Mencari sesuatu?

Istilah dan Bahasa

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Sebelum mulai menggunakan Jurnal, ada dua hal yang perlu Anda ketahui tentang software akuntansi ini. Kedua hal yang harus Anda ketahui tersebut adalah istilah dan bahasa. Di dalam panduan ini, akan dijelaskan secara ringkas tentang istilah dan bahasa di Jurnal.

 

1. Istilah

Bagi pengguna baru software akuntansi, mungkin ada beberapa istilah yang masih asing bagi Anda. Berikut adalah istilah - istilah yang ada di Jurnal dan penjelasannya:

 
No. Istilah Penjelasan
1.

Akun Gembok

Untuk akun yang bertanda 1.png, Anda tidak dapat menghapusnya karena akun tersebut telah digunakan untuk mencatat transaksi. Namun, jika Anda menghapus transaksi yang menggunakan akun tersebut, maka akun tersebut dapat Anda hapus secara permanen dari sistem. Akun ini hanya dapat diubah nama, kode akun, dan saldo awalnya.
2.

Akun Gembok +

Akun yang bertanda 2.png adalah akun default yang digunakan sistem untuk pemetaan akun misalnya pemetaan pada akun penjualan, pembelian, inventori dan lainnya. Akun-akun bertanda ini tidak dapat dihapus meskipun tidak ada transaksi yang tercatat di dalamnya. Akun ini hanya dapat diubah nama, kode akun, dan saldo awalnya.
3.

Akun Header

Akun yang berperan sebagai akun induk yang mengepalai sub-sub akun.
4.

Aset Aktif

Jika Anda pengguna Pro/Enterprise, Anda akan melihat tab ini pada menu Pengaturan Aset. Pada tab ini ditampilkan aset yang sudah dijual.
5.

Aset Dijual

Jika Anda pengguna Pro/Enterprise, Anda akan melihat tab ini pada menu Pengaturan Aset. Pada tab ini ditampilkan aset yang sudah dijual.

6.

Aset Penyusutan

Jika Anda pengguna Pro/Enterprise, Anda akan melihat tab ini pada menu Pengaturan Aset. Pada tab ini akan ditampilkan penyusutan untuk masing-masing aset setiap akhir bulan (lebih tepatnya pukul 00:00 GMT+7). Penyusutan ini akan masuk ke dalam pembukuan dan mengurangi nilai aset jika sudah di klik “Terapkan”. Jika penyusutan untuk periode sebelumnya belum diterapkan, maka nilai penyusutan di bulan berjalan akan digabung dengan nilai penyusutan periode sebelumnya.
7.

Aset Tertunda

Jika Anda pengguna Pro/Enterprise, Anda akan melihat tab ini pada menu Pengaturan Aset. Pada tab ini akan ditampilkan aset yang sudah tercatat dari menu Pembelian namun belum disimpan asetnya.
8.

Auto-Depresiasi

Penyusutan aset terakumulasi dan terjadwal secara otomatis oleh sistem di akhir bulan. Postingan jurnal penyusutan akan dimunculkan pada awal bulan jam 00:00, GMT+7.
9.

Bayaran Dikirim 30 Hari Terakhir

Anda akan melihat informasi ini di menu Supplier. Informasi tersebut menampilkan jumlah hutang yang sudah dilunasi (sebagian atau seluruhnya) dalam kurun waktu 30 hari terakhir sampai tanggal hari ini.
10.

Belum Dibayar (Penjualan/Pembelian)

Pada menu Dasbor, informasi ini menunjukkan jumlah dari penjualan/pembelian (piutang/hutang) yang masih belum dibayar (outstanding) di periode yang difilter. Yang termasuk disini hanya data dari Faktur Penjualan/Pembelian (sales/purchase invoice) saja.
11.

Biaya Belum Dibayar

Anda akan melihat informasi ini di menu Biaya dan informasi tersebut menampilkan jumlah biaya yang masih belum dibayar (outstanding) untuk semua jangka waktu.
12.

Biaya 30-Hari Terakhir

Anda akan melihat informasi ini di menu Biaya dan informasi tersebut menampilkan jumlah biaya yang keluar selama 30 hari terakhir sampai tanggal hari ini.
13.

Biaya Operasional

Anda akan melihat informasi ini di menu Dasbor. Informasi ini menunjukkan 5 biaya operasional terbesar pada periode yang difilter. Akun biaya yang muncul di sini adalah akun dengan kategori beban dan beban lainnya. Anda dapat melihat kategori ini di menu Daftar Akun.
14.

