Prepaid expense adalah biaya-biaya yang belum merupakan kewajiban perusahaan untuk dibayar pada periode tertentu namun perusahaan sudah membayarkannya terlebih dahulu.
Pada bagian ini, Anda akan melihat cara mencatat prepaid expense di Jurnal dan amortisasi setiap bulannya. Berikut langkah-langkahnya.
Step 1. Membuat Akun Prepaid Expense
1. Klik menu "Daftar Akun".
2. Klik tombol "+Buat Akun Baru".
3. Isikan nama akun 'Prepaid Expense'.
4. Pilih kategori Aktiva Lainnya.
5. Klik "Buat Akun".
Step 2. Mentransfer Saldo Akun Kas ke Akun Prepaid Expense
1. Klik menu "Kas & Bank".
2. Klik "+Buat Transaksi" lalu pilih "Kirim Uang".
3. Pilih akun 'Kas'.
4. Pilih tanggal transaksi, misalkan 10 Januari 2017.
5. Pilih pembayaran untuk akun 'Prepaid Expense' dan isikan nominalnya, misal Rp 12.000.000.
6. Klik "Buat Pengiriman".
Step 3. Mencatat Pembayaran Biaya Menggunakan Akun Prepaid Expense
1. Klik menu "Biaya".
2. Klik "Buat Biaya Baru".
3. Pilih bayar dari akun 'Prepaid Expense'.
4. Pilih tanggal transaksi, misalkan 10 Januari 2017.
5. Pilih akun biaya, misalkan 'Sewa Tempat'.
6. Isi deskripsinya jika perlu, misal 'Sewa kios 1 tahun'.
7. Isikan nominal biaya yang akan diamortisasi setiap bulannya. Misalkan amortisasinya adalah 12 bulan. Maka Anda dapat mengisikan Rp 1.000.000 untuk nominal biaya yang tercatat setiap bulannya.
8. Klik "Buat Biaya Baru".
Step 4. Amortisasi Biaya yang Tercatat
1. Pastikan Anda sudah mengikuti step 3.
2. Scroll ke bawah halaman biaya, dan klik "Tindakan", lalu klik "Atur Transaksi Berulang".
3. Isikan informasi transaksi berulang.
- Nama: Amortisasi Biaya Sewa Kios.
- Diulang: 1 kali sebulan.
- Berakhir setelah kali ke: 11.
- Tanggal mulai transaksi diulang: 10 Februari 2017.
4. Klik "Simpan".
Note: dengan mengatur transaksi berulang berdasarkan keterangan di atas, maka biaya ini akan diamortisasi setiap bulan sampai 11 kali. Untuk melihat daftar jadwal transaksi berulang, klik menu "Daftar Lainnya", lalu klik "Daftar Jadwal Berulang".