Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Manajemen Anggaran

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Budgeting adalah perencanaan sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan atau biasa disebut dengan anggaran, yang berlaku dalam jangka waktu tertentu untuk masa yang akan datang. Berikut langkah-langkah mengatur anggaran di Jurnal.

1. Cara Membuat Anggaran di Jurnal

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Sekilas Bisnis, klik Manajemen Anggaran di kanan bawah.
  3. Jika Anda belum pernah menyusun anggaran, Anda akan diminta untuk menyusun anggaran baru. Klik “Buat Anggaran Baru” untuk memulai seperti gambar berikut.
    Manajemen_Anggaran_2.png
  4. Isi nama anggaran Anda. Misalkan ‘Anggaran 2018’. Lihat ilustrasi berikut.
    Manajemen_Anggaran_3.png
  5. Pilih periode anggaran.
    Manajemen_Anggaran_4.png
  6. Tentukan periode anggaran yang akan disusun. Anda dapat memilih sampai 24 periode di bagian Jumlah Periode.
    Manajemen_Anggaran_5.png
  7. Tentukan periode sebelumnya yang akan ditampilkan dan klik “Terapkan”.
    Manajemen_Anggaran_6.png
  8. Isikan anggaran bulanan Anda. Anda dapat menyusun anggaran untuk akun tipe Pendapatan, Harga Pokok Penjualan dan Beban.
    Manajemen_Anggaran_7.png
  9. Untuk memudahkan Anda dalam mengisi anggaran untuk semua akun pada bulan-bulan berikutnya, arahkan kursor di samping kanan nama bulan dan klik simbol ►.
    Manajemen_Anggaran_8.png
  10. Kemudian, Anda dapat mengatur beberapa hal berikut.
    Manajemen_Anggaran_9.png
    • Hapus Semua Angka dari kolom ini: Jika memilih ini, maka anggaran yang telah Anda isi akan dihapus.
    • Terapkan angka dari bulan ini untuk bulan berikutnya: Jika memilih ini, maka nilai anggaran semua akun yang Anda isi pada bulan tertentu akan diduplikasikan ke bulan-bulan berikutnya.
    • Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan jumlah ini: Jika memilih ini, maka nilai anggaran semua akun untuk bulan berikutnya akan ditambahkan dengan nilai yang Anda isikan di sini.
      Misalnya, anggaran Perjalanan Dinas bulan Januari 2018 adalah Rp 1.000.000 dan nilai yang dimasukkan di kotak ini Rp 100.000, maka anggaran bulan-bulan berikutnya akan ditambah dan menjadi Rp 1.100.000.
    • Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan persentase ini: Jika memilih opsi ini, maka nilai anggaran semua akun untuk bulan berikutnya akan ditambahkan dengan nilai persentase yang diisi di sini.
      Contoh, anggaran Perjalanan Dinas bulan Januari 2018 adalah Rp 1.000.000, dan persentase yang diisi 15%, maka anggaran untuk bulan-bulan berikutnya akan menjadi Rp 1.150.000
    • Untuk memudahkan Anda mengisi anggaran hanya pada akun tertentu, maka arahkan kursor di samping nama akun dan klik simbol ►.
      Manajemen_Anggaran_10.pngKemudian, Anda dapat mengatur beberapa hal berikut:
    • Terapkan angka tetap untuk setiap bulan: Jika memilih ini, Anda dapat mengisikan nilai anggaran tetap yang dapat diterapkan pada setiap bulan dalam periode tertentu.
    • Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan jumlah ini: lihat penjelasan 7.3.
    • Sesuaikan angka tiap bulan berikutnya dengan persentase ini: lihat penjelasan 7.4.
      Manajemen_Anggaran_11.png
    • Setelah diterapkan, maka anggaran untuk bulan-bulan berikutnya akan otomatis terisi.
      Manajemen_Anggaran_12.png
  11. Setelah selesai mengisi anggaran, scroll ke bawah. Anda dapat mengisikan keterangan tambahan mengenai anggaran ini pada kolom Memo. Kemudian, klik “Simpan”.
    Manajemen_Anggaran_13.png
  12. Setelah menyimpan, Anda dapat melihat anggaran tersebut seperti gambar berikut.
    Manajemen_Anggaran_14.png

    Periode interval di atas adalah untuk 3 periode.

  13. Jika Anda ingin mengupdate anggaran yang telah Anda buat, klik ikon "Kertas" di sebelah ikon "Ekspor" dan klik simbol pensil.

    Jika ingin menambahkan anggaran, Anda dapat memilih +Tambah Anggaran.
    11a.png

2. Cara Mengubah & Menghapus Anggaran yang Telah dibuat

Jika Anda ingin mengubah anggaran yang telah Anda buat, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka menu Laporan > Sekilas Bisnis > Manajemen Anggaran.
  2. Klik ikon "Kertas" dan klik simbol pensil.
    Manajemen_Anggaran_17.png
  3. Ubah informasi yang Anda perlukan dan klik “Simpan”.
    Management_Anggaran.jpg
  4. Namun, jika Anda ingin menghapus anggaran yang telah dibuat, klik Hapus Template seperti gambar berikut.
    Management_Anggaran_1.jpg
Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form