Cashlink

Ini adalah fitur Jurnal yang digunakan untuk melakukan rekonsiliasi otomatis. Baca lebih lengkap di sini.
15.

Direct Feeds

Ini adalah berupa mutasi rekening yang masuk secara otomatis ke daftar akun Kas/Bank Anda dengan catatan, Anda telah mengaktifkan fitur cashlink terlebih dahulu. Mutasi rekening otomatis akan memudahkan Anda dalam merekonsiliasi transaksi.
16.

Expand Quantity

Jika Anda pengguna Enterprise, Anda akan melihat tulisan ini di menu Produk. Klik untuk menampilkan stok di masing-masing gudang Anda.
17.

Harga Avg Awal

Harga pembelian rata-rata untuk stok awal produk.
18.

Hutang Belum Dibayar

Anda akan melihat informasi ini di menu Supplier. Informasi tersebut menampilkan jumlah hutang baik dari transaksi pembelian atau biaya yang belum dibayar (outstanding) di semua jangka waktu.
19.

Hutang Jatuh Tempo

Anda akan melihat informasi ini di menu Supplier. Informasi tersebut menampilkan jumlah pembelian (hutang) yang sudah jatuh tempo di semua jangka waktu.
20.

Jatuh Tempo (Pembelian/Penjualan)

Pada menu Dasbor, informasi ini menunjukkan jumlah dari penjualan (piutang) yang sudah masuk ke batas akhir pembayaran sesuai dengan periode yang difilter.Yang termasuk disini hanya data dari Faktur Penjualan (sales invoice) saja.
21.

Keuntungan Usaha

Anda akan melihat informasi pada menu Dasbor. Informasi ini menunjukkan laba bersih pada periode yang difilter. Laba bersih ini diperoleh dari: (Pendapatan - HPP - Beban Operasional + Pendapatan Lain2 - Beban lainnya).
Diagram batang income (warna hijau) menunjukkan angka pada pendapatan dan pendapatan lain-lain, sedangkan diagram batang expense (warna merah) dari kategori COGS, Beban, Beban Lainnya. Angka laba bersih dapat diklik untuk melihat detil laporan laba rugi berdasarkan periode yang difilter.
22.

Konsinyasi (Consignment)

Konsinyasi adalah sebuah perjanjian di mana Anda sebagai pihak yang memiliki barang (consignor) menyerahkan sejumlah barang Anda kepada pihak tertentu (consignee) untuk dijual dengan memberikan komisi tertentu.
23.

Kredit Memo (Credit Memo)

Kredit/dana yang tersimpan. Ada 2 jenis kredit memo di Jurnal:
Kredit Memo Pelanggan: dana pelanggan yang dipegang oleh Anda, dapat digunakan untuk membayar tagihan lain atau dapat di refund;
Kredit Memo Supplier: dana Anda yang dipegang oleh supplier Anda, yang dapat Anda gunakan untuk membayar tagihan lain atau di refund.
24.

Multi Mata Uang (Multi-currency)

Fitur ini dapat membantu anda untuk memiliki transaksi lebih dari satu macam mata uang. Pertama-tama anda bisa mengatur mata uang dasar, lalu tambah mata uang asing, dan buat transaksi dalam mata uang berbeda. Fitur ini hanya tersedia bagi pengguna Enterprise.
25.

Overpayment

Pembayaran yang melebihi jumlah tagihan pada faktur.
26.

Pemasukan 30 Hari Mendatang

Anda akan melihat informasi ini di menu Kas & Bank. Informasi ini menunjukkan angka penjualan (piutang) yang belum terbayar dan sudah masuk ke periode jatuh tempo dari hari ini hingga 30 hari mendatang.
27.

Pengeluaran 30 Hari Mendatang

Anda akan melihat informasi ini di menu Kas & bank. Informasi ini menunjukkan angka pembelian (hutang) yang belum terbayar dan sudah masuk ke periode jatuh tempo dari hari ini hingga 30 hari mendatang.
28.

Pemetaan Akun (Account Mapping)

Pemilihan akun secara default untuk mencatat pembukuan dari transaksi Anda. Contoh: untuk transaksi Penjualan, pencatatan pendapatan akan masuk ke akun (4-4000) Penjualan, namun Anda dapat mengubah settingan akun tersebut per produk.
29.

Pembelian Jatuh Tempo

Pada menu Pembelian, informasi ini menampilkan pembelian yang sudah lewat batas akhir pembayaran untuk semua jangka waktu.
30.

