- Saya Ada Melakukan Pelunasan Tapi Kenapa Masih Tanda Merah di Penjualan Jatuh Tempo?
Pastikan pelunasan yang ada buat tanggalnya bukan di waktu yang akan datang, jika pelunasan dilakukan di tanggal yang akan datang status masih akan "Open". - Apakah Bisa Menerima Pembayaran Invoice Menggunakan Kurs yang Berbeda Dengan Kurs Saat Melakukan Penjualan? Lalu Bagaimana Nantinya Jurnal Entry yang Akan Terbentuk?
Bisa, Kursnya otomatis akan mengikuti kurs BI (Kurs Tengah) (kecuali jika anda mengunakan kurs custom ketika membuat penjualan).
Jurnal Entry:
Account Receivable Rp XX
Revenues Rp XX
Jurnal Entry akan otomatis terkonvensi ke mata uang utama anda. - Nilai Di Kolom Receive Payment Tidak Sama Dengan yang Ada pada Sales Invoice
Penyebab:
Ada beberapa kemungkinan tidak bisa diubah karena menyesuaikan nilai invoice dan tidak bisa juga catat pembayaran lebih dari invoice-nya jika dibulatkan. Ini karena tidak aktifkan overpayment juga.Solusi:
1. Buat transaksi terima uang nya saja selsihnya pak saat rekonsiliasi
2. Jadi rekon receive payment dan terima uang pembulatannya
3. Edit invoice kembali ke nominal originalnya - Bagaimana Cara Melihat Historical Payment dari Sales Invoice?
1. Klik menu Penjualan
2. Pilih nomor sales invoice
3. Klik "Riwayat" di sebelah kanan halaman
4. Klik "Pembayaran"
5. Lalu nanti akan terlihat historical payment daei sales invoice yang anda pilih - Mengapa Saya Tidak Bisa Menghapus Sales Invoice?
1. Pastikan anda mempunyai akses untuk menghapus sales invoice
2. Pastikan juga anda belum ada transaksi sales return
3. Belum dilakukan tutup buku, jika sudah penutupan bukunya bisa di kembalikan dahulu - Kenapa List Sales Invoice Saya Kosong?
Bisa dicoba dengan cara berikut:
1. Log out hapus cache history browsernya lalu login coba cek kembali
2. Jika masih tidak muncul, coba ganti jaringannya. Misal tethering dari hp
3. Jika masih tidak muncul, coba login dari chrome incognito atau browser lainnya - Mengapa Alamat Pengiriman Tidak Otomatis Terinput di Menu Pengiriman Penjualan dari Pemesanan Penjualan, Padahal User Sudah Input Alamat di Menu Kontak?
Pastikan anda telah mencentang "info pengiriman" ketika anda membuat pesanan penjualan. - Bagaimana Cara Mengembalikan Uang dari Return Penjualan?
1. Pastikan Anda telah membuat transaksi Retur Penjualan
2. Lalu pilih menu Kontak
3. Pilih Kontak yang melakukan Retur
4. Kontak yang melakukan retur otomatis akan mempunyai Credit Memo sebesar nilai barang yang di return
5. Pilih Kredit Memo yang akan dikembalikan uangnya
6. Klik ikon ":" lalu pilih Pengembalian Credit/Debit Memo
7. Isi form pengembalian
8. Klik "Buat Pengembalian Credit Memo" - Apa Bedanya Hasil Pembukuan Menggunakan Fitur Tambah DP dan Proforma Invoice?
Dari sisi pembukuan akan terlihat perbedaan pada Jurnal Entry-nya pada pengakuan pajaknya. Jika menggunakan fitur Tambah DP, Jurnal entry-nya akan terpisah antara PPNnya serta harga total Penjualannya. Sedangkan pada fitur Proforma Invoice hanya bisa langsung tercatat Total Penjualannya yang sudah include dari PPNnya
Jurnal Entry Tambah DP
Dr. Cash
Dr. VAT Out
Cr. Unearned RevenueJurnal Entry Proforma Invoice
Dr. Cash
Cr. Account Receivable - Jika Invoice Sales yang Sudah Paid Dapatkah Dilakukan Unpaid Kembali?
1. Klik menu Penjualan
2. Klik nomor sales invoice-nya
3. Scroll ke bawah dan klik tulisan Daftar Pembayaran di kiri bawah halaman
4. Klik nomor receive payment yang ingin dihapus
5. Klik "Hapus"Receive payment bisa dihapus jika belum direkonsiliasi, tidak ada tutup buku di tanggal tersebut, dan tidak ada penggunaan/refund credit memo.
FAQs - Penjualan
Learning Center Mekari
- Diperbarui
Bagikan artikel ini
Punya saran dan komentar untuk artikel ini?
Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form