Mencari sesuatu?

Bagaimana Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Otomatis

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Rekonsiliasi bank secara otomatis dengan cara Jurnal, dapat dilakukan dengan mencocokkan data rekening koran dan transaksi di Jurnal pada halaman yang sama (tidak perlu mencetak rekening koran lagi).

Data rekening koran dapat dimasukkan ke Jurnal melalui fitur impor bank statement dan melalui direct feeds (penarikan data otomatis dengan menghubungkan bank dengan akun Jurnal Anda).Untuk penarikan data rekening koran secara otomatis (Direct Feeds), Anda perlu mengajukan aktivasi fitur ini terlebih dahulu. Lihat caranya di sini.

Merekonsiliasi Rekening Koran dan Transaksi di Jurnal.

Jika data rekening koran Anda telah masuk ke Jurnal, maka Anda dapat langsung melakukan rekonsiliasi dengan transaksi di Jurnal. Ikuti cara berikut ini.

1. Klik menu "Kas & Bank".

1.png

2. Klik nama bank yang akan direkonsiliasi, misalkan "Bank BCA".

2.png

3. Pilih tab "Rekonsiliasi".

3.png

4. Anda akan melihat transaksi rekening koran Anda di kiri, dan transaksi Jurnal di kanan.
Jika ada transaksi yang sesuai, maka sistem akan melakukan pencocokan otomatis dan Anda bisa langsung mengklik "Cocokkan". Pencocokan ini dilihat dari tanggal, deskripsi dan nominal transaksi Anda. Jika terdapat selisih angka pada mutasi, lihat cara rekonsiliasinya di bawah.

4.png

5. Ketika tidak ada transaksi yang cocok, Anda dapat klik “Cari & Cocokkan” untuk mencari transaksi yang cocok dengan rekening koran Anda.

5.png

6. Setelah itu, Anda dapat membuat transaksi baru yang sesuai dengan jenis transaksi di rekening koran. Klik tombol “Transaksi Baru” dan pilih “Terima”.

6.png

7. Pilih dari akun mana Anda mencatat penerimaan ini. Isikan deskripsi jika perlu dan isi jumlah penerimaan sama dengan jumlah transaksi di rekening koran. Klik “Simpan”.

7.png

8. Setelah itu, transaksi tersebut akan muncul pada halaman pencocokkan rekening koran. Jika sudah benar, klik “Save And Reconcile”.

8.png

9. Ketika rekonsiliasi berhasil, status transaksi tersebut akan berubah menjadi Terekonsiliasi di tab Transaksi Jurnal.

9.png

Note: Rekonsiliasi dengan selisih angka/jumlah pada mutasi.

 

Jika nominal pembayaran di mutasi rekening Anda LEBIH BESAR dari nominal pada faktur/pemesanan penjualan/pembelian.

Contoh
Faktur Penjualan Rp 29.000.000

Pembayaran Rp 29.260.000

Kelebihan Rp 260.000

 

Maka mulai langkah nomor 4, Anda bisa.

1. Klik tombol "Cocokkan".

11.png

2. Pilih akun yang menampung selisih Rp 260.000 tersebut dan klik "Lanjutkan".

12.png
Note: rekonsiliasi untuk nominal berbeda bisa dilakukan jika selisih yang terjadi adalah maksimal 5%.

3. Setelah itu, selisih pada transaksi tersebut akan terbuat menjadi transaksi Bank Deposit. Jurnal yang terbentuk di transaksi tersebut adalah seperti berikut.

13.png

4. Dan jurnal untuk pelunasan piutang yang terbentuk adalah seperti berikut.

14.png

 

Jika nominal pembayaran di mutasi rekening bank Anda LEBIH KECIL dari nominal pada faktur/pemesanan penjualan/pembelian,

Contoh

Faktur Penjualan Rp 29.500.000
Pembayaran Rp 29.260.000
Kekurangan Rp 240.000

 

Maka mulai langkah nomor 4, Anda bisa.

1. Klik tombol "Cocokkan".

21.png

2. Pilih akun yang menampung selisih -Rp 240.000 tersebut. Selisih ini akan tercatat sebagai pemotongan (withholding) dalam transaksi pembayaran faktur penjualan tersebut. Klik "Lanjutkan".

22.png

3. Setelah itu, selisih pada transaksi tersebut akan tergabung ke dalam transaksi penerimaan uang (receive payment). Jurnal yang terbentuk di transaksi tersebut adalah seperti berikut.

23.png
Note: Jika Anda ingin mutasi bank Anda tercatat secara otomatis di Jurnal, Anda dapat membuat aturan rekonsiliasi terlebih dahulu.

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan