Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Utang Supplier

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan Utang Supplier menampilkan jumlah nilai hutang Anda pada setiap Supplier, sehingga memudahkan untuk mengontrol pembayaran hutang dan pencatatan hutang baru Anda.

Berikut adalah langkah untuk memperoleh laporan hutang supplier.

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Pembelian, klik “Laporan Utang Supplier”.
    46ee6bccc29cc99f6ade4ab3a81782c7c78f1125174a1ea37a06bbe7c4936301.png
  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan, lalu klik “Filter” atau Anda juga dapat melakukan filter secara lebih rinci dengan klik “Filter Lebih Lanjut”.
  4. Anda akan melihat halaman pop-up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.

    No Kolom Penjelasan
    1 Per

    Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan per tanggal tertentu.

    2 Filter sesuai periode

    Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.

    3 Tanggal Jatuh Tempo Hingga Pilih tanggal jatuh tempo hutang yang ingin dilihat. Misalkan, Anda ingin melihat nominal hutang yang jatuh tempo sampai dengan tanggal 31 Desember 2017, maka Anda dapat memfilter dengan tanggal tersebut.
    4 Filter sesuai supplier Pada field ini, pilihan “Semua” menampilkan laporan hutang dari semua supplier atau Anda juga dapat mengetikkan 1 atau beberapa nama supplier untuk menampilkan laporan khusus 1 atau beberapa supplier saja.
    5 Grup dengan Tag

    Field ini dapat digunakan oleh pengguna paket Pro dan Enterprise. Tag disini berfungsi untuk mempermudah filter tampilan laporan hutang supplier Anda per proyek, per cabang, per divisi, dan sebagainya. Anda dapat melakukan filter ini apabila Anda sudah terlebih dahulu memasukan tag ke masing-masing transaksi yang ingin dikelompokkan.

    Pada bagian bawah field Tag terdapat 2 pilihan yaitu, Mencakup Semua dan Salah Satu.

    Jika Anda memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B, maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, transaksi yang akan ditampilkan adalah yang memiliki tag Project A sekaligus Project B. Sedangkan jika Anda memilih b, maka transaksi yang akan ditampilkan adalah yang memiliki baik keduanya ataupun salah satu saja tag Project A atau Project B.

    6 Urutkan Sesuai Kolom

    Pada field ini, Anda dapat mengurutkan tampilan laporan berdasarkan Nama Supplier atau Total Sisa Saldo dengan pilihan Urutan Naik (dari yang terkecil ke terbesar) atau Turun (dari yang terbesar ke terkecil).

    7 Perlihatkan Lebih Detail Field ini berfungsi untuk menampilkan laporan dengan lebih detail yang mencakup jumlah pemotongan.
  5. Setelah selesai, klik "Filter".
  6. Setelah melakukan filter, Anda dapat melakukan ekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel, dan CSV.
  7. Ketika Anda sudah mengklik salah satu format file yang diinginkan, maka akan muncul notifikasi informasi seperti berikut. Anda dapat mengunduh file ekspor melalui daftar ekspor ataupun email seperti berikut.
  8. Selanjutnya, Anda dapat langsung mengunduh melalui daftar ekspor dengan klik pada “Lihat daftar ekspor”, lalu klik “Download”.
  9. Selain itu, Anda juga akan memperoleh email untuk mengunduh file hasil ekspor. Klik “Download File” seperti berikut.

    Anda diharapkan untuk segera mengunduh file ekspor melalui link tersebut karena link hanya memiliki batas waktu berlaku selama 3x24 jam sejak terbuat.

  10. File ekspor Anda akan tampil seperti berikut (contoh PDF).
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form