Penjualan/Pembelian Belum Dibayar

Pada menu Penjualan informasi ini menampilkan penjualan yang belum dibayar (outstanding) untuk semua jangka waktu.
Pada menu Pelanggan, menampilkan jumlah penjualan (piutang) pelanggan yang belum dibayar (outstanding) di semua jangka waktu.
31.

Penjualan Jatuh Tempo

Pada menu Penjualan, informasi ini menampilkan penjualan yang sudah lewat batas akhir pembayaran untuk semua jangka waktu.
Pada menu Pelanggan, informasi ini menampilkan jumlah penjualan (piutang) pelanggan yang sudah jatuh tempo di semua jangka waktu.
32.

Pelunasan Dibayar

Pada menu Dasbor, informasi ini menunjukkan jumlah dari pembelian (hutang) yang sudah dibayar baik itu dibayar sebagian atau seluruhnya pada periode yang difilter. Yang termasuk disini hanya data dari Faktur Pembelian (purchase invoice) saja.
33.

Pelunasan Dibayar 30 Hari Terakhir

Pada menu Pembelian, informasi ini menampilkan pembelian yang sudah dilunasi (sebagian atau seluruhnya) dari 30 hari terakhir sampai tanggal hari ini (today’s date).
34.

Pelunasan Diterima

Pada menu Dasbor, informasi ini menunjukkan jumlah dari penjualan (piutang) yang sudah dibayar baik itu dibayar sebagian atau seluruhnya pada periode yang difilter. Yang termasuk disini hanya data dari Faktur Penjualan/Pembelian (sales/purchase invoice) saja.
35.

Pelunasan Diterima 30 Hari Terakhir

Anda akan melihat informasi ini di menu Penjualan. Informasi tersebut menampilkan jumlah pembayaran yang sudah diterima dari penjualan (piutang) dalam kurun waktu 30 hari terakhir sampai tanggal hari ini.
36.

Prive

Prive adalah pengambilan dana oleh pemilik (owner) perusahaan perorangan untuk keperluan pribadi yang akan mengurangi modal.
37.

Reskonsiliasi Bank

Penyamaan catatan keuangan perusahaan di Jurnal dengan catatan rekening koran.
38.

Saldo Awal (Opening Balance)

Saldo awal pada akun tersebut pada tanggal tertentu, biasanya pada tanggal migrasi atau awal pembukuan.
39.

Saldo Awal Pelanggan

Saldo piutang awal pelanggan.
40.

Saldo Awal Supplier

Saldo hutang awal supplier.
41.

Saldo Kas

Anda akan melihat informasi ini di menu Kas & Bank. Informasi ini menampilkan jumlah dari saldo semua akun kas & bank per hari ini.
42.

Saldo Kartu Kredit

Anda akan melihat informasi ini di menu Kas & Bank. Informasi ini  menampilkan jumlah dari saldo akun kas & bank dengan kategori akun kartu kredit per hari ini.
43.

Stok Saat Ini

Anda akan melihat informasi ini ketika membuka detil produk dan informasi ini menampilkan jumlah stok produk Anda sampai dengan tanggal hari ini. Misalkan tanggal kuantitas awal Anda adalah 20/12/2016 dengan jumlah produk 20. Kemudian, Anda memiliki faktur penjualan di tanggal 01/01/2017, maka informasi stok saat ini adalah 20 produk, artinya stok Anda tidak berkurang.
44.

Tagihan

Jumlah yang harus dibayar dari transaksi.
45.

Tag

Fitur yang memungkinkan Anda untuk mengelompokkan/ group data transaksi per proyek.
46.

Tampilkan Produk Arsip

Pada menu produk, centang Tampilkan Produk Arsip untuk menampilkan produk-produk yang diarsip.
47.

Total Biaya Bulan Ini

Anda akan melihat informasi ini di menu Biaya dan informasi tersebut menampilkan jumlah keseluruhan biaya yang dikeluarkan pada bulan berjalan.
48.

Unassigned

Pada multi gudang, ini adalah nama gudang central/dasar sebelum barang-barang terdaftar Anda dipindahkan pada gudang-gudang baru yang Anda buat.

 

2. Bahasa

Anda dapat mengubah bahasa sesuai dengan apa yang Anda diinginkan. Untuk saat ini, aplikasi Jurnal dilengkapi dengan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Apabila Anda ingin mengubah bahasa, scroll ke bawah bagian Dashbor. Maka, Anda akan menemukan tulisan bahasa yang sedang Anda gunakan. Klik bahasa tersebut untuk menggantinya.

11.jpg

Mulai gunakan Jurnal dengan Login ke Jurnal.

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan