Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran. Di sini, Anda dapat melihat penawaran/pemesananan penjualan mana yang telah berlanjut ke penagihan.
Berikut cara untuk melihat laporan penyelesaian pemesanan penjualan.
- Klik menu Laporan.
- Pada tab Penjualan, pilih Penyelesaian pesanan penjualan.
A. Memperoleh Laporan Penyelesaian Pesanan Penjualan
- Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan dan klik “Filter”.
- Namun, jika Anda ingin memfilter lebih detail, klik “Filter lainnya”.
- Anda akan muncul pop up di bagian kanan layar, seperti gambar berikut.
No Kolom Penjelasan 1 Tanggal awal & akhir Pilih tanggal mulai dan akhir periode laporan yang akan ditampilkan. 2 Periode Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari, minggu, bulan, tahun dan lainnya. Jika Anda sudah memilihnya, maka field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun, jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir. 3 Mulai dari Pilih untuk memfilter dari pemesanan atau penawaran penjualan. 4 Pelanggan Ketikkan kata kunci pelanggan yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada. 5 Grup dengan tag Tag di sini berfungsi untuk menampilkan laporan penyelesaian pemesanan penjualan Anda per proyek.
Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu.
Jika Anda memilih Mencakup Semua, maka Anda dapat memfilter lebih dari 1 tag transaksi, sebagai contoh: Project A, Project B. Maka, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk tag Project Adan Project B.Sedangkan, jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah berdasarkan hasil filter 1 tag saja, antara Project A atau Project B.
- Setelah selesai, klik "Filter".
- Setelah melakukan filter, Anda dapat melakukan ekspor laporan ini dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel, dan CSV.
- Maka laporan yang di ekspor dalam format PDF akan terlihat seperti ini.
2. Modifikasi Template Laporan Penjualan
Kembali ke halaman Penyelesaian Pemesanan Penjualan, Anda juga bisa membuat template baru dan mengatur kolom-kolom apa saja yang akan ditampilkan pada laporan ini.
Secara default, Jurnal menyediakan 2 jenis template.
- Order Completion Summary: Menampilkan laporan secara ringkas dalam 1 baris per 1 rangkaian proses penawaran/pemesanan.
- Order Completion Detail: Menampilkan laporan secara detail dan hanya dapat diexpor dalam format Excel dan CSV.
- Untuk menambah template baru, klik tombol "Template" dan pilih Buat template.
- Isikan nama template. Misalkan "Status Penyelesaian Penjualan 2017".
- Untuk menambahkan kolom yang diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kiri, misalkan "Order Due Date". Kemudian klik tanda “panah ke kanan”.
- Jika ingin menghapus beberapa kolom yang tidak diinginkan, pilih dan centang daftar kolom di kanan, misalkan “Quote No.”. Kemudian klik tanda “panah ke kiri”.
- Anda juga dapat mengatur urutan kolom yang akan ditampilkan dengan mencentang kolom di sebelah kanan, misalkan "Order Due Date", dan klik tanda "panah atas atau bawah" seperti gambar berikut.
- Maka letak kolom "Order Due Date" berada setelah kolom "Order Date".
- Anda dapat centang "Atur template sebagai default" jika ini adalah template default yang akan digunakan pada laporan penyelesaian pemesanan Anda.
- Dan klik "Simpan" untuk menyimpan template.
- Maka, Anda akan melihat template baru telah ditambahkan seperti gambar berikut.
Jika ingin mengubah template yang sudah dibuat, Anda bisa klik simbol pensil.
- Karena ada penambahan kolom "Order Due Date", maka pada template laporan akan muncul kolom tersebut seperti gambar berikut.
Demikian penjelasan mengenai cara melihat laporan penyelesaian pemesanan penjualan.