Mencari sesuatu?

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Multi Currency

Article author
Mekari University
  • Diperbarui

Pada fitur Multi Currency Jurnal, Anda dapat memilih kurs mata uang yang akan digunakan. Kurs mata uang yang tersedia yaitu:

  1. Bank Indonesia : Kurs ini mengacu pada kurs yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Kurs mata uang ini akan terupdate setiap harinya (kecuali akhir pekan dan libur nasional). Anda dapat juga melihatnya di sini.
  2. Pajak : Kurs ini mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan yang digunakan sebagai dasar transaksi perpajakan. Kurs mata uang ini akan terupdate setiap hari Rabu. Anda dapat juga melihatnya di sini.
  3. Fixer.api : Kurs ini mengacu pada API sederhana untuk kurs mata uang asing, biasanya ini digunakan untuk perusahaan yang mata uang dasarnya (base currency) bukan IDR.
  4. Custom : Pilihan ini dapat Anda gunakan, apabila perusahaan Anda memiliki kebijakan kurs mata uang tersendiri yang digunakan dalam kurun waktu tertentu. Anda dapat melihat penjelasan lengkapnya di sini.

PENTING!
Waktu update kurs mata uang pada Jurnal yang sebelumnya pada pukul 11.15, per tanggal 11 mei 2022 berubah menjadi pukul 08.15 (GMT+7).

Pada Jurnal, terupdatenya kurs mata uang Bank Indonesia dan Kurs Pajak akan mengikuti hari yang sudah disebutkan di atas (kurs mata uang Bank Indonesia terupdate setiap hari dan kurs pajak terupdate setiap hari Rabu), dimana kurs mata uang pada Jurnal akan terupdate pukul 08.15 (GMT+7). Oleh karena itu, jika Anda memiliki kebutuhan untuk melakukan input transaksi sebelum kurs mata uang terupdate di Jurnal, berikut hal yang perlu diperhatikan:

    1. Pengguna Jurnal dihimbau untuk menggunakan custom rate pada transaksi yang dibuat sebelum jam 08.15 (GMT+7)
    2. Apabila Anda membuat transaksi sebelum waktu yang ditentukan pada poin no.1, maka sistem Jurnal akan mengambil kurs mata uang hari kemarin, dimana transaksi dalam 1 hari penuh akan menggunakan rate H-1.
    3. Bank Indonesia/Kurs Pajak hanya akan meng-update kurs mata uang pada hari kerja (kurs mata uang Bank Indonesia/Kurs Pajak tidak tersedia saat akhir pekan dan hari libur nasional), sehingga sistem Jurnal akan mengambil kurs dari H-1 akhir pekan dan hari libur nasional.
    4. Apabila Anda sudah membuat transaksi sebelum waktu yang ditentukan pada poin no.1. Anda dapat mengupdate ulang kurs di atas jam 08.15 (GMT+7), dengan cara sebagai berikut:
          1. Masuk ke Menu Daftar Lainnya dan pilih Daftar Mata Uang.
            cr2.png

          2. Klik "rate to base" atau "base to rate" pada mata uang yang ingin Anda update.
            cr3.png

          3. Ketika informasi kurs sudah update, Anda dapat langsung klik "Ubah".
            CR.png

Notes:
- Cara diatas akan membuat transaksi "BARU" yang akan diinput menggunakan kurs hari ini yang sesuai
- Transaksi yang sudah Anda input sebelum pukul 08.15 (GMT+7) harus dibetulkan secara manual

Contoh: 

  • Diketahui: Kurs mata uang Bank Indonesia pada tanggal 12 Juni adalah Rp 8.000 dan kurs mata uang Bank Indonesia pada tanggal 13 Juni adalah Rp 9.000. 
  • Ditanya: Apabila  Mr. X  membuat transaksi di Jurnal pada tanggal 13 Juni pada pukul 7.00, berapa kurs mata uang yang tercatat pada sistem Jurnal?
  • Jawab: Kurs mata uang yang akan tercatat pada Jurnal adalah Rp 8.000 (dikarenakan kurs mata uang pada Jurnal akan ter-update pada pukul 08.15 (GMT+7)). Sehingga apabila Anda ingin menggunakan kurs mata uang yang terupdate sesuai kurs mata uang Bank Indonesia, kami sarankan untuk menggunakan fitur custom rate. Untuk melakukan pengecekan, apakah kurs sudah terupdate sesuai kurs mata uang Bank Indonesia / Kurs pajak, Anda dapat klik rate mata uang yang ingin Anda cek dan klik “Ubah”.
    CR.png

Bagikan artikel ini

Apakah artikel ini membantu?

0 dari 0 menganggap ini berguna