Jurnal Consolidation merupakan fitur Add-Ons Jurnal yang membantu Anda, para pengguna paket Plus dan Jurnal 360 dalam membuat laporan keuangan konsolidasi atau laporan gabungan dari beberapa perusahaan yang Anda miliki.
Laporan ini akan menyajikan posisi keuangan dan hasil operasi dari induk perusahaan dengan satu atau lebih anak perusahaan. Untuk lebih jelasnya, cara penggunaan Jurnal Consolidation akan diuraikan secara bertahap di dalam artikel ini.
1. Cara Install Jurnal Consolidation
Anda harus terlebih dahulu menginstall Add-Ons Jurnal Consolidation pada perusahaan Induk Anda dengan mengikuti langkah berikut.
(Anda tidak perlu melakukan install Jurnal Consolidation pada perusahaan anak).
- Klik menu “Add-Ons” > “Visit Jurnal App Store”.
- Klik “Install” pada Add-Ons Jurnal Consolidation.
- Klik “Install” sekali lagi untuk memverifikasi.
- Klik “Izinkan”.
- Dengan demikian, aplikasi Jurnal Consolidation Anda telah terbuat. Kemudian, Klik "Buka" untuk mulai menggunakan aplikasi.
2. Cara Kompilasi Perusahaan dan Daftar Akun
Sebelum dapat melakukan konsolidasi laporan keuangan, Anda perlu melakukan kompilasi perusahaan induk dan anak serta kompilasi daftar akun konsolidasi yang akan digunakan dengan langkah sebagai berikut:
Penting
- Jurnal Consolidation tidak dapat digunakan pada perusahaan yang menggunakan fitur "Multi Currency".
- Jurnal Consolidation tidak dapat mengeliminasi akun-akun dari transaksi intra perusahaan antara perusahaan induk dan anak (intercompany transaction).
- Masuk ke menu Add-Ons dan klik “Buka” pada aplikasi Jurnal Consolidation.
- Klik tombol “Kompilasi Sekarang” untuk mulai membuat laporan konsolidasi.
- Kemudian, pilih data perusahaan yang akan digabungkan, lalu klik tombol “Selanjutnya”.
- Perusahaan dengan list berwarna hitam adalah perusahaan induk;
- Anda dapat memilih sampai maksimal 10 perusahaan. - Apabila Anda telah melakukan kompilasi perusahaan sebelumnya, maka klik pada "Ubah" pada kolom Daftar Akun seperti berikut.
- Anda dapat memindahkan akun-akun mana saja yang akan digabungkan menjadi satu laporan dengan cara:
- Centang pada induk akun atau masing-masing nama akun, kemudian klik “Kompilasi”.
Contoh:
Centang pada "Kas & Bank", lalu klik "Kompilasi", sehingga akun "Kas", "Rekening Bank" dari PT Abjad dan akun "Kas", "Rekening Bank", "Kas Kecil" dari PT Cemerlang akan masuk ke akun 1-10001 Kas pada laporan konsolidasi seperti gambar berikut. - Anda juga dapat klik tombol “Kompilasi Otomatis”untuk melakukan kompilasi seluruh akun secara otomatis oleh sistem sekaligus.
Sistem akan memilih akun-akun yang berada pada satu kategori akun yang sama dan paling serupa seperti yang tampil pada kotak di sebelah kiri untuk dikompilasi menjadi akun konsolidasi.
- Dengan demikian, seluruh akun akan pindah ke kotak di sebelah kanan seperti gambar berikut.
- Centang pada induk akun atau masing-masing nama akun, kemudian klik “Kompilasi”.
- Jika Anda ingin mengubah nama akun yang akan muncul pada laporan konsolidasi, klik ikon "pensil" di samping kolom sumber akun.
- Kemudian, ubah informasi akun yang akan ditampilkan dan klik tombol “Simpan” untuk menyimpan.
- Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, klik tombol “Simpan” di pojok kanan bawah untuk menyimpan daftar Akun yang akan ditampilkan pada laporan konsolidasi.
- Anda masih dapat mengubah pengaturan akun ini, dengan klik tombol “Ubah”.
3. Cara Menarik Kertas Kerja Konsolidasi
Setelah melakukan kompilasi perusahaan dan daftar akun, maka selanjutnya Anda dapat menarik kertas kerja konsolidasi atau biasanya disebut dengan Worksheet.
Ikuti langkah berikut untuk memperoleh kertas kerja konsolidasi Anda.
- Klik tombol “Tampilkan/Tambah” pada kolom Worksheet.
- Isikan periode kertas kerja yang ingin Anda tampilkan.
- Klik “Selanjutnya” untuk melanjutkan.
- Maka, tampilannya akan terlihat seperti berikut.
- Anda dapat menampilkan rincian akun dari masing-masing perusahaan induk dan anak dengan klik “Tampilkan Akun”.
-
Sehingga tampilannya akan menjadi seperti ini.
- Bila Anda ingin mengubah periode kertas kerja yang ditampilkan, klik tombol“Filter”, ubah filter periode tanggal, dan klik “Terapkan”.
- Anda dapat mengunduh kertas kerja yang telah terbentuk dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah Excel atau CSV.
- Jika diunduh dalam bentuk Excel akan terlihat seperti berikut.
Dengan demikian, Anda telah memperoleh kertas kerja konsolidasi (worksheet). Anda dapat melakukan proses konsolidasi yang lebih kompleks seperti melakukan eliminasi intercompany transactions, dsb melalui kertas kerja yang telah diperoleh dalam bentuk Excel.
4. Cara Menarik Laporan Hasil Konsolidasi
Anda dapat memperoleh laporan keuangan berupa Neraca, Laba Rugi, Arus Kas, dan Neraca Saldo dari kertas kerja yang tampil pada halaman worksheet.
Ikuti langkah berikut untuk memperoleh laporan keuangan Anda.
- Klik tombol “Tampilkan Laporan” pada menu Company Consolidation.
- Pilih laporan yang akan ditampilkan dengan klik tombol “Lihat Laporan” pada masing-masing judul laporan. Laporan yang tersedia yaitu: Neraca, Laba & Rugi, Arus Kas, dan Neraca Saldo.
- Atur periode tanggal laporan dan klik tombol “Filter”.
- Anda juga dapat mengklik "Filter Lebih Lanjut" untuk memilih opsi filter lain.
Lihat contoh gambar berikut.
- Mulai: Di sini, Anda dapat memfilter laporan per tanggal tertentu.
- Filter berdasarkan periode: Anda dapat memfilter laporan per tanggal, bulan ini, tahun ini, akhir bulan, akhir tahun dan keuangan tahun ini (bulanan). Apabila Anda memilih ‘Keuangan tahun ini (bulanan)’, maka laporan akan dapat dibandingkan berdasarkan periode 1 sampai 11 periode sebelumnya.
- Bandingkan Periode: Pilih periode perbandingan yang Anda inginkan, pilihan yang tersedia adalah Mingguan, Bulanan, Triwulan, Setengah-Tahunan dan Tahunan.
- Setelah selesai menentukan periode, klik tombol “Filter” untuk menampilkan laporan.
- Anda dapat mengunduh laporan dengan klik tombol "Ekspor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV.
- Contoh laporan neraca yang diexpor dalam bentuk PDF adalah seperti berikut.