Halaman ini sedang dimuat

Panduan pengguna Mekari Jurnal

Temukan artikel panduan sesuai kebutuhan Anda

Bagaimana Cara Membuat Laporan Profitabilitas Produk

Article author
Learning Center Mekari
  • Diperbarui

Laporan Profitabilitas produk akan menampilkan keuntungan total yang diperoleh dari produk tertentu.  

Penting
Fitur ini otomatis tersedia pada paket Enterprise+. Jika Anda pengguna paket Pro atau Enterprise dan tertarik untuk menggunakan fitur ini, terdapat dua opsi yang bisa dipilih:
- Upgrade paket ke Enterprise+ dan nikmati fitur premium lainnya.
- Atau apabila Anda hanya ingin menggunakan fitur ini, Anda dapat berlangganan satuan. Temukan informasi lebih lanjut di sini.

Berikut langkah-langkah untuk melihat laporan Profitabilitas Produk:

  1. Klik menu Laporan.
  2. Pada tab Penjualan, pilih Profitabilitas produk.

  3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan, lalu klik “Filter” atau Anda juga dapat melakukan filter secara lebih rinci dengan klik “Filter Lainnya”.
  4. Maka, akan muncul menu pop up di sebelah kanan. Anda dapat melakukan filter sesuai kebutuhan. Kemudian, pilih filter tambahan yang Anda inginkan.


    No Kolom Penjelasan
    1 Tanggal Awal & Akhir Pilih tanggal awal dan akhir periode laporan yang akan ditampilkan.
    2 Periode Pada field ini, Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tanggal, hari ini, minggu ini, bulan lalu, tahun lalu dan lainnya. Jika Anda sudah memilih nya, maka field Tanggal awal dan Tanggal Akhir akan otomatis terisi. Namun jika Anda ingin menampilkan tanggal tertentu saja, Anda dapat memilihnya pada field Tanggal Awal dan Tanggal Akhir.
    3 Kategori produk

    Ketikkan kategori produk yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.

    Di bawah field ini terdapat 2 pilihan yaitu Mencakup Semua dan Salah Satu. Jika Anda memfilter lebih dari 1 kategori produk, sebagai contoh: Kategori Produk A, Kategori Produk B; maka ketika Anda memilih Mencakup Semua, laporan yang ditampilkan adalah hasil filter untuk Kategori Produk A dan Kategori Produk B.

    Sedangkan jika Anda memilih Salah Satu, maka laporan yang ditampilkan adalah hasil filter 1 Kategori saja, antara Kategori Produk A atau Kategori Produk B.

    4 Nama Produk Pilih nama produk yang ingin Anda lihat profitabilitasnya. Anda dapat memilih lebih dari satu nama produk yang akan ditampilkan.
    5 Urutkan Sesuai Kolom Pilih urutkan laporan Anda berdasarkan infromasi yang tertera dengan pilihan Urutan Naik (dari yang terkecil ke terbesar) atau Turun(dari yang terbesar ke terkecil).
  5. Setelah selesai, klik "Filter".
  6. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol "Expor" dan pilih format file yang diinginkan. Format yang tersedia adalah PDF, Excel atau CSV. 

    Product yang bisa dilihat dari laporan ini yaitu product yang tracked (monitor persediaan barang tercentang), namun untuk product bundle yang tidak di track (monitor persediaan barang tidak tercentang) tetap bisa dilihat harga pokok penjualannya jika produk singlenya (komponen dari bundle) di track. Ini dikarenakan untuk memunculkan harga pokok penjualan dari poduk tersebut.

  7. Pada notifikasi berikut, klik "Lihat daftar ekspor".


  8. Kemudian klik ikon "download" untuk mengunduh laporan.
  9. Laporan Profitabilitas Produk dalam bentuk PDF akan terlihat seperti ini.

Demikian cara membuat laporan profitabilitas produk. Temukan add-ons dan produk rekomendasi lainnya untukmu, di sini.

Bagikan artikel ini

Punya saran dan komentar untuk artikel ini?

Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form