Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Akun Baru Manual

Article author
Mekari Help Center
  • Diperbarui

Pada Jurnal, Anda dapat membuat akun baru dengan cara manual dan import. Saat membuat akun baru di Jurnal, Anda perlu memilih kategori akun terlebih dahulu sebelum mengisikan nomor akun, karena kategori menentukan nomor akun yang terbentuk dan untuk membuat akun baru dengan semua kategori. Anda dapat menemukannya pada Menu Daftar Akun. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke menu Daftar Akun.
  2. Kemudian, klik “+Buat Akun Baru”. Anda akan melihat gambar berikut.
    1.png
  3. Masukkan nama akun baru (wajib).
  4. Nomor akun akan diberikan secara otomatis oleh sistem.
  5. Masukkan keterangan tambahan pada kolom Deskripsi (opsional).
  6. Pilih Kategori Akun yang akan ditambahkan (wajib). Kategori yang muncul ada 17. Lihat detilnya di sini.
  7. Pada field Details, Anda dapat menentukan apakah akun tersebut akan berdiri sendiri dengan pilihan ‘None’, atau menjadi sub akun dari akun lain (child account), atau akun header dari akun lain (kepala akun atau parent account).
    2.png
    Note: Baca penjelasan mengenai Akun Multi Level.
  8. Pada field Pajak, pilih pajak utama (default) yang akan digunakan untuk akun tersebut. Efek pemilihan pajak ini adalah, ketika Anda ingin membuat transaksi apa saja yang menggunakan akun ini, maka otomatis transaksi dengan akun ini akan dikenakan pajak yang terpilih. Pajak tersebut bisa bersifat sebagai pemotong atau penambah transaksi dengan mengaturnya pada Daftar Lainnya > Pajak.
  9. Jika sudah selesai mengisi, Anda akan melihat 2 tombol fungsi di bawah form. Klik “Batal” untuk membatalkan penambahan akun baru. Untuk menambah daftar produk, klik “Buat Akun”.
    3.png
    Notes: Tombol ini memiliki 2 pilihan yang berbeda jika Anda mengklik tanda panah atas di samping tombol ini. Jika Anda memilih “Buat Akun”, maka setelah data akun baru tersimpan, Anda akan langsung diarahkan ke halaman utama menu Daftar Akun. Jika Anda memilih “Buat & Baru”, Anda akan diarahkan kembali ke halaman tambah Akun baru setelah penambahan akun baru yang Anda buat sebelumnya tersimpan.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form