1.  
    Ubah info Anda dapat rename kembali label field yang terdapat pada template.
    1.  
    Info transaksi Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi transaksi pada PDF.
    1.  
    Pelanggan Ref Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi Pelanggan Ref yang telah Anda input pada transaksi.
    1.  
    Multi Pemotongan Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan multi pemotongan yang telah Anda input pada transaksi.
    1.  
    Tag Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi tag yang telah Anda input pada transaksi.
    1.  
    Gudang Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi Gudang yang digunakan pada transaksi.
    1.  
    Tabel Anda dapat mengatur informasi transaksi yang ingin Anda tampilkan pada PDF dengan mencentang masing-masing kotak informasi yang tersedia.
    1.  
    Pesan dari memo Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan pesan dan memo pada PDF.
    1.  
    Terbilang Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan informasi terbilang dari nominal transaksi di PDF. Anda dapat memilih untuk menampilkan tulisan terbilang pada nilai total atau nilai sisa tagihan.
    1.  
    Tanda Tangan Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan tanda tangan pada PDF. 
    1.  
    Footer Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan footer pada semua dokumen PDF Anda.
    1.  
    Catatan Kaki Aktifkan tombol biru, jika Anda ingin menampilkan footnote pada bagian bawah PDF, Anda dapat menuliskan custom footnote pada kolom text yang tersedia di bawahnya.
  14. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan tampilan konten PDF, Anda dapat melihat pratinjau dari hasil settingan yang telah Anda lakukan sebelumnya dengan klik “Pratinjau” pada bagian kanan atas halaman.
    8.png

    Ketika Anda klik “Pratinjau”, hasil edit yang telah Anda lakukan berada dalam keadaan belum tersimpan. Fitur ini berfungsi untuk memudahkan Anda meninjau dokumen yang telah diedit sebelum klik “Simpan” pada dokumen Anda.

  15. Maka pratinjau hasil pengaturan konten PDF Anda akan terlihat seperti ini.
    23.png

    Anda dapat melihat kembali penjelasan dari setiap field di sini berdasarkan label nomor yang tertera.

  16. Jika ternyata Anda ingin mengembalikan pengaturan PDF kembali seperti sedia kala, maka Anda bisa klik “Reset” pada bagian kanan atas halaman.
    24.png

  17. Fitur ini juga menyediakan jenis template lain. Anda dapat memilih jenis template lain yang ingin Anda gunakan dan atur dengan cara seperti ini.
    12.png

    Perubahan ini akan diaplikasikan untuk setiap template dari Tipe dokumen yang dipilih. Sebagai contoh, jika Anda mengubah informasi pada Sales Order, maka hasil customize akan diaplikasikan pada template 1,6,7,10, dan 12 pada Sales Order.

  18. Maka jenis template lain yang telah Anda pilih akan muncul di bagian pratinjau seperti berikut.
    14.png

  19. Setelah Anda selesai melakukan pengaturan PDF sesuai dengan kebutuhan, Anda dapat menyimpan settingan Anda dengan klik “Simpan” pada bagian kanan atas halaman.
    15.png
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form