Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Penjualan Per Produk

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan ini menampilkan daftar kuantitas penjualan per produk, termasuk jumlah retur, net penjualan, dan harga penjualan rata-rata. Berikut langkah-langkah untuk melihat laporan penjualan per produk.

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Penjualan, pilih Penjualan Per Produk.
    a21bfcc5f772c2a90c9d2d30d51728ba703c1263041e8b7e254e5fc3ec14dc96.png
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.
  4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.
  5. Anda akan melihat halaman pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan

    No Kolom Penjelasan
    1 Tanggal Mulai & Selesai Pilih mulai dari sampai tanggal berapa laporan akan ditampilkan.
    2 Filter Sesuai Periode

    Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai akan otomatis terisi. Namun, jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Mulai dan Tanggal Selesai.

    3 Filter Sesuai Jenis Transaksi Pilih tipe transaksi (faktur, pemesananan atau penawaran) yang akan ditampilkan pada laporan daftar penjualan.
    4 Grup dengan Tag

    Field ini hanya tersedia pada paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk menampilkan laporan hutang supplier Anda per proyek.

    Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.

    Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project AProject B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project A dan Project B.

    Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.

    5 Filter Sesuai Pelanggan Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
    6 Filter Sesuai Kategori Produk

    Ketikkan kategori produk yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.

    Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.

    Jika Anda memfilter lebih dari 1 kategori produk, sebagai contoh: Kategori Produk A, Kategori Produk B; maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk Kategori Produk A dan Kategori Produk B.

    Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah hasil filter 1 Kategori saja, antara Kategori Produk A atau Kategori Produk B.

    7 Filter Sesuai Produk Pilih kata kunci yang tersedia sesuai dengan keinginan Anda, seperti; lihat semua, lihat stok kosong, tanpa stok kosong, dan dibawah batas minimum.
    8 Urutkan Sesuai Kolom Di sini, Anda dapat mengurutkan tampilan laporan berdasarkan Nama Supplier (A-Z) atau Total Pembelian dengan pilih urutan Naik (dari yang terkecil ke terbesar) atau Turun (dari yang terbesar ke terkecil).
    9 Perlihatkan lebih detail Field ini berfungsi untuk menampilkan laporan dengan lebih detail yang mencakup jumlah pemotongan.
  6. Setelah selesai, klik “Filter”.
  7. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.
  8. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.

 

 

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form