Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Penyelesaian Pesanan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesanan mana yang telah berlanjut ke penagihan. Untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan pembelian berikut caranya.

1. Cara Filter Laporan

  1. Klik menu Laporan.
  2. Klik tab "Pembelian" lalu pilih Penyelesaian Pesanan Pembelian.
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.
  4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.
  5. Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.

    No Kolom Penjelasan
    1 Tanggal Awal & Akhir Pilih tanggal mulai dan selesainya periode laporan yang akan ditampilkan.
    2 Filter Sesuai Periode

    Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.

    3 Filter Sesuai Pelanggan Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
    4 Supplier Klik untuk memfilter laporan berdasarkan supplier tertentu.
    5 Tag

    Field ini hanya tersedia pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan pembelian Anda per proyek.

    Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu. Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.

    Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.

  6. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.
  7. Maka laporan Anda akan terlihat seperti ini.

2. Cara Custom Template

Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template:

  • Order Completion Summary: menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan.
  • Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV.
  1. Untuk menambah template baru, klik ikon "Settings" dan pilih "+Tambah Tampilan" seperti gambar berikut.
  2. Isikan nama template. Misalkan "Penyelesaian Pembelian 2023".
  3. Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”. Kemudian, klik tanda ">".
  4. Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Nama Panggilan” dan “Nama Perusahaan”. Kemudian, klik tanda "<".
  5. Maka, daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.
  6. Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, dan mengklik tanda panah atas dan bawah seperti gambar berikut.
  7. Maka, letak kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman” adalah setelah kolom "Jumlah Pemesanan".
  8. Anda dapat centang "Selalu Gunakan Template Ini" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda.
  9. Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut.

    Jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa arahkan kursor ke nama template lalu klik ikon "pensil".

  10. Karena ada penambahan kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form