Setelah Anda memilih koneksi Raptor, Anda akan diarahkan untuk memilih channel (tempat dimana Anda menyimpan data transaksi).
Di sini, terdapat dua pilihan channel, yaitu Google Drive, dan FTP (File Transfer Protocol).
Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan terkait file CSV yang akan diimpor.
1. Produk harus dibuat terlebih dahulu pada Jurnal dengan nama dan kode yang sama dengan yang tertera di file CSV (data bersifat case sensitive).
2. Payment method harus dibuat terlebih dahulu pada Jurnal dengan nama yang sama pada file CSV (data bersifat case sensitive). Apabila metode tidak terdapat pada Jurnal, maka akan dibuatkan otomatis dengan akun pembayaran yang diarahkan ke akun Kas
3. Pajak dan Biaya Tambahan, seperti Surcharge, PB1, Service Charge, Local Tax, Tips dan lainnya harus dibuat sebagai produk di Jurnal dengan mengarahkan akun penjualan sesuai keperluan.
4. Bagi Anda pengguna Raptor, terdapat 3 file CSV yang akan Anda miliki, dengan format penamaan sebagai berikut.
- Detail Daftar Barang yang Dijual
Nama file :DDMMYYYYSalesMaster
- Detail Pembayaran yang Diterima
Nama file : DDMMYYYYReceiptDetail
- Data Tipe Pembayaran
Nama file : DDMMYYYYPayment
*Lihat contoh file CSV disini
Google Drive
Apabila Anda memilih Channel Google Drive, ikuti langkah berikut untuk melakukan pengaturan.
Penting
Apabila Anda memilih Channel Google Drive pada aplikasi Jurnal Channel, Anda dapat menginstall Google Drive Backup and Sync terlebih dahulu untuk mengotomatisasikan penarikan dokumen dari penyimpanan komputer/laptop Anda ke penyimpanan cloud Google Drive. Klik pada link berikut untuk mempelajari lebih lanjut.
- Pilih akun Gmail yang digunakan untuk login Google Drive.
- Klik "Buka Google Picker".
- Pilih folder penyimpanan file transaksi Anda yang akan disinkronisasikan dan klik tombol "Select".
- Klik tombol "Lanjutkan" untuk masuk ke tahap berikutnya atau klik "Ganti Folder Terpilih" untuk mengganti folder yang akan disinkronisasikan.
- Selanjutnya, Anda akan dibawa ke layar Pengaturan Koneksi seperti gambar berikut. Lakukan pengaturan untuk konfigurasi, sinkronisasi otomatis, serta metode pembayaran.
Anda juga dapat menampilkan tutorial untuk membantu pengaturan koneksi Anda.
Configuration
- Username: berisi alamat email yang Anda gunakan untuk login Google Drive.
- Nama Folder: berisi Nama Folder pada Google Drive yang disinkronisasikan ke Jurnal.
- Pelanggan, Gudang dan Tag: informasi ini akan secara otomatis dibuat berdasarkan informasi pada kolom "olname" dalam file CSV Anda.
Informasi olname yang terdapat pada CSV Anda akan digunakan untuk mengisi informasi Pelanggan, Gudang dan Tag untuk setiap transaksi di Jurnal.
Sinkronisasi Otomatis Harian
Anda dapat mengaktifkan Daily Sync sehingga transaksi Anda akan disinkronisasikan setiap hari pada pukul 23.00 secara otomatis. Anda juga dapat menentukan waktu sinkronisasi otomatis berdasarkan preferensi Anda dengan klik pada "Set waktu sinkronisasi".
Metode Pembayaran
Anda dapat mengubah informasi Metode Pembayaran dengan klik ikon "pensil" dan menambahkan metode pembayaran dengan klik link "+ Tambah Metode Pembayaran". Isikan informasi yang dibutuhkan sebagai berikut:
- Nama pembayaran ini harus sama dengan yang tertera pada file CSV Anda.
- Apabila nama tidak terdapat pada Jurnal, maka akan dibuatkan otomatis dengan akun pembayaran yang diarahkan ke akun Kas.-
- Nama Pembayaran: nama pembayaran yang tersedia berdasarkan daftar cara pembayaran yang telah dibuat di Daftar Lainnya > Cara Pembayaran.
- Akun Pembayaran: Pilih akun yang akan mencatat pembayaran atas faktur penjualan. Akun yang dapat dipilih adalah akun dengan kategori kas dan bank.
- Biaya Pembayaran: Pada kolom Biaya Pembayaran, Anda bisa mengisikan potongan pembayaran dalam bentuk.
- Biaya Pembayaran - Persen: bentuk biaya dalam persentase, atau
- Biaya Pembayaran - Nominal: bentuk biaya dalam nominal.
