- Apabila Sudah Mengubah Harga di Invoice, Namun Mengapa Harga pada Produk Tidak Berubah?
Harga produk yang diubah di invoice tidak akan mengubah harga yang ada di produk, dan tidak akan mengubah harga di penjualan lainnya. Jika ingin mengubah harga produk (untuk semua historynya) bisa di edit di menu produk lalu pilih "semua transaksi". - Bagaimana Cara Mengubah Pengaturan Agar Stok Tidak Menjadi Minus?
Bisa aktifkan Tolak Penjualan Jika Kekurangan Kuantitas maka tidak dapat melakukan transaksi penjualan jika kekurangan stok atau stok kosong melalui menu Settings > tab penjualan > format pengaturan. - Pada Saat Impor Invoice Penjualan, Mengapa Produk yang Tidak Ada Di List atau Belum Terimport Ke Jurnal, Otomatis Masuk ke List Produk?
Setiap produk baru yang dibuat di menu penjualan/pembelian akan otomatis menambah jumlah produk di menu Produk. - Jika Ingin Menambahkan Produk, Namun Setelah Disimpan Mengapa Terdapat Notif Jika Item Sudah Ada Sedangkan Sebelumnya Produk Belum Ada?
Penyebab: Kemungkinan ada produk yang di-arsipkan, jadi jika dilihat di menu produk/search tidak ada produk tersebut namun jika dibuat produk baru tidak bisa.
Solusi: Setelah cek produk yang di-archive, produk tersebut bisa dimunculkan lagi agar tidak membuat produk baru.
- Bagaimana Cara Cepat Untuk Memisah Tag Pada Produk Category?
Produk belum bisa dipisahkan menggunakan tag. Tag digunakan untuk memisahkan transaksi. Jika kategori produk saat ini ada lebih dari 1 kategori di 1 nama produk, kemudian ingin pisahkan kategori produknya maka untuk hal ini hanya bisa dilakukan secara manual.
1. Hapus salah satu kategori produk yang tidak digunakan.
2. Atau membuat produk baru dan input kategori yang benar. Untuk produk yang lama, bisa diubah dan dihapus salah satu kategori yang tidak digunakan. - Mengapa Hasil Stok Opname Saya Berbeda Dengan Aktual yang Ada Di Jurnal?
Penyebab: Hal tersebut bisa disebabkan oleh user yang sudah membuat stok awal di gudang tertentu, sementara di gudang lainnya masih ada qty produk tersebut.
Solusi:
1. Cek qty per gudang di menu laporan > produk > kuantitas stok gudang
2. Apabila Anda adalah pengguna paket Essentials, kirimkan laporan rincian persediaan barangnya sampai hari ini
3. Jika memang Anda belum melalukan input stock awal namum tetap berubah, Anda bisa dilaporan ke tim support - Mengapa Saya Tidak Bisa Mengimput Foto Saat Mengedit Product Details, Padahal Pada Saat Choose File dan Update Produk, Sudah Muncul Tulisan "Succesfully Update Product" Namun Mengapa Foto Masih Belum Terupdate?
Sebelum menginput foto, harap perhatikan 3 point di bawah ini:
1. Pastikan format foto sudah JPG/JPEG.
2. Size maksimal 200kb.
3. Clear cache lalu login jurnal kembali. - Apakah Saya Dapat Mengedit Transaksi Transfer Gudang?
Bisa, ke menu Produk > klik tab Gudang > Pilih Daftar Transfer Gudang > pilih nomor transfer gudang > klik "Ubah". - Mengapa Sales Saya Tidak Memotong Kuantitas dan Malah Terbentuk Hpp?
1. Pastikan produk tersebut sudah di centang monitoringnya
2. Pastikan produk tersebut sudah dibuat saldo awalnya (agar terbentuknya hpp ketika adanya penjualan)
3. Jika produk tersebut produk bundle dan dicentang monitoringnya, jangan lupa untuk meng-konversi produk tersebut - Mengapa Nilai Barang Persediaan Saya Berubah?
Penyebab:
Kemungkinan jurnal entry di stok opname itu menggunakan harga yang sebelumnya, kenapa harga ini yang digunakan, karena stoknya minus (cek di bagian difference yang minus), jika minus maka secara otomatis harga yang digunakan itu adalah harga yang sebelumnya bukan harga yang diinputkan di form stok opnamenya.Solusi:
1. Cek laporan inventory dan lihat nilai average yang terakhir
2. Jika tidak ada stok minus, dapat hubungi tim support
FAQs - Produk
Learning Center Mekari
- Diperbarui
Bagikan artikel ini
Punya saran dan komentar untuk artikel ini?
Bantu kami meningkatkan kualitas dari guidebook kami dengan mengisi form