Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Melakukan Settings Aturan Tagging

Article author
Learning
  • Diperbarui

Tagging Rules (Aturan Tagging) adalah fitur yang digunakan untuk membuat aturan tag otomatis pada transaksi penjualan. Tipe tag otomatis yang dapat dimunculkan pada transaksi meliputi email, nama dari masing-masing pengguna atau custom. Fitur ini tersedia pada paket Enterprise dan Enterprise+, dengan mengaktifkan tampilan terbaru Menu Penjualan. Selanjutnya, di dalam panduan ini akan diuraikan tahap-tahap pengaturan tagging.

PENTING!
Pengguna yang dapat mengakses pengaturan approval yaitu:
- Owner (Pemilik).
- Ultimate + List Manager.
- Admin + List Manager.

Berikut adalah langkah membuat aturan tagging baru.1. Membuat Aturan Tagging

1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”.

1.png

2. Anda akan dibawa pada halaman berikut.

2.png

3. Klik tombol “Buat aturan tagging”.

3.png

4. Pilih Tipe transaksi yang ingin digunakan pada aturan ini.

4.png

5. Lalu pilih Tipe tagging yang ingin dimunculkan pada transaksi.

5.png
Note: Terdapat 3 tipe transaksi yang Anda pilih, yaitu Penagihan Penjualan, Pemesanan Penjualan, & Penawaran Penjualan.

6. Lalu pilih Tipe tagging yang ingin dimunculkan pada transaksi.

6.png

Terdapat 3 tipe tagging yang dapat digunakan pada pengaturan tagging Anda.

  • Jika memilih Email masing-masing pengguna, maka tag yang muncul pada transaksi berdasarkan email user yang menginput transaksi tersebut pada jurnal.
  • Jika memilih Nama masing-masing pengguna, maka tag yang muncul pada transaksi berdasarkan nama user yang menginput transaksi tersebut pada jurnal.
  • Jika memlillih Custom, maka tag yang muncul dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tag yang ingin di custom belum terdapat pada daftar, maka Anda bisa menambahkan tag baru dengan cara klik “Klik & enter untuk membuat tag”.

7. Selanjutnya pilih Pengguna yang membuat transaksi, sehingga aturan tagging ini akan aktif jika transaksi dibuat oleh pengguna tersebut.

7.png

Note: Pastikan pengguna yang dipilih telah diundang untuk mengakses perusahaan.

Jika ingin menggabungkan beberapa aturan tipe tagging pada pengguna yang sama, maka Anda bisa membuat lebih dari satu aturan dengan menyamakan nama pengguna yang dipilih, contohnya:
- Aturan A =
Tipe Tagging: Email masing-masing pengguna
Pengguna yang membuat transaksi: Budi dan Tina

- Aturan B =
Tipe Tagging: Custom (Projek XYZ)
Pengguna yang membuat transaksi: Budi dan Tina

Maka saat Budi membuat transaksi akan terbentuk tagging Budi@gmail.com, Projek XYZ, atau jika Tina membuat transaksi akan menjadi Tina@gmail.com, Projek XYZ.

8. Klik Buat Aturan untuk menyimpannya.

8.png

9. Maka aturan yang berhasil dibuat akan muncul pada daftar Aturan Tagging, seperti berikut.9.png

10. Saat pengguna yang dipilih pada aturan ini membuat transaksi, maka tag akan otomatis muncul seperti berikut.

10.png

Note: Kosongkan kolom tag saat menginput transaksi, karena tag akan muncul secaral otomatis.

2. Merubah Aturan Tagging

Berikut langkah-langkah mengubah Aturan Tagging.

1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”.

2. Klik “Tindakan” lalu pilih Ubah aturan.

11.png

3. Pada aturan tagging yang pernah dibuat, Anda dapat mengubah informasi pada Nama aturanTipe TransaksiCustom Tag, dan Pengguna yang membuat transaksi. Namun Anda tidak dapat mengubah Tipe tagging yang sudah dipilih.

12.png

4. Jika sudah, maka klik “Simpan Perubahan”.

13.png

Note: Perubahan aturan tidak akan berpengaruh pada transaksi yang pernah dibuat sebelumnyaPerubahan akan berlaku pada transaksi berikutnya.

3. Menghapus Aturan Tagging

Berikut langkah-langkah menghapus Aturan Tagging.

1. Masuk ke dalam Menu Setting, lalu klik tab “Aturan Tagging”.

2. Klik “Tindakan”, pilih Hapus aturan.

14.png

3. Lalu klik “Ya, Hapus”.

15.png

4. Maka aturan akan terhapus dari daftar Aturan Tagging.

16.png

Note: Penghapusan aturan tagging tidak akan berpengaruh pada tag transaksi yang pernah dibuat sebelumnyaPerubahan akan berlaku pada transaksi berikutnya.

Demikian cara melakukan pengaturan aturan tagging.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form