- Biaya Pembayaran - Akun: pilih akun untuk mencatat biaya pembayaran.
- Tag Pembayaran: pilih tag yang akan digunakan pada transaksi pembayaran dan berfungsi untuk mengelompokkan transaksi.
- Klik tombol "Simpan" untuk menyimpan Pengaturan Koneksi dan akan terlihat seperti gambar berikut.
- Daftar transaksi yang sudah tersinkronisasi dapat Anda lihat dengan klik folder koneksi yang sudah tersimpan sebelumnya.
- Anda juga dapat melakukan filter berdasarkan Periode, Tag, Gudang ataupun Status sinkronisasi, untuk mempermudah pencarian.
- Selanjutnya, akan muncul daftar transaksi seperti berikut. Anda dapat melihat rincian daftar transaksi dengan klik ikon "mata" pada kolom View Log di sebelah kanan baris.
Contoh file CSV dari Channel Raptor
- Sales Master
File ini berisi informasi transaksi penjualan.
Keterangan
- Number: Merupakan nomor transaksi dari Raptor yang juga akan dijadikan nomor transaksi di Jurnal.
- TransDate: Merupakan tanggal transaksi dari Raptor yang juga akan dijadikan tanggal transaksi di Jurnal.
- SubTotal: Sub total transaksi yang diambil dari transaksi pada Raptor.
- Disc: Diskon transaksi yang diambil dari transaksi pada Raptor.
- Surcharge: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Pb1: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Service_Charge: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Local_Tax: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Tips: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Round: Informasi ini harus dibuat sebagai produk baru pada Jurnal.
- Total: Total transaksi yang diambil dari transaksi pada Raptor.
- OlNumber: Informasi pada kolom ini akan digunakan untuk menjadi imbuhan akhiran (suffix) dari nomor invoice yang terbentuk di Jurnal.
- Customer: Informasi ini akan menjadi informasi Customer pada Jurnal, dan mengambil informasi dari nama Customer di Raptor.
- Tags: Informasi ini akan menjadi informasi tag pada transaksi Jurnal, dan mengambil informasi dari nama Tag di Raptor.
- Warehouse: Informasi ini akan menjadi informasi Gudang pada transaksi Jurnal, dan mengambil informasi dari nama Gudang di Raptor.
- Price_Include: YES menandakan bahwa nominal transaksi sudah termasuk pajak, sedangkan NO menandakan bahwa nominal transaksi belum termasuk pajak.
- Message: Akan mengisi kolom Pesan pada transaksi Jurnal.
- Memo: Akan mengisi kolom Memo pada transaksi Jurnal.
- Receipt Detail
File CSV ini berisi detil informasi untuk produk pada transaksi penjualan.
Keterangan
- Number: Merupakan nomor transaksi dari Raptor yang juga akan dijadikan nomor transaksi di Jurnal. Nomor ini sama dengan nomor pada file CSV Sales Master.
Apabila dalam satu transaksi terdapat lebih dari satu produk yang dijual, maka akan terbentuk baris baru dengan nomor transaksi yang sama, namun informasi produk yang berbeda.
- ItemNo: Nomor produk pada Raptor harus sama dengan nomor produk pada Jurnal.
- ItemName: Nama produk pada Raptor harus sama dengan nomor produk pada Jurnal.
- ItemDesc: Informasi di kolom ini, akan mengisi informasi deskripsi produk pada transaksi penjualan di Jurnal.
- Qty: Berisi informasi kuantitas produk yang dijual.
- Price: Berisi informasi harga produk yang dijual.
- Subtotal: Berisi informasi subtotal transaksi.
- Number: Merupakan nomor transaksi dari Raptor yang juga akan dijadikan nomor transaksi di Jurnal. Nomor ini sama dengan nomor pada file CSV Sales Master.
- Payment
File CSV ini berisi informasi transaksi pembayaran penjualan yang terdapat pada Raptor.
Keterangan
- Number: Merupakan nomor transaksi dari Raptor yang juga akan dijadikan nomor transaksi di Jurnal. Nomor ini sama dengan nomor pada file CSV Sales Master dan Receipt Detail.
- TransDate: Tanggal transaksi.
- PayName: Metode pembayaran, informasi ini harus sama dengan metode pembayaran yang ada di Jurnal.
- PayTotal: Total pembayaran.
- Tags: Tag yang akan dimunculkan pada transaksi pembayaran.
- Memo: Memo yang akan dimunculkan pada transaksi pembayaran.
Demikian cara sinkronisasi POS Raptor. Temukan add-ons dan produk rekomendasi untukmu, di sini.