Mencari sesuatu?

Bagaimana Cara Membuat Laporan Penyelesaian Pemesanan Pembelian

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesanan mana yang telah berlanjut ke penagihan. Untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan pembelian berikut caranya.

1. Klik menu Laporan dan klik tab Pembelian.

1.png

2. Kemudian, klik Penyelesaian Pemesanan Pembelian.

2.png

3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.

3.jpg

4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.

4.jpg

5. Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut.

5.jpg

6. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.

    • Tanggal Awal & Akhir: Pilih tanggal mulai dan selesainya periode laporan yang akan ditampilkan.
    • Filter Sesuai Periode: Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
    • Filter Sesuai Pelanggan: Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
    • Grup dengan Tag: Field ini hanya tersedia pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan pembelian Anda per proyek.
      Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu. Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.
      Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.

7. Kembali ke halaman sebelumnya, Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini.

8. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template.

    • Order Completion Summary: menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan.
    • Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV.

9. Untuk menambah template baru, klik simbol Settings dan pilih "+Tambah Template" seperti gambar berikut.

9.jpg

10. Isikan nama template. Misalkan "Status Penyelesaian Pembelian 2017".

10.jpg

11. Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”. Kemudian, klik tanda ">".

11.jpg

12. Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Tipe Pembayaran” dan “Nomor Pembayaran”. Kemudian, klik tanda "<".

12.jpg

13. Maka, daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.

13.jpg

14. Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, dan mengklik tanda panah atas dan bawah seperti gambar berikut.

14.jpg

15. Maka, letak kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman” adalah setelah kolom "Jumlah Pemesanan" Anda dapat centang "Selalu Gunakan Template Ini" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda.

15.jpg

16. Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut.

16.jpg

Note: Jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa klik simbol pensil.

17. Karena ada penambahan kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.

17.jpg

 

18. Setelah selesai, klik “Filter”.

19. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan ekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.

19.jpg

20. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.
20.jpg
 

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna

Ada pertanyaan lagi? Kirim permintaan