Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Konsinyasi Titip Jual

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Konsinyasi/titip jual (Consignment) adalah sebuah perjanjian di mana Anda sebagai pihak yang memiliki barang (consignor) menyerahkan sejumlah barang Anda kepada pihak tertentu (consignee) untuk dijual dengan memberikan komisi tertentu.

Untuk melakukan konsinyasi dengan Jurnal, di dalam Guide Book ini, Anda akan disarankan untuk menggunakan fitur multi-gudang. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk mengupgrade paket Anda ke Enterprise jika ingin menggunakan cara ini.

Berikut langkah-langkahnya.

1. Mencatat Konsinyasi

Untuk mencatat konsinyasi, sebagai contoh, Anda memiliki barang yang dititipkan untuk dijual pada Toko B sebanyak 20 buah dan Toko C sebanyak 5 buah.

Maka untuk pencatatannya, Anda dapat membuat gudang baru terlebih dahulu dengan nama Toko B dan Toko C. Untuk membuat gudang baru, lihat penjelasannya pada Guidebook - Pengaturan Gudang.

1__1_.png

  1. Setelah Anda memiliki daftar gudang tersebut, dari menu Produk, klk tombol "+Buat Baru" dan pilih "Transfer Gudang".
    2.png
  2. Isi form transfer gudang dengan pilih gudang yang akan mentransfer barang-barang untuk dititipkan pada toko-toko tertentu. Setiap produk yang ditambahkan pertama kali ke dalam daftar produk akan masuk ke dalam gudang Unassigned, artinya produk tersebut belum ditempatkan/dipisahkan per gudang/toko.
  3. Pilih ke toko/gudang mana produk akan ditransfer.
  4. Pilih tanggal Anda menempatkan produk pada toko/gudang tertentu.
  5. Berikan pesan tambahan mengenai catatan transfer gudang Anda pada field Memo.
  6. Pilih produk yang akan dipindahkan dari gudang Anda. Anda dapat memilih lebih dari 1 produk
  7. Isikan kuantitas produk yang akan ditransfer.
  8. Klik Buat Warehouse Transfer” untuk menyimpan data transfer gudang Anda.
    3.png
    Note: Lakukan hal yang sama untuk mentransfer produk ke toko C.
  9. Anda akan melihat hasil transfer gudang seperti gambar di bawah ini.

4.png

  • Untuk melihat laporan konsinyasi yang telah Anda buat, ikuti langkah-langkah berikut.
  1. Klik menu "Laporan".
  2. Klik tab "Produk".
  3. Klik "Pergerakan Barang Gudang".
  4. Anda akan melihat ringkasan laporan sebagai berikut.
    5.pngNotes:
    - Untuk melihat pergerakan barang secara lebih detil, klik "Filter Lebih Lanjut" dan centang "Show Detail".
    - Untuk retur pengembalian barang titipan, Anda dapat menggunakan Transfer Gudang dari gudang(toko) tertentu, ke gudang pusat Anda dengan mengikuti cara di atas.

 

2. Membuat Faktur Penjualan dari Konsinyasi

Jika produk yang Anda titipkan pada toko-toko tersebut sudah terjual, Anda dapat membuat faktur/invoice penjualan sesuai dengan jumlah produk yang terjual pada toko tertentu. Sebagai contoh, toko B berhasil menjual produk Anda sebanyak 10 buah, maka faktur yang Anda buat akan terlihat seperti berikut.
6.png

Untuk mengisi form tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih nama pelanggan/consignee yang menjual barang Anda.
  2. Pilih tanggal transaksi penjualan barang Anda oleh consignee.
  3. Pilih gudang/toko yang akan dibuatkan tagihan.
  4. Pilih produk yang terjual dari gudang/toko tersebut.
  5. Masukkan jumlah tagihan pada field uang muka jika toko tersebut sudah melunasi tagihan Anda. Jika belum, kosongkan.
  6. Klik “Buat ” untuk membuat faktur/invoice.
    Note: Untuk penjelasan detil mengenai setiap field, Anda dapat melihatnya di Buat Penjualan.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form