Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesanan mana yang telah berlanjut ke penagihan. Untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan pembelian berikut caranya.
- Klik menu Laporan.
- Klik tab "Pembelian" lalu pilih Penyelesaian Pesanan Pembelian.
A. Cara Filter Laporan
- Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.
- Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detail, klik “Filter lainnya”.
- Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.
No Kolom Penjelasan 1 Tanggal Awal & Akhir Pilih tanggal mulai dan akhir dari periode laporan yang akan ditampilkan. 2 Periode Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
3 Mulai dari Pilih ingin menampilkan laporan mulai dari penawaran atau pemesanan. 4 Supplier Klik untuk memfilter laporan berdasarkan supplier tertentu. 5 Grup dengan tag Tag di sini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan pembelian Anda per proyek.
Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu. Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.
Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.
- Setelah memfilter, Anda dapat melakukan ekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.
- Maka laporan Anda akan terlihat seperti ini.
B. Cara Custom Template
Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template:
- Order Completion Summary: menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan.
- Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV.
- Untuk menambah template baru, klik tombol "Template" dan pilih "Buat template" seperti gambar berikut.
- Isikan nama template. Misalkan "Penyelesaian Pembelian 2024".
- Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Order Due Date". Kemudian, klik tanda "Panah ke kanan".
- Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Nomor faktur”. Kemudian, klik tanda "Panah ke kiri".
- Maka, daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.
- Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Order Due Date", dan klik tanda "panah atas dan bawah" seperti gambar berikut.
- Maka, letak kolom "Order Due Date" adalah setelah kolom "Order Date".
- Anda dapat centang "Atur template sebagai default" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda.
- Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut.
Jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa arahkan kursor ke nama template lalu klik ikon "pensil".
- Karena ada penambahan kolom "Order Due Date", maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.
Demikian penjelasan mengenai cara membuat laporan penyelesaian pemesanan pembelian. Selanjutnya, pelajari cara membuat laporan pengiriman pembelian di sini.