Halaman ini sedang dimuat

Ada yang bisa kami bantu?

Temukan artikel sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Penyelesaian Pemesanan Penjualan

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesananan penjualan mana yang telah berlanjut ke penagihan.

Berikut cara untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan penjualan.

1. Klik menu  Laporan.

2. Pada tab Penjualan, pilih Penyelesaian pesanan penjualan.

3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.
3.jpg

4. Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detil, klik “Filter Lebih Lanjut”.
4.jpg

5. Anda akan muncul pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut.
5.jpg

6. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.

    • Tanggal Awal & Akhir: Pilih tanggal mulai dan selesainya periode laporan yang akan ditampilkan.
    • Filter Sesuai Periode: Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilihnya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun, jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
    • Filter Sesuai Pelanggan: Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
    • Grup dengan Tag "P" "E": Field ini hanya tersedia pada paket Pro dan Enterprise. Tag di sini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan penjualan Anda per proyek.

      Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.
      Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.

      Sedangkan, jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.

7. Kembali ke halaman Penyelesaian Pemesanan Penjualan, Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini.

8. Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template.

    • Order Completion Summary: Menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan.
    • Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV.

9. Untuk menambah template baru, klik simbol Settings dan pilih "+Tambah Tampilan" seperti gambar berikut.
9.jpg

10. Isikan nama template. Misalkan "Status Penyelesaian Penjualan 2017".
10.jpg

11. Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”. Kemudian klik tanda “ >”.
11.jpg

12. Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Tipe Pembayaran” dan “Nomor Pembayaran”. Kemudian klik tanda “<”.
12.jpg

13. Maka daftar kolom di sebelah kanan akan terisi sesuai dengan yang telah dipilih.
13.jpg

14. Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, dan klik tanda panah atas dan bawah seperti gambar berikut.
14.jpg

15. Maka letak kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”  adalah setelah kolom "Jumlah Pemesanan".

16. Anda dapat centang "Selalu Gunakan Template Ini" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda.
16.jpg

17. Setelah selesai, klik "Simpan". Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut.
17.jpg

Jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa klik simbol pensil.

18. Karena ada penambahan kolom "Status Pemesanan" dan “Status Pengiriman”, maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.
18.jpg

19. Setelah selesai, klik “Filter”.

20. Anda dapat mengekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.
20.jpg

21. Jika dalam bentuk PDF, akan terlihat seperti ini.
21.jpg

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form